Hari ini Akang berbincang dengan rekan kantor ane yang gila motor, namanya Igarashi-san, 29 tahun yang merupakan pemilik Yamaha TRX tahun 1998 seorang biker penyuka motor berangka trellis. Iseng2 Akang tanya tentang pandangan orang Jepang terhadap pabrikan H, K, Y dan S? Setelah mendengar jawaban Dia, Akang merasa ragu, apa iya begitu…
Untuk memastikannya Akang searching aja di internet, yaitu di yahoo answer (tentunya pake bahasa Jepang tulisan kanji :D) Hasilnya,,, terus terang Akang terkejut ternyata 99% jawaban Igarasi-san cocok seperti yang dikemukakan orang2 Jepang lainnya di Yahoo answer. Kira2 beginilah pandangan orang Jepang terhadap masing2 pabrikan H Y S K:
1. HONDA (Orang Jepang menyebut Honda itu Excelent atau 優等生のホンダ)
Design: Design Honda diterima semua kalangan, tua-muda, elegan-sporty, wanita-pria semua menyukainya. Meskipun setiap modelnya memiliki tema tertentu tapi biasanya bersifat universal untuk semua konsumen, tidak menspesifikan pada kalangan konsumen tertentu saja. Bahkan sampai detail part2 kecilpun didesign agar bisa diterima secara universal.
Technologi: Banyak hal baru diperkenalkan pabrikan ini, makanya jangan aneh kl fitur motor Honda tuh bejibun.. Tapi, ada tapinya lho,, sebagian besar banyak mengalami kegagalan (nah lho!!!) Tetapi apabila pabrikan lain memiliki teknologi bagus dan berhasil dalam risetnya, maka ini jadi makanan empuk Honda dimana pabrikan ini akan mengemas kembali menjadi lebih bagus, dan biasanya hasilnya lebih diterima daripada pabrikan awal yang mengembangkan teknologi tersebut. (hmm,, bener gak sih?)
Contoh kasus di Indonesia, tapi bukan dari segi teknologi ya:
1. Honda mengekor yamaha yang memperkenalkan skutik terlebih dahulu.
2. Honda Blade 2011 mengekor konsep Yamaha Jupiter Z.
3. Honda cbr150 dari segi pricing nempel erat dengan Ninja 150. Dengan tingkatan harga yang sama diharapkan cbr terjual 2000 unit/bln seperti halnya Ninja150… (hehe, ini sih dikait2kan aja ya :D)
Sebagai catatan, jumlah informasi teknologi antara pabrikan yang mengembangkan roda dua saja macam Yamaha dan Kawasaki dibanding pabrikan yang juga ngembangin roda empat macam Honda dan Suzuki sangatlah berbeda, makanya jangan aneh kalau fitur2 di motor Honda atau Suzuki lebih unggul (baca: banyak) daripada pabrikan lain….
Varian: PALUGADA, aPA Lu maU GuA aDA,, begitulah kira2 imagenya di mata orang Jepang, dari varian skutik 50cc hingga supe sport semua ada, dari model klasik, sporty, sampai elegan juga ada lho. dan hebatnya mencakup semua kategori motor lho. Misalnya varian model klasik ada model dirtbike, retro, ampe klasik sporty 😀
Lainnya: Harga jual tinggi. Gak di Indonesia gak di Jepang resale motor Honda lebih tinggi dibanding rondo motor lainnya…
2. YAMAHA (Orang Jepang menyebut Yamaha itu Fun atau お洒落なヤマハ) Design: Design motor-motor Yamaha mengikuti zaman, serta menitikberatkan pada feeling dan atmosfer berkendara yang berbeda dengan pabrikan lain. Yang unik dari Yamaha, kiblat design harus mengutamakan keindahan, peduli amat itu hanya cocok untuk kalangan tertentu, yang penting orang yang gak naik pun mengakui bahwa motor Yamaha itu paling keren, cantik atau indah.. Selain itu Yamaha `mengharamkan` design motornya mengikuti design pabrikan lain.
