Menarik sekali membaca artikel Euro3 2013: Siapkah pabrikan? dan Euro3 2013: Siapkah Pemerintah? di warungnya kangmase (akhir2 ini vakum menulis, kemana aja ya). Tapi dalam tulisan ini Akang gak akan membahas kesiapan pemerintah ataupun kesiapan para pabrikan nih, Akang hanya akan membahas kemungkinan2 apa yang akan terjadi dengan diberlakukannya kebijakan Euro3 tersebut.
1. Perkenalan Motor Injeksi di 2012
Dalam menyambut Euro3 di 2013 mau gak mau pabrikan2 motor harus segera mengeluarkan motor yang emisi gas buangnya memenuhi standard Euro3. Sejauh yang Akang tahu pabrikan2 Jepang bisa memenuhi spesifikasi tersebut dengan menggunakan sistem injeksi. karena Katanya sistem injeksi ini bisa menekan tingkat emisi karbondioksida (CO2). Perlu masbro ketahui, di negeri Akang mencari sesuap nasi ini (baca Jepang) standar emisi gas buang sudah melebihi Euro3 (Standard Jepang masbro,, kayaknya setara Euro5 kali ya :D) motor2 skuter matic 50cc aja pada pake Fuel Injeksi lho…
Jadi tidak berlebihan kalau Akang menyimpulkan kalau tahun depan adalah era perkenalan sistem Fuel Injection (FI). Sebenernya tidak usah tahun depan, besok lusa 14 Agustus saja AHM sudah curi start dengan merealese satu model baru dengan dua tipe yaitu karbu dan FI (baca di sini) tahun ini aja disinyalir Honda akan mengeluarkan Supra Helm In dan Matic Spacy versi injeksi untuk melengkapi varian karbu yang sudah dilaunching duluan.
2. Naiknya Harga Motor
Seperti yang Masbro semua ketahui, sistem FI lebih mahal dibanding karburator. Otomatis dong motor2 yang diupgrade dari karbu ke sistem FI harganya bakalan naik. Berapa perbedaannya? kita lihat aja setelah 14 Agustus ini, berapakah perbedaan harga motor injeksi dan karburator yang direalese AHM ini? (Akang sih nebak rentang 1 – 1,5 juta). Kayaknya si AHM masih ragu penerimaan masyarakat terhadap sistem FI ini, dan sepertinya produk baru ini bakal AHM jadikan basis data dalam memproduksi motornya di 2012, berapa persen jumlah produksi motor karbu dan FI yang masih bisa diterima masyarakat sebelum akhirnya total memproduksi FI di 2013. Pabrikan musuh macam YMKI kayaknya bisa memanfaatkan data penjualan si AHM, hehe gak usah repot2 test pasar segala. Hanya saja biasanya “first mover” lebih diterima masyarakat lho!!!
Kalau mau melihat kebenaran pendapat Akang, monggo liat aja deh nanti waktu si New Tiger diperkenalkan, yang konon akhir tahun ini direlaese AHM (tapi koq belum nongol juga ya). berdasarkan info dari beberapa blog sih menggunakan basis mesin NMP yang sekarang,, dan biar gak membuat FBH kecewa harusnya si AHM nambahin FI tuh… (mau dianggap HOAX juga gpp, toh cuma pendapat doang!)
Yang bikin menarik adalah adanya salah satu pabrikan yang mengklaim bahwa tanpa sistem injeksi pun emisi gas buang produk mereka mampu lolos Euro3 dengan dual Spark Plug-nya, yup sapa lagi kalau bukan Bajaj (maaf nih link artikelnya lupa :D). Kebayang gak masbro, disaat NMP dan Byson harganya harus naik jadi rentang 21jt sementara Bajaj Pulsar 180 masih di harga 16jt,value for money si Bajaj nih makin tinggi aja ya, apalagi masih pakai karbu dimana bengkel pinggir jalan aja masih bisa nanganin.
Ini sih sekedar nulis unek2 Akang aja masbro, disela-sela kesibukan sebagai komentator,,, hehe. Para Masbro semua mungkin ada pandangan lain?
Perbedaan dasar CDI dan FI:
http://viozaax.wordpress.com/2008/11/18/beda-cdi-dan-tis/
jossss petromaxxx wesss
titip nggeh
http://hakimrodamas.wordpress.com/2011/09/12/sumber-kencono-malangnya-nasibmu/
Ya, harusnya peralihan teknologi dari karbu ke injeksi harus ngikutin mobil yg secara serentak ngeganti jadi injeksi imho 😉 tanpa kenaikan harga yg signifikan 😀
Harusnyaaa,,,, yuk kita liat kenyataannya…
waa, gak laku lagi niii spesies pengawalku si NaRjo klo euro-3 di canangkan..
*hik hik hik ..
Haha,, tenang saja masbro… Peraturan itu kayaknya berlaku untuk motor-motor keluaran 2013. Jadi yang keluaran lama masih bisa ngaspal selama masih jalan 😀
Harusnya memang sudah jamannya injeksi nih..tapi ya itu, di Indonesia apa saja bisa dikompromikan…wani piro?
http://karisnsz.wordpress.com/2011/09/12/urusan-marketshare-honda-adalah-raja-urusan-desain-bodi-racing-nanti-dulu/
Mudah2an kalau yang ini enggak ada kompromi…
Salam hangat mas wendakalubis
justmyimage
save our planet
Salam kenal juga
imho. kalau di indonesia sulit kayaknya, harus ada peraturan yang jelas.
Peraturan sih kayaknya sudah siap,, tinggal dieksekusi aja..
Pemerintah buat peraturan, pertamina supply bbm yang pure (gak kaya sekarang!) dan pabrikan menyiapkan motornya,,, Kita tinggal beli 😀
karburator asal lolos EURO 3 biarlebih gampang perawatannya
Maunya sih masbro…
pabrikan mulai bersiap,bagaimana dengan kita ❓
Konsumen tinggal beli,,, nunggu pabrikan mana yang persuasif sama kita 😀
hmmmm…sip
Kemana aja nih Kangmase,, akhir2 ini koq gak pernah update blognya nih!
gak sia sia ane beli si vixion.. persiapan dr awal nyambut euro3
seabreg teknologi baru motor, saya lbh nyaman naek trend 2000 saya.
saya sgt mementingkan kenyamanan berkendara, seabreg teknologi baru ideal kalo lalulintas dan infrastruktur jalan sdh ideal
catatan:
saya juga punya mopang selain motai