KTM Duke 200 : Mengintip Harga Ideal Sang `Bangsawan`

Sepertinya KTM Duke 200 mantap buat motor harian nih!

Kesibukan kerja dan persiapan ujian bahasa Jepang selama sebulan terakhir ini benar2 menyita waktu Akang, tapi akhirnya Minggu 11 Desember 2011 Akang sempet juga mampir di Tokyo Motor Show. Sebagaimana Akang pernah tulis di artikel sebelumnya tujuan datang ke TMS ya untuk melihat KTM Duke 200 dan Suzuki GW250 dengan motif utama meneliti yang manakah dari kedua produk yang katanya akan dilaunching pertengahan tahun 2012 ini yang pantas Akang miliki. Dalam artikel ini Akang coba tulis review terhadap KTM Duke 200 saja, review terhadap GW250 menyusul deh!

KTM Duke 200 Review, Kesan pertama melihat Duke 200 di Tokyo Motor Show 2011

Yang akan Akang coba ulas adalah value for money-nya dikomparasikan dengan produk motor naked bike Yamaha Byson dan Honda New Megapro yang dibandrol sekitar 20-jutaan. Tapi tentunya pandangan secara subjektif Akang. Untuk menyederhanakan objek penilaian Akang akan evaluasi jadi tiga aspek penilaian saja, yaitu faktor design/fitur, performance, dan trustworthy yakni kepercayaan Akang terhadap Duke yang dibuat di India. Untuk review performa, karena Akang belum pernah mencoba motor-motor tersebut secara langsung di jalanan, Akang ambil aja review dari para pengguna motor dan klaim KTM terhadap performance si Duke 200.
Ini nih benchmark dasar pembanding sang Bangsawan Duke 200.. sifatnya subjektif ya..

・Design: Byson tanpa cela, New Megapro diterima semua kalangan
・Fitur: Byson ban gambot, digital spdmtr, dan front shock gede, NMP :Fr/Rr disk brake, digital spdmtr, adjustable rear shock.
・Performance: Byson lemot, NMP cukup superior untuk kelas SOHC 150cc

1) Aspek Design dan Fitur si Kuda Besi.
Menurut pengamatan langsung di lapangan, KTM Duke 200 yang di Jepang sini rencananya mulai dijual sekitar Maret 2012 ini Akang lihat memang memiliki garis body yang sangat menawan dan jauh superior dibanding Byson dan New Megapro.. Dari segi konsep design banyak orang yang bilang bahwa si Duke 200 ini adalah perpaduan motor supermoto dan street bike, tapi sejauh yang Akang lihat si Duke ini jelas-jelas street bike koq. Posisi jok yang tidak sejajar dengan fuel tank, dan front fender (spakbor depan) tepat berada di atas ban depan membuktikan si Duke dibuat atas konsep street bike bukan supermoto. Kalau dari riding style sih Akang gak tahu,, soalnya di stand KTM gak diperbolehkan naikin langsung sih! Mungkin masbro tahu konsep riding style supermoto seperti apa.
`Designer-nya jenius` itu kata yang terucap dari mulut Akang setelah 5 menit melihat si Duke 200 secara langsung. Bagaimana tidak, motor yang hanya 200cc ini tidak seperti motor kecil, beraroma moge tapi tidak ada kesan ribet karena body yang ramping (kalau orang Sunda bilang `teu gagarubang`). Ada 3 point utama yang membuat Akang bilang `designernya jenius`
・Garis body atas, Perpaduan body atas dari headlight, fuel tank, konfigutasi split seater sampai rear fender merupakan satu garis body secara utuh zigzag membentuk huruf M yang dinamis. Dimulai dari body belakang, Rear Fender yang biasanya hanya difungsikan sebagai penahan cipratan air pada bagian belakang digunakan si Duke sebagai garis body belakang yang kesannya menyatu sebagai garis body tapi kelihatan simple.