Teknologi: Tak banyak yang mengomentari Yamaha dari segi Technology, tetapi yang jelas seperti halnya segi design, Technology Yamaha diharamkan ngekor pabrikan lain… (Kecuali hal-hal umum kaya ABS kali ya,,,) Hal ini juga yang menjadikan pabrikan ini minim fitur di mata orang Jepang. Misalnya saja di Indonesia, Honda menyematkan shutter key pada varian Honda Beat… Fitur yang gak bakalan ditemui pada Yamaha Mio. Bukannya Yamaha gak bisa bikin, yaaa karena gak mau jadi pengekor.
Varian: Di Jepang sini varian Yamaha tidak terlalu banyak namun lumayan lengkap,, tentunya tidak selengkap Honda.
3. SUZUKI (Dikenal dengan sebutan Suzuki yang Aneh, 変態スズキ)
Design: Motor-motor suzuki memiliki design yang nyeleneh, berbeda banget dengan konsep atau fashion yang sedang berlaku. “Wenda-san, tau Suzuki B-King kan? Bagi kami kebanyakan orang jepang ntu motor aneh banget bentuknya!” Hmmm,, itulah salah satu yang diungkapkan temen Akang saat berbincang2. Konsep, bentuk atau tema motor yang yang nyeleneh sepertinya bukan hanya dilakukan di Jepang deh, entah itu hanya pendapat Akang sendiri hampir semua design motor Suzuki di Indonesia pun beda dari yang lain, bukannya malah bagus tapi bagi Akang nggak nyantol di hati 😀 (Masbro semua mungkin berpendapat lain kali ya) Diperkenalkannya sport cbu FXR 150 dohc dan Thunder 250 pada awal tahun 2000an jelas mendahului zamannya, bukan cuma dalam hal selera dan fashion saat itu tapi bertentangan dengan faktor utama “daya beli konsumen” yang kala itu masih rendah!
Contoh lain adalah GW250 salah satu produk global Suzuki yang tahun depan bakal dikeluarkan di Indonesia. Jelas-jelas motor touring koq dibuat dua silinder sohc, dengan power yang kalah dibanding 1 silinder dohc cbr250,,, bagi Akang ini nyeleneh banget! Kalau konsep touring kenapa gak dibuat 1 silinder aja tapi dohc dengan power bejaban dengan cbr250, ditambah lagi design knalpot yang masih membulat krom, ini jelas menentang fashion dimana bentuk knalpot membulat sejak tahun 2010 mulai ditinggalkan (kalaupun masih dipake biasanya ditambah embel2 cover macam R15 atau Vixion) Udah bentuknya bulat dua buah berada di bawah lagi,,, ngelawan arus yang biasanya kalau dual mufler ya dibawah jok (undertail mufler) atau kedua2nya di sebelah kanan… Begitulah Suzuki!!!
Teknologi: Seperti yang Akang sebutkan di atas bahwa sumber informasi Suzuki dan Honda sangat banyak. Sehingga gak aneh banyak hal baru diperkenalkan Suzuki. Tapi bagi orang Jepang, ketimbang banyak memperkenalkan teknologi baru, Suzuki lebih condong ke arah pengembangan teknologi yang sudah ada dari sisi lain… (Kalimat2 penjelasan tentang hal ini Akang gak jelas dengernya nih,,, keterbatasan kemampuan bahasa Jepang… hehe)
4. KAWASAKI
Design: Kebalikan dengan Yamaha, design Kawasaki kebanyakan bersifat “kasar dan kekar” dalam artian macho. Mungkin gak semuanya begitu juga, tapi coba liat aja sample di Indonesia, antara Yamaha Vixion dan Naked Kawasaki Ninja 150, mana yang kesannya keren mana yang macho???
Teknologi: Kawasaki sama halnya dengan Suzuki dan Honda tidak hanya berkutat di roda dua saja, dari mesin boat sampai heavy industry digeluti kawaski, hal ini pula yang menjadikan teknologi kawasaki kurang terfokus pada roda dua sehingga di mata orang Jepang motor Kawasaki rawan rusak mengalami kerusakan kecil, misalnya waktu musim dingin di pagi hari engine sulit hidup atau seal oli bocor, tapi secara umum durabilitasnya bisa diandalkan… Perasaan gak ada hubungannya ya,,, kalau Honda dan Suzuki banyaknya informasi teknologi jadi sumber utama pengembangan produknya, koq kawasaki sebaliknya… tapi begitulah image Kawasaki di jepang!
