Pandangan Orang Jepang Terhadap Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki

Hari ini Akang berbincang dengan rekan kantor ane yang gila motor, namanya Igarashi-san, 29 tahun yang merupakan pemilik Yamaha TRX tahun 1998 seorang biker penyuka motor berangka trellis. Iseng2 Akang tanya tentang pandangan orang Jepang terhadap pabrikan H, K, Y dan S? Setelah mendengar jawaban Dia, Akang merasa ragu, apa iya begitu…

Untuk memastikannya Akang searching aja di internet, yaitu di yahoo answer (tentunya pake bahasa Jepang tulisan kanji :D) Hasilnya,,, terus terang Akang terkejut ternyata 99% jawaban Igarasi-san cocok seperti yang dikemukakan orang2 Jepang lainnya di Yahoo answer. Kira2 beginilah pandangan orang Jepang terhadap masing2 pabrikan H Y S K:

1. HONDA (Orang Jepang menyebut Honda itu Excelent atau 優等生のホンダ)

Design: Design Honda diterima semua kalangan, tua-muda, elegan-sporty, wanita-pria semua menyukainya. Meskipun setiap modelnya memiliki tema tertentu tapi biasanya bersifat universal untuk semua konsumen, tidak menspesifikan pada kalangan konsumen tertentu saja. Bahkan sampai detail part2 kecilpun didesign agar bisa diterima secara universal.

Tampilan memang tidak se-racy Ninja 250 tapiii,, didesain sedemikian rupa agar bisa diterima seluruh kalagan, tua-muda, Asia, Amerika, Eropa

Technologi: Banyak hal baru diperkenalkan pabrikan ini, makanya jangan aneh kl fitur motor Honda tuh bejibun.. Tapi, ada tapinya lho,, sebagian besar banyak mengalami kegagalan (nah lho!!!) Tetapi apabila pabrikan lain memiliki teknologi bagus dan berhasil dalam risetnya, maka ini jadi makanan empuk Honda dimana pabrikan ini akan mengemas kembali menjadi lebih bagus, dan biasanya hasilnya lebih diterima daripada pabrikan awal yang mengembangkan teknologi tersebut. (hmm,, bener gak sih?)

Contoh kasus di Indonesia, tapi bukan dari segi teknologi ya:
1. Honda mengekor yamaha yang memperkenalkan skutik terlebih dahulu.
2. Honda Blade 2011 mengekor konsep Yamaha Jupiter Z.


3. Honda cbr150 dari segi pricing nempel erat dengan Ninja 150. Dengan tingkatan harga yang sama diharapkan cbr terjual 2000 unit/bln seperti halnya Ninja150… (hehe, ini sih dikait2kan aja ya :D)
Sebagai catatan, jumlah informasi teknologi antara pabrikan yang mengembangkan roda dua saja macam Yamaha dan Kawasaki dibanding pabrikan yang juga ngembangin roda empat macam Honda dan Suzuki sangatlah berbeda, makanya jangan aneh kalau fitur2 di motor Honda atau Suzuki lebih unggul (baca: banyak) daripada pabrikan lain….

Varian: PALUGADA, aPA Lu maU GuA aDA,, begitulah kira2 imagenya di mata orang Jepang, dari varian skutik 50cc hingga supe sport semua ada, dari model klasik, sporty, sampai elegan juga ada lho. dan hebatnya mencakup semua kategori motor lho. Misalnya varian model klasik ada model dirtbike, retro, ampe klasik sporty :D

Lainnya: Harga jual tinggi. Gak di Indonesia gak di Jepang resale motor Honda lebih tinggi dibanding rondo motor lainnya…

2. YAMAHA (Orang Jepang menyebut Yamaha itu Fun atau お洒落なヤマハ) Design: Design motor-motor Yamaha mengikuti zaman, serta menitikberatkan pada feeling dan atmosfer berkendara yang berbeda dengan pabrikan lain. Yang unik dari Yamaha, kiblat design harus mengutamakan keindahan, peduli amat itu hanya cocok untuk kalangan tertentu, yang penting orang yang gak naik pun mengakui bahwa motor Yamaha itu paling keren, cantik atau indah.. Selain itu Yamaha `mengharamkan` design motornya mengikuti design pabrikan lain.

