Bajaj Avenger 220 DTS-i: Jawaban BAI Pada Kaum Minoritas Pecinta Motor Cruiser

Bajaj Avenger 220 DTS-i, Maret 2012 Ngaspal di Indonesia???

Alhamdulillah, kata itu terlontar saat Akang membaca artikel di blog P2R tentang rencana BAI menjual Bajaj Avenger di Indonesia sekitar Maret 2012 nanti. Terus terang kabar ini mengejutkan banget, maklum lah motor cruiser di Indonesia sepertinya sangat sedikit peminatnya, tercatat 2 pabrikan terdahulu Kawasaki dan Honda pernah gagal memasarkan cruiser mereka, Kawasaki Eliminator 175cc dan Honda Phantom 200cc. Faktor harga yang mahal serta masih rendahnya daya beli masyarakat saat itu membuat 2 motor cruiser itu sulit diterima masyarakat . Kalau gak salah ketika masih dipasarkan harga Eliminator 28jt dan Phantom 37jt  sedangkan rata2 pendapatan perkapita masih dibawah 18jt, mahal teuing euy!

Akang sendiri jatuh cinta pada motor cruiser sejak pertama kali melihat penampakan Honda Phantom tahun 2009 semasa kuliah di salah satu rumah kos2an di Bandung. Namun setelah mengetahui hargan OTRnya hampir 2x harga Honda Tiger (Motor impianku jaman dulu!) segera kuhapus impianku tuk memilikinya, hehe mencintai tak harus memiliki!… halah, ini sih pembenaran tanda tak mampu :D…

Honda Phantom (atas) vs Bajaj Avenger (bawah) Mirip kan,,,

Terus terang Akang sangat naksir si Avenger sejak menerima kabar bahwa BAI sedang mengetes si cruiser ini pada Agustus 2010 lalu. Akhirnya Akang nyari2 info tentang si Avenger ini, eh ternyata ada juga segelintir orang yang menginginkan si Avenger dibawa ke Indonesia, bahkan sempet ada yang buat petisi online meminta BAI memasarkan nih motor (baca di sini), yang tanda tangan di petisi online sampai artikel ini ditulis terdapat 79 orang lho! dikiiiiiiit,,, tapi salut sama BAI kalau ternyata benar jadi mengaspalkan nih motor di Indonesia😉

Mengintip Harga Jual si Avenger 220 DTS-i

Yup, inilah hal yang ditunggu-tunggu… pricing stragegy. Di Negeri Tuan Takur sana, harga si Avenger 220 DTS-i ini sedikit lebih rendah daripada Pulsar 220 DTS-i lho. Beranikah BAI menempatkan harga si Avenger di bawah Pulsar 220, karena Akang melihat dari jumlah penjualan sepertinya si Avenger bakal lebih rendah dibanding p220, yang secara otomatis menyebabkan total profitnya lebih rendah. Secara value for money memang logis bila si motor touring ini dihargai lebih rendah dari Pulsar 220DTS-i. Speedometer analog, rem belakang teromol, shockbreaker stereo biasa secara nominal biaya produksinya lebih murah bila dibandingkan dengan p220 yang dilengkapi shock absorber nitrox, double cakram, dan speedometer digital.

Dengan tingkat pendapatan perkapita Indonesia tahun 2011 ini yang diperkirakan mencapai USD 3,600 (Rp  32.6jt, untuk kurs 1USD = Rp9,050), sepertinya masih masuk akal apabila Avenger dijual lebih mahal ketimbang p220 sekalipun, misalnya di angka 20jt. Hanya saja BAI harus siap dengan kesiapan Sparepart dan Service, karena bisnis sepeda motor ini bukan asal menjual motornya saja tapi mencakup pelayanan after sales (sparepart dan service). Kalau kedua faktor S tersebut masih lemah, jangan harap si Avenger terjual banyak meskipun harganya rendah misalnya 15-17 jt… Karena bukan suatu rahasia lagi kalau kualitas part di India sangat rendah… sekelas Honda aja produk premiumnya CBR250 yang diproduksi di India aja kena recall, apalagi motor murah sekelas Bajaj…

Persiapan Mental Akang Kalau Nanti Beli Avenger 220 DTS-i

“Barang Cacat Produksi, Kesalahan QC, dan Kesalahan Assembly, Kelangkaan Sparepart, dan Amburadulnya Service”

Belum juga dijual sudah siap2 kena Avenger yang kena masalah di atas? Ini bukan bercanda masbro, si Avenger ini terdaftar di Tanda Pendaftara Tipe Kendaraan Bermotor (TPT)  baru Agustus 2010 lho, Seandainya info dari P2R benar bahwa Maret 2012 mendatang dijual, itu artinya sejak pengetesan sampai penjualan ke tangan konsumen hanya membutuhkan waktu kurang dari 7 bulan. Seandainya pengetesan selama bulan kemudian diputuskan Avenger ini OK untuk kondisi di Indonesia, tersisa waktu persiapan produksi, persiapan pelatihan mekanik, dan persiapan distribusi sparepart selama 6 bulan saja. Jelas ini sangat mepet banget… Pabrikan besar seperti Honda atau Yamaha mungkin bisa melakukan hal-hal di atas secara paralel, tapi apakah struktur BAI cukup kuat tuh? Makanya para pengidam Avenger sepertinya harus siap mental menghadapi hal2 seperti barang cacat produksi, kesalahan QC, dan kesalahan assembly, kesulitan spare part dan pelayanan service yang amburadul… sabaaar, udah syukur ada yang jual motor cruiser😀

Siap2 modif kaya gini nih, Velg ganti tambah Side Box, tapi sandaran boncengan gak dilepas😉 ditambah airbrush motif api pada tanki,, wowwww!!!

