Yamaha Tricker – Motor di Parkiran Tempat Kerjaku bagian I

Dalam artikel ini Akang ingin berbagi info tentang motor harian yang dipakai orang jepang untuk pergi ke kantor. Dalam hal ini terbatas hanya pada perusahaan tempat Akang bekerja saja. Pada artikel ini Akang perkenalkan Yamaha Tricker 250cc.
Berbeda halnya dengan di Indonesia dimana parkiran speda motor didominasi oleh motor bebek dan sebagian kecil motor sport itupun paling banter yang 250cc, di parkiran motor tempat Akang bekerja secara umum motor dibagi dalam 3 kategori yaitu kategori motor kecil 50cc, motor sedang 51-250cc dan motor besar >251cc. Yamaha Tricker yang Akang bahas dalam artikel ini merupakan kelas motor sedang 250cc.

Penampakan Yamaha Tricker di Parkiran Tempat Kerja Akang

Orang yang menggunakan motor sebagai kendaraan harian di Perusahaan Akang jumlahnya sangat sedikit, kebanyakan 90% (nilai kira2 aja nih :D) memakai kendaraan roda empat. Pada hari2 biasa (cerah, dan suhu tidak terlalu dingin) jumlah motor yang ada di parkiran bervariasi mulai dari 15 sampai 30 motor. Dari jumlah ini hampir tidak ada yang sama, kecuali beberapa tipe motor saja salah satunya ya si Tricker ini yang sampai dimiliki oleh tiga orang.

Riding Position dan Para Rider Pengguna Tricker.
Tricker memiliki bobot bersih 118 kg ditambah dengan kapasitas bensin 6 liter berarti kondisi full tank saja tidak lebih dari 124 kg, wooowww ringan banget kan masbro, apalagi untuk ukuran 250cc sama dengan Yamaha Vixion yang berat full tanknya 125kg. Ketinggian jok 31.1 inch dengan lebar jok yang kecil, sebagai pembanding Yamaha Vixion saja tinggi joknya 31.4 inch dengan jok yang lebih lebar. Para rider pengguna tricker yang Akang kenal berusia sekitar 30-40 tahun dengan rata-rata postur (maaf) pendek 160-165 cm.

Rider tingginya 171 cm dengan berat 60kg

Physical measures and capacities:
Dry weight                            :118.0 kg (260.1 pounds)
Power/weight ratio          :0.1610 HP/kg
Seat height                           :790 mm (31.1 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height                    :1,130 mm (44.5 inches)
Overall length                    :2,000 mm (78.7 inches)
Overall width                     :810 mm (31.9 inches)
Ground clearance            :270 mm (10.6 inches)
Wheelbase                          :1,330 mm (52.4 inches)
Fuel capacity                     :6.00 litres (1.59 gallons)
Chassis, suspension, brakes and wheels:
Frame type                           :Steel semi-double cradle
Front suspension               :Telescopic forks
Front suspension travel  :180 mm (7.1 inches)
Rear suspension                :Swingarm
Rear suspension travel  :172 mm (6.8 inches)
Front tyre dimensions   :80/70-MC19
Rear tyre dimensions     :120/90-MC16
Front brakes                      :Single disc, diameter 220 mm (8.7 inches)
Rear brakes                        :Single disc, diameter 203 mm (8.0 inches)

Spek Engine
Kuda besi satu ini ditenagai mesin 249cc single cylinder 4-cycle, SOHC, Air cooler, carburator sanggup memuntahkan power hingga 19 HP @7,500 rpm dengan torsi 18.8 Nm @6,250 rpm. Coba masbro bandingin dengan KLX250 yang memiliki power 18kW@9,000rpm dan torsi 21N @7,000rpm tapi memiliki bobot kosong 138kg.
Engine and transmission Specification:
Displacement               :249.00 ccm (15.19 cubic inches)
Engine type                   :Single cylinder, four-stroke,
Power                              :19.00 HP (13.9 kW)) @ 7500 RPM
Torque                            :18.80 Nm (1.9 kgf-m or 13.9 ft.lbs) @ 6250 RPM
Top speed                       :115.0 km/h (71.5 mph)1/4 mile (0.4 km):17.800 seconds
Compression                 :9.5:1
Bore x stroke                :74.0 x 58.0 mm (2.9 x 2.3 inches)
Valves per cylinder    :2
Fuel system                    :Carburettor. Mikuni MV33/1
Fuel control                   :SOHC
Ignition                            :CDI
Lubrication system     :Wet sump
Cooling system             :Air
Gearbox                           :5-speedTransmission type,
final drive                        :Chain
Clutch                                :Wet, multiple disc

