Hyosung RT 125 Karion Alternatif Hobi Roda Dua Motor Unik

Di artikel sebelumnya, Mengenal Jenis Motor Dual Purpose salah satu yang termasuk motor tersebut adalah golongan motor2 unik, sebagai contohnya adalah Suzuki Vanvan dan Yamaha TW225. Baru2 ini Akang terkejut ternyata di Indonesia motor jenis ini juga sudah ada toh tapi dalam wujud Hyosung RT 125 Karion, Motor produk Korea yang dijual importir umum (silakan check lapaknya di kaskus sini). Tidak banyak yang tahu tentang si Karion ini mengingat si penjual bukanlah pabrikan besar/ATPM yang didukung jaringan 3Snya.

Seperti apa bentuk si Hyosung RT 125 ini dan perbandingannya terhadap produk Jepang Yamaha TW225 dan Suzuki Vanvan 200 bisa masbro liat penampakan visualnya pada gambar berikut

sumber gambar metropolismotorcycles.com dan motorbikespecs.net

Bentuk dan Ukuran Ban Yang Nyeleneh

Salah satu perbedaan kentara yang membedakan Hyosung Karion dengan model motor sport lain adalah ukuran ban yang tidak lazim. Umumnya motor sport di indonesia memakai ukuran 17 inch baik depan maupun belakang. Hyosung Karion menggunakan ban 130/80-18 (cara baca: lebar tapak 130mm, tinggi ban dari ujung velg hingga ujung terluar ban 80mm, ukuran velg 18 inch, CMIIW) dan ban belakang 180/80-14, bener2 gede bukan:mrgreen:

Bagi yang setiap hari melalui jalanan berlubang atau jalan perkampungan yang memprihatinkan si Karion kayaknya cocok deh. pemilihan ban dengan kembang yang dalam khas motor garuk tanah disinyalir juga enak diajak melahap jalanan tanah untuk adventure ringan. Meskipun dari segi design tidak mencerminkan sama sekali motor trail tapi penggunaan ban pada karion memungkinkan motor ini disebut motor dual purpose. IMHO:mrgreen:

Model Klasik Retro yang Timeless

Dari sisi design Motor sejenis RT 125 Karion ini berbau retro dengan unsur dual purpose. Body beraroma retro dikawinkan dengan konsep dual purpose lewat penggunaan ban berbau trail nan gambot menjadikan si Karion motor yang unik. Seandainya ada pabrikan Jepang memperkenalkannya di mari, misalnya Yamaha TW225 sepertinya akan melahirkan aliran roda dua baru,,, Akang yakin akan hal ini lho, lha wong teman Akang yang suka roda dua setelah melihat penampakan TW225 langsung biasanya memberikan apresiasi positif…

Gaya retro + dual purpose light adventure (gambar: motocasion.com)

Berdasarkan info yang Akang baca di forum kaskus, part si Karion ini tidak terlalu sulit karena bisa kanibal dengan produk pabrikan Jepang:mrgreen: Bagi orang yang ingin tampil beda tapi sederhana si Hyosung RT 125 Karion ini Akang rekomendasikan banget deh… terus terang Akang saja naksir nih. Harga motornya sendiri hanya 13 jt tapi masih belum dilengkapi surat-surat resmi. Agar bisa mengaspal silakan tambah 3.5 juta untuk mengurus surat2 resminya😉

bagi yang berminat silakan kunjungi lapaknya di kaskus link 1 dan link 2

Spesifikasi Hyosung RT 125 Karion

Model : Hyosung RT 125 Karion
Year : 2007
Category : Allround

Engine and transmission
Displacement : 124.00 ccm (7.57 cubic inches)
Engine type : Single cylinder, four-stroke
Power : 11.93 HP (8.7 kW)) @ 10000 RPM
Torque : 9.37 Nm (1.0 kgf-m or 6.9 ft.lbs) @ 6500 RPM
Top speed : 101.0 km/h (62.8 mph)
Compression : 9.9:1
Bore x stroke : 57.0 x 48.8 mm (2.2 x 1.9 inches)
Valves per cylinder : 4
Ignition : Electronic
Cooling system : Air
Gearbox : 5-speed

Chassis, suspension, brakes and wheels
Frame type : Steel
Front suspension : Telescopic
Front suspension travel : 160 mm (6.3 inches)
Rear suspension : Swing-arm, adjustable
Front tyre dimensions : 130/80-18
Rear tyre dimensions : 180/80-14
Front brakes : Single disc
Front brakes diameter : 275 mm (10.8 inches)
Rear brakes : Expanding brake (drum brake)
Rear brakes diameter : 130 mm (5.1 inches)