Teknologi: Tak banyak yang mengomentari Yamaha dari segi Technology, tetapi yang jelas seperti halnya segi design, Technology Yamaha diharamkan ngekor pabrikan lain… (Kecuali hal-hal umum kaya ABS kali ya,,,) Hal ini juga yang menjadikan pabrikan ini minim fitur di mata orang Jepang. Misalnya saja di Indonesia, Honda menyematkan shutter key pada varian Honda Beat… Fitur yang gak bakalan ditemui pada Yamaha Mio. Bukannya Yamaha gak bisa bikin, yaaa karena gak mau jadi pengekor.

Varian: Di Jepang sini varian Yamaha tidak terlalu banyak namun lumayan lengkap,, tentunya tidak selengkap Honda.

3. SUZUKI (Dikenal dengan sebutan Suzuki yang Aneh, 変態スズキ)

Design: Motor-motor suzuki memiliki design yang nyeleneh, berbeda banget dengan konsep atau fashion yang sedang berlaku. “Wenda-san, tau Suzuki B-King kan? Bagi kami kebanyakan orang jepang ntu motor aneh banget bentuknya!” Hmmm,, itulah salah satu yang diungkapkan temen Akang saat berbincang2. Konsep, bentuk atau tema motor yang yang nyeleneh sepertinya bukan hanya dilakukan di Jepang deh, entah itu hanya pendapat Akang sendiri hampir semua design motor Suzuki di Indonesia pun beda dari yang lain, bukannya malah bagus tapi bagi Akang nggak nyantol di hati :D (Masbro semua mungkin berpendapat lain kali ya) Diperkenalkannya sport cbu FXR 150 dohc dan Thunder 250 pada awal tahun 2000an  jelas mendahului zamannya, bukan cuma dalam hal selera dan fashion saat itu tapi bertentangan dengan faktor utama “daya beli konsumen” yang kala itu masih rendah!

Contoh lain adalah GW250 salah satu produk global Suzuki yang tahun depan bakal dikeluarkan di Indonesia. Jelas-jelas motor touring koq dibuat dua silinder sohc, dengan power yang kalah dibanding 1 silinder dohc cbr250,,, bagi Akang ini nyeleneh banget! Kalau konsep touring kenapa gak dibuat 1 silinder aja tapi dohc dengan power bejaban dengan cbr250, ditambah lagi design knalpot yang masih membulat krom, ini jelas menentang fashion dimana bentuk knalpot membulat sejak tahun 2010 mulai ditinggalkan (kalaupun masih dipake biasanya ditambah embel2 cover macam R15 atau Vixion) Udah bentuknya bulat dua buah berada di bawah lagi,,, ngelawan arus yang biasanya kalau dual mufler ya dibawah jok (undertail mufler) atau kedua2nya di sebelah kanan… Begitulah Suzuki!!!

Menurut masbro seharusnya muffler GW250 ada dimana?

Teknologi: Seperti yang Akang sebutkan di atas bahwa sumber informasi Suzuki dan Honda sangat banyak. Sehingga gak aneh banyak hal baru diperkenalkan Suzuki. Tapi bagi orang Jepang, ketimbang banyak memperkenalkan teknologi baru, Suzuki lebih condong ke arah pengembangan teknologi yang sudah ada dari sisi lain… (Kalimat2 penjelasan tentang hal ini Akang gak jelas dengernya nih,,, keterbatasan kemampuan bahasa Jepang… hehe)

4. KAWASAKI

Design: Kebalikan dengan Yamaha, design Kawasaki kebanyakan bersifat “kasar dan kekar” dalam artian macho. Mungkin gak semuanya begitu juga, tapi  coba liat aja sample di Indonesia, antara Yamaha Vixion dan Naked Kawasaki Ninja 150, mana yang kesannya keren mana yang macho???