Varian: Di Jepang sini Kawasaki cuma memfasilitasi para biker hobi saja, hal ini terlihat dari tidak adanya skuter produk Kawasaki… Bisa dibilang Kawasaki anti bebek,,, kawasaki anti skuter 😀
Sumber: Wawancara dengan Mr. Igarashi (My Fren) dan http://detail.chiebukuro.yahoo.co.jp/qa/question_detail/q1430518189
hmm justru menurut saya b-king 1300 itu super keren hehe muscle street bike sejati
Eh pertamax euy..
Namanya juga selera, Akang juga terkejut ketika temen Akang B-King enggak banget….
CERDAS!!
weeeh, belum ada pengisi pertamax
* btw … nice ingfoh …
Blog corat coret curhatan ngisi waktu gak ada istilah pertamax 😀
Suzuki memang aneh
Tapi kalau udah ngefans gak bisa pindah ke lain hati 😀
setujuuu
suzuki memang aneh sendiri sih, dari desain superbike, varian dll, masih maen 750cc, 1250 cc yang segalanya nanggung 😀
Pabrikan yang suka nyeleneh 😀
Sip,honda mengedepankan teknologi,yamaha mengedepankan fashion
Konsumen maunya yang canggih dan gaya 😀
numpang komen ya om…:D
tapi yang kawasaki kayaknya pernah baca di blog nya siapa gt, kok image nya malah kuat ya?malah termasuk yang tahan banting gt..
Di blognya IWB kalau gak salah! Tape berbeda dengan info yang Akang terima tuh,,,
Maklum di Jepang tuh kalau ada satu hal jelek gampang menyebar dan mudah menjadi opini publik, begitu juga dengan Kawasaki, kasusnya mungkin sedikit, hanya saja sudah jadi opini publik bahwa Kawasaki gampang rusak…
waaah… inpo yg bagus, bro.
kalo yg nulis blogger papan atas, pasti langsung kobong..
memang pendapat temen akang ada benarnya juga sih.. hampir sama dengan pendapat teman2 saya di tempat kerja. menurut mereka honda itu lebih elegan yg cocok dipakai semua kalangan. di parkiran pun mayoritas motor honda. sedang yamaha konsepnya memang sporty & desainnya up to date. jika harus merubah image itu memang sulit..
kalo menurut saya sih, sebenernya yg lebih tahan banting itu kawasaki…
Ada revisi masbro,,, karena ada komentator yang meraguka kawasaki gampang rusak saya ulik lagi info ke beberapa temen jepang dan info lainnya, ternyata yang mereka maksud kerusakan adalah kerusakan kecil,, tuh sudah saya update… hehe agak menyesatkan 😀
ijin sedot ilmu 🙂
Ilmu? cuma corat-coret doang,, syukur kalau jadi Ilmu buat orang lain 🙂
sedikit_sedikit masuk diakal c.
Kadang enggak juga, orang Jepang percaya banget dengan gosip, makanya kalau ada berita jelek sedikit aja tentang suatu produk maka mudah menyebar dan menjadi suatu kebenaran di mata publik, terus selera mereka terhadap roda dua 180 derajat berbeda dengan orang Indonesia.
yang lebih tahan banting ya viar ehhehe
Bener, dalam artian tahan banting terhadap pabrikan Jepang… Merk2 China lainnya pada gulung tikar, eh Viar masih bisa berkibar ya 😀
keren
mantab neh, informasi yg berbeda.. tiap pabrikan punya khas masing2, mngkin turunan sejak perusahaan berdiri, kan masing2 pnya keahlian tertentu.. klo kawasaki emang jago bikin pesawat tempur yg durablitiasnya terjamin..
Yup… Pernah di 1980an Yamaha mencoba merambah ke basic design Honda ketika perang Y&H, namun akhirnya Yamaha di-TKO Honda karena kalah jumlah produk dan perang harga.
pantesan bikin bebek gak laku2,ternyata dijepang sono gak ada bebek.