Beralih pada Split seaternya dan lengkungan menyudut cover bawahnya menonjolkan kesan sporty, lincah, simple seperti halnya garis body belakang Ninja 250. Garis body ini semakin membesar ke arah fuel tank yang hanya bisa memuat 11 liter, tapi memiliki kesan besar sekaligus simple (bingung nih ngedefinisikan dengan kata2 :D). Khusus untuk bagian shroud, pada si Duke ini merupakan kesatuan utuh menyatu pada fuel tank dan berada pada posisi yang jauh lebih tinggi dibanding permukaan teratas spakbor depan.

KTM Duke konsep body atas melayang zigzag tanpa cover tengah, secara keseluruhan terletak lebih atas terhadap kedua roda

Sekarang kita lihat design2 street bike si Byson dan NMP sebagai pembanding. Spakbor belakang difungsikan secara konservatif sebagai penahan cipratan air dengan design berdiri sendiri terpisah dari garis body. Untuk Jok dan Cover bawah Jok,, kedua motor masih menggunakan tok tunggal yang menyatukan rider dan boncenger,terus terang Akang kurang suka design ini. Cover bawah jok yang lebar disesuaikan dengan garis body depan yang berkonsep muscle bike tapi terlihat inferior dibanding design si Duke yang simple. Pertemuan body belakang dan fuel tank pada Byson dan NMP dipusatkan dengan cover tengah motor, hal yang tidak dijumpai pada si Duke 200, tapi justru hal inilah yang menjadi nilai tambah si Duke 200 karena di sana terpasang kokoh frame trellis.

Untuk fuel tank, Byson begitu berotot dengan mengedepankan fuel tank kondom bentuk punduk byson yang kemudian ditambah shroud kecil terpisah dari fuel tank yang posisi terbawahnya lebih rendah dari spakbor depan untuk memberi kesan body membulat berotot.. Berbeda dengan Byson, NMP menonjolkan shroud yang besar meruncing mengesankan busur panah. Letak shroud NMP ini sejajar dan tidak terlalu rendah terhadap dengan spakbor depan. Berbeda dengan Duke dimana shroud menyatu dengan fuel tank, memberi kesan body atas yang melayang, berbeda dari 2 motor jepang lainnya.

・Garis Body tengah, Telah Akang jelaskan bahwa pada Duke 200 tidak ada cover body tengah pertemuan fuel tank dan jok yang biasanya berupa cover yang memanjang ke tengah sampai bagian pijakan kaki (pedal rem/pedal perpindahan transmisi) tapi dengan ketiadaan cover tengah tersebut frame trellis dieksploitasi secara penuh dan hasilnya terlihat sangat muantaaap,
bahkan menurut penilaian pribadi Akang, frame trellis lebih keren ketimbang frame delta box lho! (mungkin karena bosen ngeliat frame delta box kali ya!)

Tidak hanya itu penggunaan frame trellis dan ketiadaan cover tengah juga mengekploitasi kekokohan WP monoshock dalam menyangga body belakang! Mesin DOHC 200cc berpendingin water cooler juga terlihat mantap
dibalik rangka trellisnya, tidak ada kesan kopong sama sekali karena memang mesin KTM ini sepertinya lebih besar dari mesin pabrikan lain dengan kapasitas yang sama.

Frame trellis KTM Duke 200 menonjolkan kekarnya WP monoshock powerfull-nya Mesin DOHC 200cc dari segi tampilan

・Garis Body bawah, Dimulai dari Ban depan 110/70-17 dengan velg eksotis 10 palang, shock upside down ukuran moge 43mm dan disk brake bybre menyiratkan kaki2 yang kekar tapi simple dan terkesan sporty karena balutan spakbor minimalis,,, (yakin deh walaupun keren gak bakalan berguna menerjang jalan yang banyak genangan air😀 lha wong motor buat gaya…) kemudian bergeser ke belakang ke arah crank case yang ditambahi engine mud guard pada bagian depannya, lalu ke arah pijakan kaki yang sporty didesign memberikan kesan berbeda banget dengan motor2 Jepang seperti Byson dan NMP.

