Menindaklanjuti artikel Akang tentang mencari tunggangan yang cocok dilihat dari biaya operasional dan gak bolehnya memilih tipe motor cruiser oleh istri akhirnya atas berbagai info dan racun2 dari kaskus maka dipilihlah Yamaha Byson. Kemarin Akang menyuruh istri untuk bertanya ke dealer yamaha mengenai inden si Kebo, dan diperolehlah keterangan membahagiakan masbro, katanya inden sekarang “hanya sebulan”. Inden bulan ini bulan depannya dianterin ke rumah :)…
Balik ke judul artikel ini, malam ini Akang nyari referensi harian pemakaian si Byson di India sana via youtube mulai dari perbandingan Byson dengan NMP,Β review Byson berkerudung (aka Fazer 150), dan terakhir curhatan pemilik Fazer 150. Khusus untuk curhatan fazer150 ada yang ingin Akang shared nih,,
Is Fazer a boring vehicle? Is it not fit for touring? Does It cuise at only 75 kmph? (Si Fazer membosankan? Gak cocok buat touring? Cuma bisa ngacir 75 kmpj?) Di akhir artikel ini Akang tampilkan jawaban si pemilik yang di-crop langsung dari youtube.
Sejatinya FZ-Series memang didesaign untuk daratan Hindustan. Negara yang luasnya hingga 3.3 jt km persegi ini kondisi sarana dan prasarananya tidak jauh berbeda dengan negara kita. Jalan tanah berbatu, medan yang sulit sampai jalan berlumpur. Sepertinya si Byson ini didesign agar bisa diterima di segala medan. Didesign dengan power dan torsi pada rpm rendah, sehingga konsekuensinya kurang galak di putaran atas, hal yang bekebalikan dengan Pulsar-series yang merupakan rival utama dari pabrikan lokal India. Coba masbro pikirin apa ada pemakaian motor harian yang kebut2an di atas 100km/jam di jalan tanah berbatu? yang dipake kan gear rendah pada putaran yang gak terlalu tinggi, kalau melihat faktor fungsional yang ini maka bisa dipastikan Byson dan FZ-series lebih superior dibandingkan varian pulsar.
Semua gambar di atas bisa menjelaskan Is Fazer a boring vehicle? Is it not fit for touring? Does It cuise at only 75 kmph? Inilah alasan2 lain yang membuat Akang memutuskan untuk meminang si Kebo…
Namanya juga sikebo ya pastilah tangguh di jalan tanah dan berlumpur……..
Hehe, kelupaan masukin kecocokan nama “si kebo” terhadap photo2 di atas π
kalo dah dateng,, jgn lupa syukuran
salam kenal mas bro..
InsyaAllah, Salam kenal juga…
Keren mas
Racun si Kebo π
mana ada motor gunung 200 km/jam, masuk jurang adanya
Ada tuh, dalam film,,, hehehe
Wah kok bisa dapat 126km/h pasti jalanannya menurun yaa atau mesinnya dah di retune?
Gak disebutin tuh, padahal yang dijual di mari cuma 115km/jam
yang penting fungsionalitasnya, mas…
gak usah ngejar 120kpj…
di indonesia ngapain ngebut2?
Akang setuju, speed gak penting.. yang utama fungsionalitas kemudian gaya π
bagusan Byson, yg dimari fairingnya maksa
Hehe, buat orang Indonesia emang maksa masbro,,, soalnya trend di India emang kaya gitu!
fairingnya kemajuen IMHO
tapi orang sana emang suka sport fariring sih
kabar soal jok boncenger yg tipis gmn?? kurang nyaman buat yg diblakang… (kasihan nyonyah.. π )
ngemeng2 soal speed.. 126km/j π― … kok beda ama yg disini??
Itu dia masbro, rencananya joknya mau saya tambahin busa lagi biar empuk π
Speed 126km/j??? mungkin jalan menurun yang panjang atau ridernya ringan π lagian yang pake fairing hambatan udaranya kecil makanya mungkin bisa lebih cepat!
mas kalo gak salah yg pernah aku baca di blog nya sapa gitu, katanya desain byson dibuat sm org indonesia, tp kok malah di produksi di india y?
Sumber utamanya dari internal Yamaha sendiri kl gak salah! Seorang petinggi pabrikan apalagi marketing tentunya memberikan informasi agar produknya laku, salah satunya dengan “pernyataan” tersebut!
tahun mendatang byson harus difelsif pake kerudung tuh.. keren, kek motornya chen ling..
Ditunggu penampakannya π
kalau melihat faktor fungsional yang ini maka bisa dipastikan Byson dan FZ-series lebih superior dibandingkan varian pulsar.
pulsar 135cc mungkin ya maksudnya om?? wajar sih.. torsinya gak gede2 amat, kalo yang 180cc torsi udah lumayan (byson = 14 : pulsar 180 = 14,22 ) tapi sama2 berat juga ya tapi tetap beratan pulsar sih ^^
tapi soal keiritan blum ada yang ngalahin pulsar variant di kelasnya
untuk p180 pun kyaknya masih lebih irit dari byson (tapi baca2 doang)
tinggal di coba pake keliling 3 atau bahkan 4 benua untuk menantang kemampuan pulsar 180 yang sudah lebih dulu dipake touring siksa segala macam jenis trek jalanan di 3 benua;….
Yoi, pulsar emang keren, dilihat dari segi ekonomis Pulsar menang jauh dari Byson…
Seandainya Pulsar monoshock, Akang gak ragu ngambil P220 tuh π
yang setuju dengan superiornya secara produk… desainnya gak kuaaat, kereeen tuh byson walo gak sekencang pulsar
waw, byson ya? Avenger apa kabarnya? Kelaut?
haha, avenger tetep yang utama,, ini artikel kan sebelum ada kepastian avenger ngaspal dimari π
kirain dah inden…
Tadinya September kemarin udah mau inden,, karena butunya Maret 2012 sama salesnya disuruh inden ntar aja π eh ada kabar Avenger masuk sini,,, ya udah milih si cruiser India dong
maut berarti rayuannya pada nyonya :mrgeen: ane baca sampe brojol artikelnya kemaren gara2 dilarang nyonya, siplah ada temannya ane…
oya, ane malah kebalikannya Bro, nyonya sangat sangat setuju, karena kepincut sama jok tebal dan lebar + sandaran boncenger… n kalau belum punya anak pengen adventure keliling dunia katanya, wakakaka (kek kuat aja), mungkin impian itu terjuwud suatu saat jika anak dah gede….
Kalau Akang justru mumpung belum punya anak pengen berkeliling pulau Jawa dulu sepanjang 2012..
Kayaknya istri Bro Rendi kuat2 aja tuh keliling dunia,,, yang gak kuat si suami nyiapin duitnya… wkwkwk
wakaka, bener-bener….. π mungkin dimulai keliling sumatera dulu kali ya
ini malah ada FZ16 bisa sampai 138kpj dijalan raya, liata aja video’y…
PLOTOTIN YA ! ! !