Kawasaki ya!? Wajar gak laku, gak ada pengalaman produksi bebek dan skutik 😀
SAYA PUN MELEK BIS BACA ARTIKEL INI, JOSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS
Alhamdulillah ada yang baca 😉
ijin nyimak dulu ya kang 😀
Salam kenal…
Honda suka ATM nih… Amati, Tiru & Modifikasi
Yang penting image ngekor gak disadari konsumen karena Honda memberikan yang lebih buat konsumennya 😉
salam tepang kang,
kl saya sbg konsumen ya mending milih yg lebih, meskipun nyontek tp toh disempurnakan..tp berarti kl keluaran barunya bgt hrs hati2 ya..xixixi..
Salam tepang oge Kang `Cuap`
Maksudnya bukan seperti itu, karena para pabrikan jepang biasanya sebelum melepas motor ke pasaran ngetes motor dulu setidaknya riding test 10,000 km tiada henti dan test2 lainnya. `Kegagalan` dalam artikel di atas yaitu `gagal diterima pasar`
Wahhh…
Thanks infonya 🙂
Sama-sama…
kalo untuk desain masing2 merk, itu lebih dititik beratkan kepada faktor pribadi masing. ada yg bilang merk A bagus, jelek, B Bagus, jelek, C bagus, jelek, D bagus, jeles, dst. smua dikembalikan lagi kepada penilaian masing2. tpi klo soal teknologi, kualitas material kita mesti wajib untuk menerimanya.
Nggak juga masbro, saya nulis sumbernya bukan dari satu orang saja koq komentar2 orang jepang lainnya yang ada di yahoo answers “mayoritas” mengatakan hal yang sama.. 😉
oiya mas, kapan2 ceritain ttg perang yamaha dan honda yg akhirnya jd sejarah kelam permotoran di jepang ya?makasih
Udah kepikiran, sumbernya malah sudah ada… cuman bales baca, kanji semua tulisannya tuh 😦
acungin jempol..
Tapi jempolnya jangan ke arah bawah ya 😀
keren banget artikelnya bro . . .siiip
Makasih Mas Taufik dah berkunjung
Pandangan dari orang jepang sesuai banget ya sama pikiran ane selama ini sama H, Y, S.. Hanya pandangan terhadap K saja yang masih kurang cocok 😆 . Tentang sebutan suzuki yang aneh, ternyata udah bawaan yang memang sulit di ubah 😕 makin kesini makin aneh aja produknya.
Hahaha, Suzuki memang aneh,,, tapi temen2 Akang yang suka suzuki gak bisa pindah ke lain hati lho…
Suzuki aneh? Setidaknya suzuki punya jatidiri bro. Ogah menjadi orang lain. Be yourself!
Klo saya dr dulu pake Suzuki.ga pindah ke lain hati karena mesinnya awet ga rewel, tangguh, tahan banting makin di gas Makin bandel.haha..mtr sy dr prtama: crystal-smash-shogun 125 SP-juliter z 2010- shooter..dr jupiter balik lg ke Suzuki. Pengalaman pait pake Jupiter z adiknya jupie- z burhan. Komstir oblak rante cepet kendor. Mesin ngebul. Akhirnya balik lagi ke suzuki. Pake Suzuki shooter 2013 sampe skrg. Sangat memuaskan
Yay itu masih sebatas memandang desainnya sih, kalau yang udah suka berarti dia sudah merasakannya .
Tapi desain mobilnya bagus-bagus itu suzuki, nggak begitu aneh nyeleneh.
Gambar B-KING disamain sama KAWASAKI ER 4N trus YAMAHA FZ1…..kenapa ngak sama GSR 750 ?….garis design ketiganya serupa…..B-KING coba dicomparenya sama YAMAHA VMAX
Bener juga, luput dari pengamatan Akang kalau Suzuki ada GSR 750 Naked,,
Segera diupdate 😉
Keren artikelnya Kang.. Menarik.