Dibawah pijakan kaki tercantol muffler yang terbilang hampir tidak bisa terlihat seolah gak ada mufflernya, terus terang pada awalnya Akang merasa aneh melihatnya. Tapi justru hal ini menjadi nilai tambah, karena ketiadaan muffler kita bisa dengan jelas melihat keindahan lekuk body bawah belakang si Duke. Rear arm yang lain dari yang lain, spakbor kolong mini yang nyentrik sampai design pijakan kaki boncenger yang menawan, ditambah lagi ban belakang yang berukuran 150/60-17 dan velg yang eksentris 10 palang menjadi jauh terlihat lebih mantap tanpa adanya halangan dari muffler. Kesan aneh ketidakterlihatan muffler ini dalam seketika hilang begitu saja.
Overrall Design dan Fitur Duke 200 ini menurut Akang patut dihargai 10 juta lebih mahal ketimbang Byson,,, → 20 jt
2) Performance
KTM Duke 200 dengan tenaga 26 hp (klaim KTM) menurut sumber dari Motorbeam bisa mencapai top speed 145 km/jam (speedometer) dengan kemampuan akselerasi 0-60 km jam adalah 3.3 detik dan 0-100 km/jam dalam waktu 9.5 detik. Woowww… mantap tenan ya..
Untuk performance ini Akang nilai memiliki nominal 5 juta di atas megapro.. → 12.5 jt
Lha koq kecil bedanya?,,, namanya juga subjektif murni penilaian Akang, kan Akang bukang orang yang speed freak😀,,, mau 150cc, mau 200cc, mau sohc, ataupun dohc bagi Akang gak ngaruh… yang penting lumayan cepet ngacir di lampu merah dan cepet nyampe 80km/jam (sebenernya bebek 125cc aja cukup :D)
3) Trustworthy (Kepercayaan)
Maksud trustworthy yang Akang maksud adalah kepercayaan terhadap durabilitas motor. Terus terang Akang tidak meragukan teknologi KTM Austria, tapi perlu masbro ketahui bahwa KTM Duke 200 ini diproduksi di India dimana sistem Quality Control masih parah.. Barang yang sudah lolos uji hari ini belum tentu lolos uji di hari berikutnya dan anehnya barang ini banyak lolos QC sampai masuk line perakitan… Honda India saja bisa kecolongan tuh, dan parahnya terjadi pada motor premiumnya cbr 250 yang terjadi “recall diam-diam” atau apalah😀

Cacat fisik lapisan cat aja lolos QC,,, apalagi cacat yang tak terlihat seperti mesin.

Dan ini sudah Akang lihat secara langsung lho dari segi finishing, KTM Duke 200 yang dipajang di TMS ada cacat pada lapisan painting trellis. Cat pada trellis terlihat bergelombang tidak rata, sepertinya material trellis agak sedikit tidak rata tanpa diamplas langsung saja masuk line pengecatan yang katanya memakai powder coating. Itu dari segi kerapihan body luar lho,, kebayang kalau kelalaian terjadi pada bagian engine..
Untuk Faktor Trustworthy ini tanpa ragu Akang kasih nilai nominal hanya 2.5 juta saja…

Harga ideal KTM Duke 200 di Indonesia tidak boleh melebihi 35 juta, Lebih dari itu dipastikan tidak bisa bersaing dengan cbr 250 dan Suzuki GW250

Dari sudut pandang Akang berdasarkan ketiga point yang dievaluasi di atas menyimpulkan bahwa KTM Duke 200 cocok dihargai 35jt. Untuk value for money harga si Duke berada lebih rendah dari cbr 250 tapi lebih tinggi dari cbr 150 karena kapasitas mesin dan performa si Duke jauh di atas cbr 150,,, angka 35jt sepertinya nominal rupiah yang pas… Lebih baik lagi bisa di bawah itu sih😀
Tentunya banyak yang berpikiran masa 200cc aja dihargai segitu mahalnya… Ide kreatif, penyatuan seni dan design roda dua itu `mahal` harganya lho! Di India sendiri Duke 200 hanya dibandrol sedikit lebih tinggi dibanding R15, di Indonesia kan gak ada R15, yang jadi benchmark adalah cbr 150 yang konon dijual overpress… (Akang)

Temen Akang yang ngidam KTM Duke 200, Katanya "Berapapun harganya gua beli!"