Teknologi: Kawasaki sama halnya dengan Suzuki dan Honda tidak hanya berkutat di roda dua saja, dari mesin boat sampai heavy industry digeluti kawaski, hal ini pula yang menjadikan teknologi kawasaki kurang terfokus pada roda dua sehingga di mata orang Jepang motor Kawasaki rawan rusak mengalami kerusakan kecil, misalnya waktu musim  dingin di pagi hari engine sulit hidup atau seal oli bocor, tapi secara umum durabilitasnya bisa diandalkan… Perasaan gak ada hubungannya ya,,, kalau Honda dan Suzuki banyaknya informasi teknologi jadi sumber utama pengembangan produknya, koq kawasaki sebaliknya… tapi begitulah image Kawasaki di jepang!

Varian: Di Jepang sini Kawasaki cuma memfasilitasi para biker hobi saja, hal ini terlihat dari tidak adanya skuter produk Kawasaki… Bisa dibilang Kawasaki anti bebek,,, kawasaki anti skuter :D

Sumber: Wawancara dengan Mr. Igarashi (My Fren) dan http://detail.chiebukuro.yahoo.co.jp/qa/question_detail/q1430518189

About these ads

103 responses to “Pandangan Orang Jepang Terhadap Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki

  1. hmm justru menurut saya b-king 1300 itu super keren hehe muscle street bike sejati
    Eh pertamax euy..

  2. weeeh, belum ada pengisi pertamax
    * btw … nice ingfoh …

  3. Suzuki memang aneh :mrgreen:

  4. suzuki memang aneh sendiri sih, dari desain superbike, varian dll, masih maen 750cc, 1250 cc yang segalanya nanggung :D

  5. Sip,honda mengedepankan teknologi,yamaha mengedepankan fashion

  6. numpang komen ya om…:D
    tapi yang kawasaki kayaknya pernah baca di blog nya siapa gt, kok image nya malah kuat ya?malah termasuk yang tahan banting gt..

    • Di blognya IWB kalau gak salah! Tape berbeda dengan info yang Akang terima tuh,,,
      Maklum di Jepang tuh kalau ada satu hal jelek gampang menyebar dan mudah menjadi opini publik, begitu juga dengan Kawasaki, kasusnya mungkin sedikit, hanya saja sudah jadi opini publik bahwa Kawasaki gampang rusak…

  7. waaah… inpo yg bagus, bro.
    kalo yg nulis blogger papan atas, pasti langsung kobong..
    memang pendapat temen akang ada benarnya juga sih.. hampir sama dengan pendapat teman2 saya di tempat kerja. menurut mereka honda itu lebih elegan yg cocok dipakai semua kalangan. di parkiran pun mayoritas motor honda. sedang yamaha konsepnya memang sporty & desainnya up to date. jika harus merubah image itu memang sulit..
    kalo menurut saya sih, sebenernya yg lebih tahan banting itu kawasaki…

    • Ada revisi masbro,,, karena ada komentator yang meraguka kawasaki gampang rusak saya ulik lagi info ke beberapa temen jepang dan info lainnya, ternyata yang mereka maksud kerusakan adalah kerusakan kecil,, tuh sudah saya update… hehe agak menyesatkan :D

  8. sedikit_sedikit masuk diakal c.

    • Kadang enggak juga, orang Jepang percaya banget dengan gosip, makanya kalau ada berita jelek sedikit aja tentang suatu produk maka mudah menyebar dan menjadi suatu kebenaran di mata publik, terus selera mereka terhadap roda dua 180 derajat berbeda dengan orang Indonesia.

  9. yang lebih tahan banting ya viar ehhehe

  10. mantab neh, informasi yg berbeda.. tiap pabrikan punya khas masing2, mngkin turunan sejak perusahaan berdiri, kan masing2 pnya keahlian tertentu.. klo kawasaki emang jago bikin pesawat tempur yg durablitiasnya terjamin..

  11. pantesan bikin bebek gak laku2,ternyata dijepang sono gak ada bebek.