Salam kenal..langsung di bookmark 🙂
Salam kenal juga 😉
bener 3x………..masuk d akal
Selepas masa masa produktif yang penuh dengan tulisan berkualitas menurut saya itu, grafik mulai menurun.
asli gak nyangka,,, diantara beberapa blog R2 yg sangat2 populer blog akang ini hadir dengan tulisan yg bagus banget (menurut saya)… ditunggu artikel lainnya kang… 🙂
Corat-coret doang koq,, gak pantas dibandingkan blogger papan atas… hanya coba berbagi
Ternyata memang persis yg diomongin temen sy pas masi kerja di Jepang…nice info…tbh ilmu lg…sipppp
berarti akur ya 😉
nais impoh gan
Wuih……sama dengan di sini
Akur dong ya 😀
artikel bermutu niel….
jdi tau isi otak orang jepun 😀
Mutu KW10,,, wkwkwk
Kalo soal disain saya lebih jagoin Suzuki, dan bagi saya disain2 moge Suzuki itu bener2 OK banget dan berkelas, sangar, futuristik, lain dari yg lain (salah kalo dibilang aneh). Lht aja disain B-King, GSR 750, Gladius, Hayabusa. Kawasaki aliran disainnya kyknya agak2 mirip ama Suzuki, agak2 aneh , makanya konsumen sini gak demen, pada larinya ke Honda & Yamaha yg sejuta umat.
Namanya juga pencitraan bersifat subjektif masbro..
Sama dong menurut Akang Kawasaki gak kalah aneh dibanding Suzuki 😕
belum ninggal jejak disini, ilmunya dah diserap dari kemaren-kemaren
haha,, ada2 aja nih…
Walah, ternyata sama ya kang, pandangan orang jepang itu Dengan saya!Haha suZuki emang nyleneh sendiri!Hehe 😀
http://pingenmp3.wordpress.com
Bagus banget kang ulasannya… :-bd
coba berpikir lebih luas, bagaimana kalau mulai bahas detail mesin masing2 pabrikan sampai dengan riset, harga produksi dll….
salam
Maaf masbro, untuk yang satu ini Akang gak bisa ngebahas lebih dalam 😉
Desain Suzuki selalu aneh, karena mendahului jamannya. Ada kesan memang pabrikan ini menomorsatukan inovasi/improvisasi. Justru 10-15 taun kemudian baru sebuah varian dicari utk dikoleksi, karena populasinya terbatas.
Liat model2 S lawas di http://suzukicycles.org/
Yup… Produk planning tiap pabrikan emang beda masbro…
mantap reviewnya… klo di india gimana?? soalnya ane pengemudi bajaj.. jadi penasaran..
Wah,, gak tahu bro..
Ntar deh nanya ke tuan Takur
benar-benar artikel pencerdasan otomotif, tidak banyak yg bisa menulis bernas seperti ini dari sudut pandang lain. terimakasih infonya 🙂
wah bos, setau ane honda motor gak sama sama honda mobil
honda motor tuh astra, kalo mobil honda prospect
lagian, dari lambang aj beda, lambangnya yang 1 sayap yang satu “H”
kalo suzuki baru 1 pabrikan
@bro alvin : kalo soal di Indonesia cuma beda ATPM tapi kalo di negara asalnya tetap 1 pabrikan cuma beda divisi…baca sejarahnya di wikipedia donk
sorry cuma mau tau aja, penulis dapat info dari sumber yg bgm, brp orang, mewakili siapa dan apakah sumbernya punya kapasitas dan kapabilitas? sebab dari banyak info, orang Amerika yg kritis dan menghargai teknologi sangat menyukai motor2 Suzuki seperti Hayabusa, GSX dsbnya…hal ini bisa dilihat dari motor2 drag yg menggunakan basik motor Hayabusa, di acara Sturgis (mengarungi bukit dg motor trail yg dimodif) jawaranya menggunakan Suzuki. Dan masih banyak lagi bukti yang ada, termasuk pemecah rekor kecepatan di danau garam USA, mereka lebih memilih motor Suzuki sebagai tunggangan. Jadi artikel ini sangat tidak tidak dapat dipercaya.
Sorry bikan maksud melecehkan penulis. Tapi info di atas bukan berasal dari sumber yg bisa dipercaya
sepertinya bro harus perhatiin lagi judulnya “Pandangan Orang Jepang Terhadap Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki”, jadi disini membicarakan tentang pandangan orang Jepang khususnya…begitu..
yang kritis kan orang amerika, sedangkan yang dibahas diatas adalah pandangan orang-orang dari negeri asal produk itu sendiri. anda baca artikelnya ato ndak sih?