Color Variation
Si Tricker tersedia dalam dua warna yaitu Tricker Black dan Tricker Orange. Di tempat Akang sendiri dari 3 motor ini 2 diantaranya si Tricker Hitam. Silakan dikunyah2 nih kedua penampakannya…😀

Yamaha Tricker Black - Mantap buat yang gak mau gampang keliatan kotor😀

Warna Silver sebagai dasar dan orange sebagai kelirnya membuat nuansa motor garuk tanah ini sayang kalau kena lumpur😀

Harga dan kompetitor
Di jepang sini harga jual Yamaha Tricker 457,800 yen atau 50,3 jt (untuk kurs 1 yen=Rp 110). Akang cukup kesulitan mencari kompetitor yang sepadan, maklum si Tricker ini dari penampakan saja cukup nyeleneh, motor garuk tanah beraroma supermoto dengan dimensi terbilang kecil. Sebagai perbandingan Akang bandingkan dengan KLX250 seharga 528,000 yen (58,1 jt) dan Honda XR230 seharga 492,450 yen (54,2 jt). Secara dimensi KLX250 seharusnya tidak bisa dibandingkan secara fair karena terbilang agak besar sih😀 Ditambah lagi kedua varian tersebut sudah 6 percepatan sementara Tricker hanya 5 percepatan saja.. Akang tidak menampilkan spek masing2 kompetitor, hanya nampilin penampakannya saja…

Kompetitor terdekat Tricker, XR230 Rp 54,2 jt - KLX250 Rp 58,1 jt

Berhubung yang ada di Indonesia untuk motor jenis ini hanya ada KLX250 dan jenis supermoto-nya D-Tracker 250,, masbro yang posturnya pendek mungkin agak kesulitan kali ya nunggangin nih motor 250cc, cocoknya kalau postur kecil nunggang yang 250cc ya Tricker. Terpaksa deh kalau mau cocok secara dimensi motor ya KLX125 atau Dtracker 125 yang dipilih karena secara dimensi lebih kecil daripada yang 250cc😀

31 responses to “Yamaha Tricker – Motor di Parkiran Tempat Kerjaku bagian I

  1. Kalau ada di garasi semua cocok mas

  2. woughh engine sedarah sama kalajengking nech! #bentuknya aja yang outofthebox, perpaduan trial bike dengan motard😛

  3. kebalikan sama tempat kerja saya…
    mayoritas bawa motor.
    yg bawa mobil cuma manajernya…’:lol:

  4. waaahh, baru nyadar saya kalo sampean ada di jepang ya…..😆
    lola nih…
    memang kalo di sini kesenjangan terlihat jelas..
    manajer susah berbaur dgn bawahan. di jepang gimana?

  5. Di Jepang khususnya di tempat kerja Akang kesenjangan hanya terjadi antara orang pabrik/lapangan dan orang kantor (staff). Tapi untuk level operator saja sudah sanggup beli mobil dan kredit rumah lho! operator pabrik di kita??? hanya nunggu nasib kontraknya diperpanjang atau tidak😦 miris banget ya

  6. ini motor handal kang suka saya…

  7. sampeyan di jepang to ? kalo pulang mau dong dibawain shinken

  8. thanks mas bro atas sedikit koreksi di warung ku, udah saya edit , dan komentar sampean juga sedikit saya edit mohon maklum😉

  9. asik nih buat buat musim hujan di Indonesia…:mrgreen:
    disini tersedia banyak treknya….

  10. mesin2 Yamaha pada dasarnya sama semua yah:mrgreen:

    mesin Vixion dan mesin Scorpio termasuk mesin global😀

  11. supermoto = motor idaman🙂

  12. aku pengen motor ini dari dulu😦

  13. Philip Karundeng

    Kebetulan saya dapat beli dari teman tetapi kondisinya bodong alias g ada surat seharga 35 jt di Makassar.G papa,sy senang dan puas sekali dgn tricker ini disamping kecil,lincah utk di kota tetapi mumpuni juga di track off road dan irit utk jalan jauh serta tenaganya juga wuuz2 sesuai iklan “Yamaha makin terdepan” kata Lorenzo.Hehe…Salam hangat dari saya,philip.

    • Agan philip makassar nya dimana nih ??saya juga makassar … pengen banget lihat tricker .. masih penasaran dengan dimensinya . Pengennya sih custom aja dari scorpio … kalau sudah lihat aslinya bisa coba dicopy di scorpio ..

  14. Blok mesin sama persis bro dengan scorpio indo tapi di jpn type injection

  15. enak pake scorpio ….di modif CB sampe trail juga bisa…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s