  12. SAYA PUN MELEK BIS BACA ARTIKEL INI, JOSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

  13. ijin nyimak dulu ya kang :D

  14. Honda suka ATM nih… Amati, Tiru & Modifikasi :mrgreen:

  15. salam tepang kang,
    kl saya sbg konsumen ya mending milih yg lebih, meskipun nyontek tp toh disempurnakan..tp berarti kl keluaran barunya bgt hrs hati2 ya..xixixi..

    • Salam tepang oge Kang `Cuap`
      Maksudnya bukan seperti itu, karena para pabrikan jepang biasanya sebelum melepas motor ke pasaran ngetes motor dulu setidaknya riding test 10,000 km tiada henti dan test2 lainnya. `Kegagalan` dalam artikel di atas yaitu `gagal diterima pasar`

  16. Wahhh…
    Thanks infonya :)

  17. kalo untuk desain masing2 merk, itu lebih dititik beratkan kepada faktor pribadi masing. ada yg bilang merk A bagus, jelek, B Bagus, jelek, C bagus, jelek, D bagus, jeles, dst. smua dikembalikan lagi kepada penilaian masing2. tpi klo soal teknologi, kualitas material kita mesti wajib untuk menerimanya.

  18. oiya mas, kapan2 ceritain ttg perang yamaha dan honda yg akhirnya jd sejarah kelam permotoran di jepang ya?makasih

  19. acungin jempol.. :mrgreen:

  20. keren banget artikelnya bro . . .siiip

  21. Pandangan dari orang jepang sesuai banget ya sama pikiran ane selama ini sama H, Y, S.. Hanya pandangan terhadap K saja yang masih kurang cocok :lol: . Tentang sebutan suzuki yang aneh, ternyata udah bawaan yang memang sulit di ubah :? makin kesini makin aneh aja produknya.

  22. Yay itu masih sebatas memandang desainnya sih, kalau yang udah suka berarti dia sudah merasakannya .
    Tapi desain mobilnya bagus-bagus itu suzuki, nggak begitu aneh nyeleneh.

  23. Gambar B-KING disamain sama KAWASAKI ER 4N trus YAMAHA FZ1…..kenapa ngak sama GSR 750 ?….garis design ketiganya serupa…..B-KING coba dicomparenya sama YAMAHA VMAX

  24. Keren artikelnya Kang.. Menarik.
    Salam kenal..langsung di bookmark :)

  25. bener 3x………..masuk d akal

  26. Selepas masa masa produktif yang penuh dengan tulisan berkualitas menurut saya itu, grafik mulai menurun.

  27. asli gak nyangka,,, diantara beberapa blog R2 yg sangat2 populer blog akang ini hadir dengan tulisan yg bagus banget (menurut saya)… ditunggu artikel lainnya kang… :)

  28. Ternyata memang persis yg diomongin temen sy pas masi kerja di Jepang…nice info…tbh ilmu lg…sipppp

  29. Wuih……sama dengan di sini

  30. artikel bermutu niel….

    jdi tau isi otak orang jepun :D

  31. kodokijo a.k.a hayateblackswift

    Kalo soal disain saya lebih jagoin Suzuki, dan bagi saya disain2 moge Suzuki itu bener2 OK banget dan berkelas, sangar, futuristik, lain dari yg lain (salah kalo dibilang aneh). Lht aja disain B-King, GSR 750, Gladius, Hayabusa. Kawasaki aliran disainnya kyknya agak2 mirip ama Suzuki, agak2 aneh :mrgreen: , makanya konsumen sini gak demen, pada larinya ke Honda & Yamaha yg sejuta umat.

  32. belum ninggal jejak disini, ilmunya dah diserap dari kemaren-kemaren :mrgreen:

  33. Walah, ternyata sama ya kang, pandangan orang jepang itu Dengan saya!Haha suZuki emang nyleneh sendiri!Hehe :D

    http://pingenmp3.wordpress.com

  34. Bagus banget kang ulasannya… :-bd

  35. coba berpikir lebih luas, bagaimana kalau mulai bahas detail mesin masing2 pabrikan sampai dengan riset, harga produksi dll….
    salam

  36. Desain Suzuki selalu aneh, karena mendahului jamannya. Ada kesan memang pabrikan ini menomorsatukan inovasi/improvisasi. Justru 10-15 taun kemudian baru sebuah varian dicari utk dikoleksi, karena populasinya terbatas.
    Liat model2 S lawas di http://suzukicycles.org/

  37. mantap reviewnya… klo di india gimana?? soalnya ane pengemudi bajaj.. jadi penasaran..