Infonya bermutu, ane sendiri sempet punya motor suzuki yg nyeleneh yaitu suzuki cool built up thailand dua tak, padahal maa ada orang yg mau pake tu motor disini dulu tahun 2002, tapi akhirnya terlihat ekslusif, selama 9 tahun kepemilikan ngga lebih dari 5 kali melihat sesama pemakai cool
yamaha,honda gak banget….gonta-ganti akhirnya suzuki tetap dihati sampe sekarang.
Thanks apresiasinya
kalo design suzuki emang paling unik sendiri, tapi kalo soal mesin gak ada yg ngalahin dah,, 😀
Hati-hati anda telah melecehkan S & K
mgkn terjadi mis com.Yg aneh tu yg nulis artikel. ko kober-kobera mencari kejelakan suatu produk emang g ada artikel yg lebih berbobot pow buat diupload… orang cerdas tak pernah mencari kelemahan dari orang lain atau suatu produk justru sebaliknya. q ga percaya orang2 jepang mempunyai pendapat gitu paling hanya ngibul. I love Suzuki & kawasaki.
Cen suzuki aneh? Maksude opo
mantap bro artikelnya, aq motor apa aja boleh, hampir semua tipe motor pabrikan sudah pernah aq cobain hwhw….
Saya pernah baca di artikel sebelah,tp bkan masalah otomotif..tp tentang kehidupan org jepang..disana motor jarang banget ada,mereka lebih suka menggunakan fasilitas transportasi seperti kereta dll..kalopun menggunakan mobil untuk pergi ke suatu tempat tertentu,atau mau liburan sama keluarga..mereka menganggap Motor itu SAMPAH,karena tingkat resiko kecelakaannya besar..jadi ”sampah” itu di produksi di negara lain,seperti indonesia..
suzuki memang bisa di uji,,,dan nempel dihati
menurut saya sih kang suzuki itu sebenernya mesin lebih kuat di banding mesin yg lainnya. contohnya suzuki smash sampe sekarang masih ada yg pakai. menurut saya sih honda itu malah yg cepat.rusak coba aja baru beli lima tahun kedepan bodynya banyak yg udah pada bunyi.
Sebenernya sih yg awet tuh motor” dulu.
Bokap punya Vega R 2004 buat pergi jauh” terus masih tetep awet, gak ngebul, alhamdulillah belom turun mesin, cuma kendala di body aja udah berisik. Terus paman punya Supra dulu kalo gak salah 100cc masih tetep awet, cuma motornya agak ngebul. Temen punya shogun dulu masih aman” aja cuma kendala di bodi doang sama ada bunyi klotok” katanya.
Selama perawatan rajin motor tetep awet.
Pennah juga tanya mertua yg asli jepang….katanya emang honda no.1 di penjualan, yamaha imejnya balap di jepang.
Menurut saya suzuki itu lebih maju teknologi nya , di banding pabrikan jepang lain nya, hanya saja desain Body nya emang kurng sporty tapi klo masalah engine , suzuki gak bisa di pandang sebelah mata
contoh nya , Suzuki B King dan Suzuki Hayabusa
mungkin klo di Indonesia ada, Shogun 110 dan Suzuki RG 150
dan di kejuaran dunia world endurance uji ketahanan mesin Suzuki udah 10 kali jadi juara dunia nya, yg Di wakili oleh Suzuki GSX 1000.
sebenernya sih desain body suzuki agak nyeleneh itu untuk “zaman skrng” zaman dulu beda lagi bro. design inovatif, dan cepat berubah.
yg gw inget waktu kecil motor suzuki, sama seperti yamaha ada unsur racing, dan model body atraktif.
memang sih zaman udah berubah, zaman skrng honda terlihat lebih keren. mungkin kalo untuk anak muda, skrng honda seperti suzuki yg saya lihat dimasalalu.
yamaha dari dulu konsisten, menunggangi motor yamaha memang ada sensasi tersendiri, dan butuh penyesuaian berkendara. gak bisa langsung plek duduk dijok langsung sesuai macam honda.
motor kawasaki sama dengan yamaha, konsisten dengan ciri khasnya.
