Daily Archives: September 1, 2011

Sayangi bumi anda, sayangi si Kebo anda! Jangan Lepas Catalist Converter di Yamaha Byson!!!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa yamaha byson untuk mendapatkan predikat lulus emisi gas buang EURO-2 harus menyematkan Catalytic Converter (CC) pada bagian knalpotnya. Ini merupakan salah satu kepedulian yamaha dalam menjaga lingkungan. Tetapi sangat disayangkan, disinyalir CC ini menjadi salah satu tersangka kenapa si Kebo tidak bisa lari cepat.

Catalist Converter, penyebab si Kebo tak bisa lari cepat!

Sebenernya kan dari namanya juga ketahuan, kebo itu gambot, gak bisa lari cepet (tapi kayaknya masih lebih cepet dibanding `bebek biasa`) kalau motornya cepet pastinya YMKI ngasih nama Cheetah atau Kuda 😀
Atas dasar penyebab lemot inilah para penunggang byson yang menginginkan si Kebonya berlari cepet ngeganti knalpot+CC original si Kebo dan menggantinya dengan knalpot racing aftermarket yang disinyalir dapat meningkatkan kecepatan si Byson! Hasilnya? speed sih naik tapi gak seberapa (coba baca di sini) efek buruknyanya tinggi masbro, Secara fisik gak kelihatan sih, tapi disinyalir emisi buang si Kebo jadi di bawah standard EURO-2.

Untuk berlari si kebo harus meneguk bensin miskin (baca premium) dimana pembakarannya akan menghasilkan HC dan CO. dalam CC inilah HC dan CO diproses menjadi H2O dan CO2 yang tidak terlalu berbahaya pada lingkungan sebagaimana standar Euro 2. Padahal di Europa sono, tempat berkeliarannya si Babeh Byson (Yamaha FZ1) sudah menerapkan EURO5,, Ciaaa ini anaknya (si kebo) baru EURO-2 aja didegradasi lagi tuh,, kasian kan..
Masbro semua mungkin sudah pada tahu, tahun 2013 nanti pemerintah mau mengupgrade peraturan emisi gas buang di negeri kita menjadi EURO-3, ya sudah pasti peraturan emisi ini lebih ketat dari EURO-2… Makanya si Kebo jangan didowngrade dong!

Lalu gimana kl pengen naikin performa si Kebo,,, Bukannya si Kebo pake kabrurator, kan jadi gampang dioprek2 gitu. ganti CDI, busi jadi iridium, ganti karburator, bore-up dll deh.. apapun itu tp jangan sentuh CC ya..

Terlihat fitur2 si Kebo bukan untuk speed freak, tapi untuk gaya2an semua!

Dari beberapa sumber yang sebenernya diragukan kevalidannya (terus ngapain disebutin ya :D) meskipun dah ganti CDI, busi sudah iridium, karbu sudah diganti ditambah penggantian knalpot racing aftermarket, si kebo tetep gak mau  lari seperti yang diharapkan, paling banter 115-120kmpj atau tenaganya ngeden di 9000rpm (bener gak sih!!!???) Kayaknya sudah jadi nasib si Kebo tuk jadi motor lemot 😀 Lagian tujuan si Kebo kan buat gaya, ngapain cepet2an? kan jadi gak keliatan kerennya 😀

Sayangi bumi anda, sayangi si Kebo anda 😀

Sayangi dan peluk si Kebo kaya gini masbro,,, jangan copot catalist converternya ya! Karena itu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan

Ngomong2 tentang EURO-3, motor2 pabrikan jepang katanya gak bisa kalau gak
pake injeksi tuh, apakah dengan peraturan ini tahun depan semua motor
bakalan dirubah jadi pake injeksi semua? Apa kabar dengan harganya tuh, ada kenaikan harga motor signifikan tahun depan nih kayaknya 😕

Keep safety!!!

(Gambar nyolong dari hasil searching google tanpa izin yang punya lapak :D)