45 responses to “KTM Duke 200 : Mengintip Harga Ideal Sang `Bangsawan`

  1. kalo hargax 35 juta..lebih milih cbr 150 deh.,he3

  2. manteb kang, kok kagak jadi ajakin urang ke Tokyo motor show sich? begimana ini mah? :mrgreen:

    #ditunggu liputan motor2 lainnya 🙂

  3. lg test nikyu ya bro?ganbatte ne

  4. ulasan yg mantep, kang..

  5. finishing body motor india memang kurang rapih, contoh pulsar.
    tapii kualitas material india boleh diacungi jempol.
    liat aja bajaj roda 3 masih idup aja tuh. hehe..

    kisah nyata, temen ada yang punya tiger revo dan pulsar 200 sama2 keluaran tahun 2008. kilometer hampir sama. tirev udah turun mesin, ganti rante, ban, tangki, dll. pulsar 200 baru ganti kanvas rem sekali, sil karet mesin, ban masih ori, lainnya masih oke punya.

    • Terimakasih review Pulsar dan Tigernya masbro, Akang juga menimbang2 nunggu Bajaj Avenger 220 DTS-i tahun depan😉

    • kualitas motor buatan india mmg agk kurang memuaskan gan
      contoh ny pulsar
      bgian block mesin ny mmg agk sedikit kasar dan cat ny pun kliatan asal2an
      tp klo mslh dalem ny (engine) gk jlk2 amat
      apalagi bhan baku ny gan(kualitas besi ny india ckup d perhitungkn d dunia)
      bkti ny hnya sdikit org yg gk puas dgn prfrma mtr india

    • ngmg ktm thu asli ny mtr eropa y??

      • Ada KTM China yang iklannya Inul lho,, jangan terjebak masbro!
        Kalau KTM eropa motor2 gede, dual purpose, dan trail,, si Duke salah satunya. Tapi si Duke 125 dan 200 dibuat pabrikan Bajaj India

  6. garis bodi byson tangki terlalu gembung, sekilas kayak kuda lumping..

  7. mantap kang..ulasan yg bagus, pencerahan, :2thumbsup ..pemikiran itu pula yg ane tuangkan dlm artikel bawah ini om..

    http://boerhunt.wordpress.com/2011/09/20/kalau-dipikir-pikir-ada-untungnya-ktm200-lebih-dulu-muncul-di-negeri-jiran/

  8. kalo harga 12 juta,,langsung bungkuss !!:mrgreen:

  9. mantap reviewnya masbro… langsung dari TMS! Thx banget infonya,,,!

  10. Di TMS sendiri ada harga Duke 200-nya nggak bro?

  11. widih… keren euy…. coba harganya 25jt….

  12. hade….hade…hade pisaan rinci…winci sareng eces babasanana… nepangkeun kang..htrnhun

  13. 35 kemahalan kang, nawar dibawah 30 boleh ya..?
    #ulasannya keren

  14. keren..yg 125nya msk ngga?1kyu datte jyozu dane,uramayashiina

  15. duke 125 itu kan yg basis produksinya di austria langsung y?

  16. hrga yg mahal tapi pantas untuk bangsawan😦
    *gak bisa beli deh

  17. bajaj pulsar yang ADA Di Indonesia aja mantap abis, apalagi ini! 40 juta harga yang pantas.

  18. Pingback: KTM Duke 200 Sudah Siap Ngaspal di Jepang Harga 489 ribu yen | wendakalubis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s