Kalau kawasaki sich memang cocoke buat penghobi kayak saya
jos apa kata fbh?
ha ha ha…
saya baca artikel ini sambil ngakak sendiri. karena 90% isinya pas dengan apa yang ada di pikiran saya selama ini. apalagi soal honda yang suka mengekor tapi mampu mengemasnya dan memasarkannya lebih baik sehingga lebih laku.
coba saja, waktu honda blm punya motor helm in di sini, suzuki skywave n hayate dah punya bagasi segede empang.
waktu matik honda blm punya kantong di sayap, suzuki spin dah punya.
waktu motor honda blm bisa buka kunci jok dari kunci kontak, suzuki skywave, hayate n new shogun 125 dah bisa.
dan sebagainya.
kesan saya pribadi yang sudah pernah punya 5 tipe motor honda dan 4 motor suzuki -skrg msg piara 1 spacy n 1 hayate- ialah: honda lebih terkesan mewah dan elegan, suzuki terasa lebih tangguh dan nyaman dikendarai, tdk bikin pegal2 di badan.
maaf terlalu panjang.
sependapat bro.
itu dimulai dari zaman SupraX,
Shogun 110 keluar dengan underbound & indikator gear keluarlah SupraX dengan 4tak underbound ber indikator gear.
kalo kedua honda ngekor suzuki
waktu ngeluarin SupraX125 dengan memakai Shutter key + tangkai.
dan hebatnya honda bisa mengemas dan penyempurnaan.
dan setelah itu makin menggila setelah Ahm dipimpin pak Jho.
kadang design agak mirip Yamaha atau Suzuki. seperti blade & Revo.
Yamaha itu berbasis pda industri seni alat2 musik jd yg dikedepankan yamaha adalah ART, ELEGANT, LUXURY, FASHION.. Ini hampir sama dgn produk2 kendaraan Eropa (BMW, Mrcedes)
Lebih enak naik vespa.
Memang deh pantes yamaha semakin di depan khusus roda 2 nya
Salam brotherhood, maaf sebelumnya bagi saya artikel ini kurang berimbang karena menyudutukan salah satu brand terutama brand S, secara pribadi Suzuki sangat inovatif serta teknologi mesin selalu up to date,apalagi Inovasi Teknologi Suzuki sering di PLAGIAT brand kompetitornya sepakat dengan dengan mas bro Andi, Suzuki memang jagonya merajai uji ketahanan mesin di world endurance championship 4 kali berturut-turut 2010-2013 lalu. mengenai pandangan orang Jepang jangan dijadikan sebagai patokan bagus atau bauruknya suatu produk tapi yang harus dijadikan patokan adalah beberapa ajang otomotif dunia yang memiliki kompetensi sebagai acuan bagus atau tidaknya suatu produk,,,
neh orang seles “Y” kalee yak? pake bawa-bawa coment orang jepang segala buat jatohin merk H.
justru sekarang Yamaha ngekor Honda dalam hal teknologi, contoh dimetic parking brake,stand switch, malah santer mau ikutin combi brake.
nah loh? bingung kan lo?
Ada yang keukeuh haram jadi pengekor???
Masa siy..???
Dan orang jepang pun bisa salah menilai kan???
Wah ilmu penting ni gan buat yg mau beli motor baru,,sip gaes
suzuki tangguh soal mesin,kalo model kreasi sendiri,kl si y mah drdlu smpe skrg sk niru ,semua org jg tau bgs bagi yg ga tau.si.y.mah.trllu.byk.klmhannya.jelek.bgs.dari.model.doang.utama.mesin.
yang penting HONDA IRIT! 😀
Pernah punya yamaha vega r, honda beat, xeon rc 125, dan suzuki hayate. Beat kena matahari warna cepat pudar. Xeon rc baru 1 tahun tapi rusak gonta ganti walau perawatan rutin. Suzuki hayate nyaman , jatuh 2x body gak ada somplak, riding posisi enak, besar motor cukup gak kekecilan. Makanya coba beli 1 suzuki dulu baru tau bahwa suzuki bagus. Fungsional dan nyaman. Yamaha kekecilan dan pelek goyang dombret terus. Honda no comment.