  38. benar-benar artikel pencerdasan otomotif, tidak banyak yg bisa menulis bernas seperti ini dari sudut pandang lain. terimakasih infonya :)

  39. wah bos, setau ane honda motor gak sama sama honda mobil
    honda motor tuh astra, kalo mobil honda prospect
    lagian, dari lambang aj beda, lambangnya yang 1 sayap yang satu “H”
    kalo suzuki baru 1 pabrikan

    • @bro alvin : kalo soal di Indonesia cuma beda ATPM tapi kalo di negara asalnya tetap 1 pabrikan cuma beda divisi…baca sejarahnya di wikipedia donk

  40. sorry cuma mau tau aja, penulis dapat info dari sumber yg bgm, brp orang, mewakili siapa dan apakah sumbernya punya kapasitas dan kapabilitas? sebab dari banyak info, orang Amerika yg kritis dan menghargai teknologi sangat menyukai motor2 Suzuki seperti Hayabusa, GSX dsbnya…hal ini bisa dilihat dari motor2 drag yg menggunakan basik motor Hayabusa, di acara Sturgis (mengarungi bukit dg motor trail yg dimodif) jawaranya menggunakan Suzuki. Dan masih banyak lagi bukti yang ada, termasuk pemecah rekor kecepatan di danau garam USA, mereka lebih memilih motor Suzuki sebagai tunggangan. Jadi artikel ini sangat tidak tidak dapat dipercaya.
    Sorry bikan maksud melecehkan penulis. Tapi info di atas bukan berasal dari sumber yg bisa dipercaya

    • sepertinya bro harus perhatiin lagi judulnya “Pandangan Orang Jepang Terhadap Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki”, jadi disini membicarakan tentang pandangan orang Jepang khususnya…begitu..

    • yang kritis kan orang amerika, sedangkan yang dibahas diatas adalah pandangan orang-orang dari negeri asal produk itu sendiri. anda baca artikelnya ato ndak sih?

  41. Infonya bermutu, ane sendiri sempet punya motor suzuki yg nyeleneh yaitu suzuki cool built up thailand dua tak, padahal maa ada orang yg mau pake tu motor disini dulu tahun 2002, tapi akhirnya terlihat ekslusif, selama 9 tahun kepemilikan ngga lebih dari 5 kali melihat sesama pemakai cool

  42. yamaha,honda gak banget….gonta-ganti akhirnya suzuki tetap dihati sampe sekarang.

  43. Thanks apresiasinya

  44. kalo design suzuki emang paling unik sendiri, tapi kalo soal mesin gak ada yg ngalahin dah,, :D

  45. Hati-hati anda telah melecehkan S & K

  46. mgkn terjadi mis com.Yg aneh tu yg nulis artikel. ko kober-kobera mencari kejelakan suatu produk emang g ada artikel yg lebih berbobot pow buat diupload… orang cerdas tak pernah mencari kelemahan dari orang lain atau suatu produk justru sebaliknya. q ga percaya orang2 jepang mempunyai pendapat gitu paling hanya ngibul. I love Suzuki & kawasaki.

  47. Cen suzuki aneh? Maksude opo

  48. mantap bro artikelnya, aq motor apa aja boleh, hampir semua tipe motor pabrikan sudah pernah aq cobain hwhw….

  49. Saya pernah baca di artikel sebelah,tp bkan masalah otomotif..tp tentang kehidupan org jepang..disana motor jarang banget ada,mereka lebih suka menggunakan fasilitas transportasi seperti kereta dll..kalopun menggunakan mobil untuk pergi ke suatu tempat tertentu,atau mau liburan sama keluarga..mereka menganggap Motor itu SAMPAH,karena tingkat resiko kecelakaannya besar..jadi ”sampah” itu di produksi di negara lain,seperti indonesia..

