CBR150 launching, penjualan kakaknya CBR250 bakal jatuh bebas…

INI cuma analisis Akang yg gak tahu tt metode pemasaran ya… Murni penilaian yg tanpa dasar😀. CBR150 launching, penjualan kakaknya CBR250 bakal jatuh bebas. Lho koq bisa? yuk kita lihat satu-satu pembahasannya…

Para pembeli CBR250

Menurut Akang, para pembeli CBR250 sebagian besar dari kalangan atas, hanya sebagian kecil dari kalangan menengah. bedasarkan data dari blog Pak Edo diketahui 31% pembeli CBR250 memilih tipe ABS, sisanya 69% memilih non-ABS. Akang menyimpulkan 31% pembeli ini adalah orang2 kaya yg care bgt sama safety tanpa mempermasalahkan harga, sisanya dari 69% adalah orang dari kalangan menengah yg maksain beli, dan atau kalangan atas yg tidak memprioritaskan ABS…

Bukan rahasia lagi, kendaraan mencitrakan status sosialnya. Memiliki CBR250 merupakan kebanggaan si pemilik, beda dengan pemilik2 Tiger, Vixion, Byson atau motor2 sport lainnya dibawah 250cc yg populer di kalangan menengah (bahkan tukang ojek pun banyak memakainya!)Bentuk CBR150 dan CBR250

Secara kasat mata CBR150 dan 250 gak jauh beda (coba lihat di link ini deh) bahkan dari dimensinya aja cuma beda-beda dikit! bagi orang yang gak kebeli CBR250 tapi mampu beli CBR150 ini merupakan berkah, lha kan kerennya sama aja dengan yang 250cc.. iya kan.. sebaliknya bagi kalangan atas yang membeli CBR250 sebagai simbol status, ini adalah mimpi buruk.. Lha koq disaingi orang2 umum toh! malah bisa-bisa motornya disangka CBR150… Huaaaaa, gengsi dong!

Terlepas berapa harga CBR150 dijual, penjualan CBR250 akan tetap jatuh!

Menurut akang, setelah CBR150 launching sebagian pembeli CBR250 bakalan lari ya ke Ninja 250 sebagian lagi ya ke CBR150. Suatu momentum yang bisa dimanfaatkan kompetitor lain macem Megelli 250RE/RV ataupun Hyosung GTR250 (Hehe, belum launching juga nih motor) sapa tau pembeli potensial CBR250 lari ke motor mereka!

Khusus untuk Megelli 25RE,,, kehadiran CBR150 bisa jadi keuntungan sekaligus kerugian..  (nanti deh ditulis di artikel lain!)

Bener atau tidaknya analisis Akang biar waktu yg menentukan…Akang sendiri mau milih apa? Akang sih gak keduanya,, pilih si Tiger baru aja yg mudah2an sblm 2012 sudah diupgrade, atau Hyosung GTR250 yg sapa tau dijual cuma 25 jt (ngareeep!)

gambar diambil dari http://astaufik.wordpress.com/2011/02/23/all-new-cbr-150r-vs-250r/

39 responses to “CBR150 launching, penjualan kakaknya CBR250 bakal jatuh bebas…

  1. hmmmm….harga bakalan ngaruh banyak menurut saya…..

  2. tergantung orangnya juga.. klo nyari value tinggi.. milihnya cbr150..
    klo orangnya nyari gengsi.. pengen ga pasaran.. milihnya cbr250..

    yg pasti.. klo cbr150 keluar n harga rasional… sliweran2 deh tu.. lumayan buat cuci mata pas JJS [jalan-jalan sore]😀

  3. Bener dugaan saya, konsumen 250 itu kan konsumen yang pengen merasakan sensasi yang lebih dalam hal ini bisa dikatakan 2 silinder (ninja 250r) dan ga menutup kemungkinan mereka ini yang lagi belajar moge dan membiasakan dengan naik n250r ini. Jadi konsumen yang pengen cbr 250cc lari ke yang 150 cc, kenapa ? Karena valuenya itu lho! orang ngiranya 250 cc itu bore up nya 150cc . Dan cbr 150 itu punya kelebihan di rangka yg sama kaya vixion sistemn cmiiw

  4. Kalo cbr 150 naik daun trus menggusuur cbr 250 ya gak papa to,kan ujung2nya honda jg yang diuntungkan ya to…………………..? Itu namanya strategi jitu honda ngeluarin banyak tipe buat jegal kompetitornya.Silahkan saja pilih yang mana anda suka cbr 150/cbr 250 siapa yang laris kan tetep aja honda motornya bukan merk lainya bukan begitu to……………? Salut buat Honda……………

    • Bener masbro, kl potensial buyer cbr250 milih cbr150 ya gpp, satu pabrikan ini. Yg ribet kl potensial buyer cbr250 larinya ke Ninja tuh..
      Whatever lah, salut buat honda manjain konsumen (walaupun harganya gak ngemanjain!)

  5. ah MUUUOOOOSSSSOOOOKKK Kang..!!

    Xixixixi. PISS..

  6. Setuju, Si CBR 150 ini punya hampir semua kelebihan yang 250(kecuali ABS nya) Injeksi, Speedo digital, dll. Hal-hal itu yang gak dimiliki Oleh Ninja 250 R.