Wih FBS :v
Ehh kurang teliti tuhh .. kawasaki juga ngekor loh..
Coba aja perhatiin design lampu depan kawasaki ninja 250 generasi pertama dengan honda beat generasi pertama .
Dan ninja 250 fi dengan honda vario 125 generasi pertama
Honda = nyaman dibawa kemana-mana, handling pas. semua orang tau naik honda gak butuh penyesuaian lama, langsung nyaman.
Yamaha = sensasi berkarakter, cara berkendara yamaha pun berbeda. butuh penyesuaian. dan kadang orng kurang mengerti karakter itu. butuh pengenalan.
Suzuki = entah dulu sih waktu 2000an awal suzuki itu sporty, selalu berinovasi tpi skrng berbeda. karakter motor yg diperkenalkan tarikan pada penyaluran transmisi halus, seperti mesin-mesin eropa, sayang orang asia suka karangter menghentak.
Kawasaki = seperti nama besar yang diusungnya “ninja”, kawasaki itu sosok misterius namun memikat fanatikannya.
suzuki way of life
Saya sih pilih yamaha ªjª om liat ªjª N-MAX ªjª jam nyaa wow yamaha memang semakin Θȋ̝̊ depan
aq udah prnah smua, akhirnya aq pilih suzuki, krn tahan banting, trserah mitos ini itu, krn yg pakai aq, jd yg bisa beda’in…
Klo saya dr dulu pake Suzuki.ga pindah ke lain hati karena mesinnya awet ga rewel, tangguh, tahan banting makin di gas Makin bandel.haha..mtr sy dr prtama: crystal-smash-shogun 125 SP-juliter z 2010- shooter..dr jupiter balik lg ke Suzuki. Pengalaman pait pake Jupiter z adiknya jupie- z burhan. Komstir oblak rante cepet kendor. Mesin ngebul. Akhirnya balik lagi ke suzuki. Pake Suzuki shooter 2013 sampe skrg. Sangat memuaskan..joosss
Ni yang pd laper siapa sich yang untung jga yg buat kalo q ma yg penting mampu beli aja masalah merek no 2 yg penting sesuae kantong dan kbutuhan
yamaha jga pengekor mio fino tiru scoopy
Honda memang terbukti mantap di kendarai ,apalagi mesinnya semakin panas semakin mantap.
Yakin makin panas makin mantap ?
Bukannya overheat yaa ?
Situ udah pernah coba geber motor honda tanpa berenti ?
Gan itu mah mitos jadul kali. Itu tuh permainan antara 2tak sama 4tak. Motor Y S K masih make 2tak sedangkan H udah 4tak.
Motor rumah gue juga Honda doang tapi gue ga setuju juga kalo dibilang begitu, soalnya motor makin panas tuh malah OVERHEAT (pengalaman make Beat)
masalah katahanan mesin suzuki paling juozzzzz
suzuki yg ngenalin cdi DC intake bt shogun , double disc , buka jok dpan , trs lihat yg dkat bandingn materialnya , catnya ,trz dicoba …tp aku bangga punya shogun sp jd pembeda di jalanan , lht h supri kasihn kulitnya udh ngelupas .tk kenal maka tk sayang .
ulasan premature
Bukan ngawur,tapi ngaco.Honda itu inovasi tiada henti.yang lain ngekor. Dulu yamaha laris karena orang belum “ngeh” sama kualitas.sekarang liat produk yamaha mana yang awet sampai 5 tahun? Belum 3 tahun udah ngebul,vega zr,jupiter z1,vixion,mio j. Ini motor kualitas sampah.sekarang bukti sudah jelas, honda paling bandel,awet,harga jual stabil.mau roda dua atau roda empat.HONDA lebih unggul.
Setuju mas bro,,,honda tuh no 1, mesin awet ga prnah rewel.mngkin yg pnya blok tuh pnya mtor yamaha.wajar dia ngagumin merk sndiri.gw brani diadu honda ama yamaha. Yamaha jual model/body bkan mesin.