Sayangi bumi anda, sayangi si Kebo anda! Jangan Lepas Catalist Converter di Yamaha Byson!!!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa yamaha byson untuk mendapatkan predikat lulus emisi gas buang EURO-2 harus menyematkan Catalytic Converter (CC) pada bagian knalpotnya. Ini merupakan salah satu kepedulian yamaha dalam menjaga lingkungan. Tetapi sangat disayangkan, disinyalir CC ini menjadi salah satu tersangka kenapa si Kebo tidak bisa lari cepat.

Catalist Converter, penyebab si Kebo tak bisa lari cepat!

Sebenernya kan dari namanya juga ketahuan, kebo itu gambot, gak bisa lari cepet (tapi kayaknya masih lebih cepet dibanding `bebek biasa`) kalau motornya cepet pastinya YMKI ngasih nama Cheetah atau Kuda😀
Atas dasar penyebab lemot inilah para penunggang byson yang menginginkan si Kebonya berlari cepet ngeganti knalpot+CC original si Kebo dan menggantinya dengan knalpot racing aftermarket yang disinyalir dapat meningkatkan kecepatan si Byson! Hasilnya? speed sih naik tapi gak seberapa (coba baca di sini) efek buruknyanya tinggi masbro, Secara fisik gak kelihatan sih, tapi disinyalir emisi buang si Kebo jadi di bawah standard EURO-2.

Untuk berlari si kebo harus meneguk bensin miskin (baca premium) dimana pembakarannya akan menghasilkan HC dan CO. dalam CC inilah HC dan CO diproses menjadi H2O dan CO2 yang tidak terlalu berbahaya pada lingkungan sebagaimana standar Euro 2. Padahal di Europa sono, tempat berkeliarannya si Babeh Byson (Yamaha FZ1) sudah menerapkan EURO5,, Ciaaa ini anaknya (si kebo) baru EURO-2 aja didegradasi lagi tuh,, kasian kan..
Masbro semua mungkin sudah pada tahu, tahun 2013 nanti pemerintah mau mengupgrade peraturan emisi gas buang di negeri kita menjadi EURO-3, ya sudah pasti peraturan emisi ini lebih ketat dari EURO-2… Makanya si Kebo jangan didowngrade dong!

Lalu gimana kl pengen naikin performa si Kebo,,, Bukannya si Kebo pake kabrurator, kan jadi gampang dioprek2 gitu. ganti CDI, busi jadi iridium, ganti karburator, bore-up dll deh.. apapun itu tp jangan sentuh CC ya..

Terlihat fitur2 si Kebo bukan untuk speed freak, tapi untuk gaya2an semua!

Dari beberapa sumber yang sebenernya diragukan kevalidannya (terus ngapain disebutin ya :D) meskipun dah ganti CDI, busi sudah iridium, karbu sudah diganti ditambah penggantian knalpot racing aftermarket, si kebo tetep gak mau  lari seperti yang diharapkan, paling banter 115-120kmpj atau tenaganya ngeden di 9000rpm (bener gak sih!!!???) Kayaknya sudah jadi nasib si Kebo tuk jadi motor lemot😀 Lagian tujuan si Kebo kan buat gaya, ngapain cepet2an? kan jadi gak keliatan kerennya😀

Sayangi bumi anda, sayangi si Kebo anda😀

Sayangi dan peluk si Kebo kaya gini masbro,,, jangan copot catalist converternya ya! Karena itu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan

Ngomong2 tentang EURO-3, motor2 pabrikan jepang katanya gak bisa kalau gak
pake injeksi tuh, apakah dengan peraturan ini tahun depan semua motor
bakalan dirubah jadi pake injeksi semua? Apa kabar dengan harganya tuh, ada kenaikan harga motor signifikan tahun depan nih kayaknya😕

Keep safety!!!

(Gambar nyolong dari hasil searching google tanpa izin yang punya lapak :D)

27 responses to “Sayangi bumi anda, sayangi si Kebo anda! Jangan Lepas Catalist Converter di Yamaha Byson!!!

  1. Pak Bambang Nunggang Byson

    apik apik apik
    james 161ku ga akan tergoda knalpot wooorrrrrrrr

  2. menurut saya bawaan standar byson udah elegan.. tapi karena owner (tetangga) pengen performa lebih, ahirnya digantilah knalpot freeflow..yg ada malah suaranya aja yg naek tingkat (dB):mrgreen:

  3. Knalpot ori kebo bener2 gak enak,
    Menimbulkab suara gemuru klo lg di ajak larii… Mungkin itu karena bentuk CC ny yg ky usus manusia kali… Oleh sebab itu ganti knalpot menjadi menu wajib bwt byson👿

  4. Udah takdir si kebo…mo dioprek juga g terlalu ngaruh. Hihihi

  5. terlanjur ane lepas, biar kencangggggggggggggggggggggggggggggggg

  6. jangan dilepas, itu untuk center of graviti, biar enak akselerasinya …:mrgreen:

  7. CC Byson sama kayak CC Pulsar. Kenapa ada CC nya? Karna itu untuk menekan emisi gas buang. Itu juga alasan gw untuk gak ganti (entah ke depannya) knalpot.

    salam kenal kang..

  8. klo Hobi Kenceng Salah alamat deh klo Beli Kebo yaa Mas Bro,, itu lhoo yang ada superkips-nya.. Jamin hobi Sampeyan tersalurkan,, tapi jangan ngeluh klo bensinnya Boros lhoo..

    *daripada beli motor irit trus di borosin biar kenceng,, bagusan beli motor kenceng yang jelas boros sekalian thoo yaa..

    PISS..

  9. Setuju mas, kalau mau yang kenceng ya jangan beli si kebo, beli saja si macan (eh kenceng ga sih huahahaha….). Ibarat kata, Ade Rai koq di suruh ikutan lari 100 meter, dipakain kipas angin juga dibelakangnya ya ga bakalan menang lawan carl lewis hehehe…
    Kayaknya semua pabrikan kalau bikin motor ga pernah ada yang pas bener bagi konsumen Indonesia nih, tapi koq ya masih laris manis….giliran suruh bikin motor sendiri malah ga dibeli *ngelirik si Kanzen

  10. bimo bapake valen

    Kebo tetep motor yang paling gagah di mari..
    cuma sayang, gak mampu beli…

  11. thn depan byson harus FI..

  12. foto ini nyolong di google???
    ha ha

  13. yang paling ngeri pas idul adha, jangan kelayapan sama kebo……🙂

  14. byson mantap,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s