Physical measures and capacities
Dry weight : 135.0 kg (297.6 pounds)
Power/weight ratio : 0.0884 HP/kg
Seat height : 790 mm (31.1 inches) If adjustable, lowest
setting.
Fuel capacity : 9.00 litres (2.38 gallons)
Other specifications
Starter : Electric & kick
Color options : Yellow, Red, Blue

23 responses to “Hyosung RT 125 Karion Alternatif Hobi Roda Dua Motor Unik

  1. asli, ane juga naksirrr! co2k buat kelokasi… tapi 3snya gimana bro kira2?

    • 3S??? namanya juga importir umum, pastinya 3S gak terjamin. Tapi katanya mesin dan jeroannya bisa kanibal dengan produk Jepang.. kalau ada motor cadangan seandainya si Karion `ngadat` boleh lah😀

  2. @yang punya warung——itu dia maksudnya, substitusi partnya bisa pake motor laen apa nggak…..🙂 powernya lumayan untuk kelas 125…

    • Ini salah satu statement di kaskus
      Originally Posted by jempoljempol View Post
      `Waktu itu motor bokapnya cewe ane karion RT udh di bongkar abis2an buat gonta ganti spareparts dan ternyata semua spare parts motor jepang bisa dipake gan di hyosung,dri piston,karbu..
      Jd tenang aja gan kalo misalkan motornya kenapa2,mau di service dibengkel motor mana aja bisa gan,dan hyosung msh punya bengkel resminya di pasar minggu deh gan..
      Tapi kalo karion RT yg ga bisa diambil / kanibal dri motor2 lain cuma ban belakangnya gan…cuma itu dnk…`

  3. wah, berarti layak dipertimbangkan……… mantap ni buat merabas jungle… ban super lebar pula!

  4. keren nih buat koleksi sekaligus naik turun gunung..

  5. harganya selangit😀

  6. kyknya dlu pernah ngaspal dimari nih

  7. mirip tw kang…
    Asik juga ney…

  8. Untuk Kang Wenda, ini barang sebenarnya Di Import PT Solomo Motor Nasional, yang dulu pernah main TIMOR😀, jadi quality berdasar pengalaman saya mah lumayan lah buat motor seharga offtheroad 13 JUTA ini.
    Kebetulan saya salah seorang anggota komunitas motor inim so kalo ada apa bisa kontak saya di 0856-86-44514, konsultasi hayoo, nongkrong hayoooo😀 nuwun

    • Mas Alwi, saya juga barusan pakai karion, sudah 4 bulan ini, dan kayake satu2nya di surabaya, mohon referensi bengkel di surabaya kalo ada, matur nuwun. sama ijin simpan nomornya di contact list

    • yohanes kristianto

      Bank alwi… kalo mau beli karion dimana ya dealernya ? untuk onderdil motor susah ngak ya. mohon bantuan infonya

  9. saya baru tau kalo warna kuning sama merah and birumbeda tipe mesin ya..DOHC dan SOHC, saya baru mau ngangkat bang, tapi kaloboleh sharing, kemana ya bisa nemuin komunitas karion? biar tau troubleshootnya aja. abis motor jepang di incerin maling mulu. ampe ilang 3x. hehehe

  10. patut di ingetkan ngak semua part mesin bisa kanibal punya motor jepang, beberapa masalah yang di timbulkan karion, lari berat, ngak boleh lompat/keceblos seperti itulah akibatnya las lasan shock ke arm mudah jebol, saya sarankan ambil tipe trail aja, namun tangki fiber mudah retak rawan bocor (terutama leher tutup dan keran tangki bensin). duit ngak bohong , ngak ada motor yang 100% bagus & memuaskan kecuali jadi pajangan, pasti ada resikonya.

  11. Kang kalo mau bli hyosung barunya kemana y..? Ada ga yg skarang cc 250

  12. klo mau beli barunya kemana yaa

  13. klo KARION saya perah lihat di jalanan. Klo Yamaha TW saya pernah pake tapi yg 125. tenaga nya OK juga… ITU emnk utk kendaraan di Pasir. sekarang saya lagi cari info tentang Suzuki van-van nya.. ada yg bisa Bantu gan..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s