  50. yang clalu dihati

    suzuki memang bisa di uji,,,dan nempel dihati

  51. menurut saya sih kang suzuki itu sebenernya mesin lebih kuat di banding mesin yg lainnya. contohnya suzuki smash sampe sekarang masih ada yg pakai. menurut saya sih honda itu malah yg cepat.rusak coba aja baru beli lima tahun kedepan bodynya banyak yg udah pada bunyi.

  52. Pennah juga tanya mertua yg asli jepang….katanya emang honda no.1 di penjualan, yamaha imejnya balap di jepang.

  53. Menurut saya suzuki itu lebih maju teknologi nya , di banding pabrikan jepang lain nya, hanya saja desain Body nya emang kurng sporty tapi klo masalah engine , suzuki gak bisa di pandang sebelah mata
    contoh nya , Suzuki B King dan Suzuki Hayabusa

    mungkin klo di Indonesia ada, Shogun 110 dan Suzuki RG 150
    dan di kejuaran dunia world endurance uji ketahanan mesin Suzuki udah 10 kali jadi juara dunia nya, yg Di wakili oleh Suzuki GSX 1000.

    • sebenernya sih desain body suzuki agak nyeleneh itu untuk “zaman skrng” zaman dulu beda lagi bro. design inovatif, dan cepat berubah.

      yg gw inget waktu kecil motor suzuki, sama seperti yamaha ada unsur racing, dan model body atraktif.

      memang sih zaman udah berubah, zaman skrng honda terlihat lebih keren. mungkin kalo untuk anak muda, skrng honda seperti suzuki yg saya lihat dimasalalu.

      yamaha dari dulu konsisten, menunggangi motor yamaha memang ada sensasi tersendiri, dan butuh penyesuaian berkendara. gak bisa langsung plek duduk dijok langsung sesuai macam honda.

      motor kawasaki sama dengan yamaha, konsisten dengan ciri khasnya.

  54. Kalau kawasaki sich memang cocoke buat penghobi kayak saya

  55. jos apa kata fbh?

  56. ha ha ha…
    saya baca artikel ini sambil ngakak sendiri. karena 90% isinya pas dengan apa yang ada di pikiran saya selama ini. apalagi soal honda yang suka mengekor tapi mampu mengemasnya dan memasarkannya lebih baik sehingga lebih laku.
    coba saja, waktu honda blm punya motor helm in di sini, suzuki skywave n hayate dah punya bagasi segede empang.
    waktu matik honda blm punya kantong di sayap, suzuki spin dah punya.
    waktu motor honda blm bisa buka kunci jok dari kunci kontak, suzuki skywave, hayate n new shogun 125 dah bisa.
    dan sebagainya.
    kesan saya pribadi yang sudah pernah punya 5 tipe motor honda dan 4 motor suzuki -skrg msg piara 1 spacy n 1 hayate- ialah: honda lebih terkesan mewah dan elegan, suzuki terasa lebih tangguh dan nyaman dikendarai, tdk bikin pegal2 di badan.
    maaf terlalu panjang.

    • sependapat bro.
      itu dimulai dari zaman SupraX,
      Shogun 110 keluar dengan underbound & indikator gear keluarlah SupraX dengan 4tak underbound ber indikator gear.
      kalo kedua honda ngekor suzuki
      waktu ngeluarin SupraX125 dengan memakai Shutter key + tangkai.
      dan hebatnya honda bisa mengemas dan penyempurnaan.
      dan setelah itu makin menggila setelah Ahm dipimpin pak Jho.
      kadang design agak mirip Yamaha atau Suzuki. seperti blade & Revo.

  57. Yamaha itu berbasis pda industri seni alat2 musik jd yg dikedepankan yamaha adalah ART, ELEGANT, LUXURY, FASHION.. Ini hampir sama dgn produk2 kendaraan Eropa (BMW, Mrcedes)

  58. Lebih enak naik vespa.

  59. Memang deh pantes yamaha semakin di depan khusus roda 2 nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s