    Nah kalau cuman mau mencari fitur-fitur itu, pasti orang bakal lebih memilih si adek(150) karena hampir semuanya sudah di dapat. sedangkan kalau mencari performa, CBR 250 agak tanggung dibanding Ninja 250

  7. kan yang g mampu beli yang 250 bisa beli yang 150

  8. @wendakalubis : ngebanggain cbr 150 dong😛 ,

  9. menurut saia c,, soal yang punya cbr 250 ngerasa mirip2 sama cbr 150,,
    ga juga akh,, kenapa? mungkin bagi orang awam bakalan bilang iya,,
    orang yang ga pernah baca otomotif mungkin bilangnya sama..
    tapi kalo yang sering pantengin blog,, ato baca majalah otomotif,, dsb..
    pasti bisa bedain yang 250 ato 150…
    pertama kan ada tulisannya deket tangki / fairing,, tulisan 150 ato 250 nya..
    kedua warna yang 250 ma yang 150 itu kan laen banget,,
    bagus tuh warna merah nya 250,, tapi buat yang 150 warna merah nya laen..
    250 ada warna silver/abu2 gt & merah,, kalo 150 merah, item, 3color..
    tapi kalo sekilas emang sama aja,,
    jadi kalo saia mah membesarkan hati yang uda beli 250,, itu tuh beda nya..
    tapi kan banyakan orang awam yang ngeliat tuh motor=sama aja.. hihi..
    tetep semangat aja d yang uda beli 250,, tapi kalo saia tetep lebih suka yang 150,,
    kalo mo beli 250cc mening beli ninja,, hehe,, imho lho itu,,

  10. wah komen saia nyangkut dmn ya?😦

  11. menunggu waktu yg akan menjawab hasilnya dg akurat..

  12. mendingan pilih yg pekgo,kalo nopekgo mendingan ninja…2 silinder lebih mantafh

  13. 90 % setuju mas… toh, top speed paling cuma beda 20 km/jam, cmiiw. Mau dikebut di mana ?🙄 Sentul ? hmmm, sek sek…

    yang beli CBR 250 itu kan yg mau kejar prestige… CBR 150 aja uda banyak yg versi import lewat importir umum, so kesannya pasaran… (padahal, imho, CBR 150 tampilannya lbh keren mas):mrgreen:

  14. secara tampilan , orang awam mungkin banyak yg ga ngeh kalau beda, tapi yg bikin beda jauh ya sensasi riding nya bro!

    analisa ke 2 masuk akal juga ….. (bagi awam yg ga beli CBR)

    namun, bagi mereka yg sejak awal ngidam cbr 250… sepertinya ga peduli sama adiknya yg mau brojol… toh mereka tetep nganggep motor idamannya beda jauh sama adiknya yg 150

    dan ane se7 tuh sama analysa bro tigereng69, bagi produsennya ini ga masalah cuma strategi aja, toh yang 250 juga berstatus CBU ga ada kerugian andaikata diberhentikan distribusinya

    • Bener masbro, kl potential buyer cbr250 larinya ke cbr150 sama skali gak masalah buat ahm, kl larinya kembali ke N250 gimana?
      seandainya cbr250 penjualan mandek terus distribusi dihentikan, itu gaswat buat pemilik2 cbr250 bro,,, kmungkinan onderdil jd sulit, mahal dll kaya thunder 250…
      Hehe, ngomong terlalu jauh dan jelas belum terbukti😀

      • tadi kan cuma nulis andaikata ya berarti masih jauh mas bro !😀

        dan perlu di ingat di berhentikannya distribusi bukan berarti harga spare part di naikin!

        ada peraturan perusahaan wajib mempunyai inventory stock spare part dalam jumlah yg ditentukan dan dalam kurun waktu maksimal 7 tahun setelah product di discontinue harus masih ready…….. produsen tetep care harus nya dengan product yg udah di brojolin , meski pun part itu harus di indent via pusat tapi tetep harus ada seperti hal diatas

        kalau ga ya marah2 in aja layanan 3 S nya 😆

        ahhh tapi kalo di komunitas mah adem2 aja, pada gabung tuh owner CBR250 + 150 😀

      • “Stock spare part dalam jumlah yg ditentukan dan dalam kurun waktu maksimal 7 tahun setelah product di discontinue harus masih ready”
        Nice info Bro… baru tahu!

  15. Hmmmmmm (cuma bisa hmmmm tapi ga kuat tumbas,hihihihihi).
    Analisa yang masuk akal mas. Sampe sekarang saya sendiri bingung knapa yah desain cbr250/150 bagai semangka di belah dua (masih masuk kan analoginya).

    Titip jemuran ya mas
    http://duniahariyadi.wordpress.com/2011/07/01/empat-syarat-wajib-pabrikan-otomotif-dalam-mendesain-knalpot/

  16. kalo 33 juta ya CBR150 nya yg ga laku. dpd 33 jt dapet 150 cc apa ga mending cbr 250 bekas ato ninja 250 bekas nambah dikit

  17. nggak ah,,,mending 250, mantatap

  18. dri pda bli cbr250 mnding bli ninja250 skalian hihihi,

  19. salah deh k.ayanya..klo memurut saya cbr 250 tetep laku dan tidak menurun,
    Malah yg abs kurang begitu laku dgm harga yg terpaut jauh pembeli lebih memilih yg non abs..masa wong cm beda di abs bedanya bs 7jt..lagi pula klo masalah keselamatan trgantung si pemakai.
    Klo untuk kawasaki n250 mereka sudah punya fanatik sendiri.
    Mudah ko bedain cbr 250 n cbr 150..liat aj rangkanya 250akai rangka diamond cbr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s