Mengenal si Avenger 220 DTS-i sebelum Membeli

Dari beberapa pengguna di India Akang merangkum hal2 berikut,
Kekurangan2: (Subjektif masing2 yang ngreview)
1. Transmisi sulit di-netralkan, biasa lah penyakit motor2 bajaj
2. Karat, banyaknya bagian yang dicat krom bila tidak diurus dengan baik gampang berkarat
3. Rem depan gak pakem saat hard braking, ini kayaknya patut menjadi perhatian kalau benar seperti itu.
4. Vibrasi mesin yang berlebihan, kayaknya harus pake oli mahal nih😀
Kelebihan2: (Subjektif masing2 yang ngreview)
1. Riding position nyamaaaan, bisa nyantai bersabar di kemacetan Jakarta😉
2. Boncengan nyamaaan, malah bisa sandaran segala😀
3. Konsumsi BBM 33.5kmpl untuk speed 80-90kmph atau 39.5 kmpl untuk city riding pada low rpm,, lumayan irit dibanding motor lain dengan cc yang sama.
Khusus untuk sektor engine, Avenger ditenagai mesin yang sama dengan pulsar 220 DTS-i tapi dengan 5-percepatan, bertenaga max 19.03PS @8400rpm, torsi 17.5NM @7000rpm. top speed cuma 115kmpj tapi torsinya badak, berdasarkan review Aurocar India untuk melaju dari kondisi diam sampai 60 kmpj hanya butuh 4.43 detik😀

Bajaj Avenger 220 specifications:
Engine: 4-stroke, single cylinder, DTS-i, air cooled with oil-cooler
Displacement: 219.89
Max. Power (Ps @ rpm): 19.03 @ 8400
Max. Torque (Nm @ rpm): 17.5 @ 7000
Starting: Electric
Rear: Hydraulic Shock Absorber
Brakes: Front Disc, Dia. 260 mm, Rear Drum, Dia. 130 mm
Tyre: FrontTube type Unidirectional  – 90 / 90 x 17″, Rear Tube type Unidirectional – 130 / 90 x 15″
Fuel tank capacity: 14 liter full, 3.4 liter reserve
Wheel base (mm): 1475
Ground Clearance (mm): 169
Kerb weight (kg): 154.5

32 responses to “Bajaj Avenger 220 DTS-i: Jawaban BAI Pada Kaum Minoritas Pecinta Motor Cruiser

  1. klo lagi ride kayanya santai kaya di pantai nih…🙂

  2. mantap nih buat touring, ane pesan 1 kang, warna merah dengan motif api🙂

  3. wah tambah makin rame aja nih tipe2 motor indonesia jadinya,salam knl bro..

  4. BAI, tingkatkan 3S mu, jangan pake inden buat spare part yg fast moving juga tingkatkan QCmu jangan sampe motor cacat bawaan bisa release (gak simetris, cat kurang bagus, indikasi aki ngaco dll) kalo gk ingin di tinggal pembelimu

  5. bukannya p220 tu juga cuma 5 percepatan ya om???ga salah tu?
    seinget saya, saya pake pzzo tu ga ada gear 6…

  6. masih suka yang “Agak” Nunduk Kang,,😀

    PISS..

  7. ikut ngantri kang…terserah mo masuk kapan dah..

  8. nemenin si akang ngantri paling depan biar bajaj boxer 100 cc ane ada temennya………cruiser forever.

  9. Dari pertama kali gw belajar kopling pake motor ini, sampe jatuhin motor ini di pasar Ciplak gara2 lupa gw standarin dan waktu itu gw ngantuk.

  10. Sama kang pengen beli. Tar kalo udah ada sms ane di 081213481222

  11. iyo kang ndukung full buat avenger walo harus nyicil tetaP qu perjuangkan! kecepatan relatif, bagus relatif, pantas relatif, irit relatif, yang penting bisa dinikmati!!

  12. wisnuarisdianto

    Aku tunggu kemunculannya

  13. wisnu arisdianto

    Kayaknya keren buat pergi ngajar di sekolahku. pasti langsung jadi pusat perhatian ana-anak yang masih polos seperti waktu pertama kali bawa Bajaj P180.

  14. kapan nih motor masuk indonesia

  15. numpang jual kawasaki eliminator 175 pak bos saya punya barangnya tahun 2003 dan mau dijual karna jarang pake motornya aman siap pake surat lengkap lokasi di bandung kalo mau nanya2 lebih lanjut langsung hubungi aja
    telepon/sms : 085798429813
    bbm : 5555C9AE
    line : mochdfir
    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s