Usia Para Rider Jepang dan Hubungannya Dengan Model Motor Terlaris 2011

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya… mungkin peribahasa itulah yang tepat menggambarkan perbedaan para rider tanah air dan para rider negeri sakura dilihat dari segi usia. Berdasarkan info yang Akang dapatkan dari hasil riset ducati Magazines Jepang, para rider negeri sakura menurut survey pd 2007  ternyata didominasi para rider usia di atas 40 tahun sebanyak 65% lho (40-49th 21% sedangkan yang 50 tahun ke atas 44%)… Wowww sungguh kontras karena kebanyakan rider di kita sepertinya kebanyakan masih dalam rentang 20 dan 30tahunan (entahlah gak punya data:mrgreen: )

Rider Jepang pada tahun 2007 didominasi usia 40 tahun ke atas 65% dan kecendrungannya terus meningkat

Hal ini disebabkan berkurangnya minat anak muda terhadap dunia roda dua. Jelas terlihat dari penurunan jumlah rider muda seperti yang bisa masbro lihat dalam statistik di atas. Hal ini diperparah dengan berkurangnya `first buyer` seperti yang pernah Akang jelaskan di artikel `Era Kepemilikan Motor Kedua` dimana para pembeli motor di Jepang berdasarkan data 2007 didominasi oleh rider yang naik kelas sebanyak 55%  dan hanya 18% saja yang merupakan `first buyer`.

Konsumen didominasi pembeli `rider naik kelas`

Hubungan Usia Rider dan Model Sepeda Motor yang Paling Laris

Ada yang masih ingat Kotaro Minami (Tetsuo Kurata) pemeran utama Kamen Rider Back (Ksatria Baja Hitam) yang ketika di film masih berusia 18 tahunan menunggang Suzuki GSX-R250? Masih belum ingat??? terlalu,,, nih kasih liat photonya..

Kotaro Minami dan Suzuki GSX-R250, Kiri (tahun 2011) Kanan (1987)

Seandainya dulu pada usia 18 tahun menunggang motor 250cc dan di 2011 ini mau upgrade tunggangan ke kategori naked moge bakal milih manakah dari 2 model berikut? Terlepas dari besarnya kapasitas mesn (cc) dua model berikut mewakili dua jenis konsep design, yaitu modern (FZ1 dan Fazer) serta sport klasik (CB 1300 series)

Kira2 Kotaro Minami bakal milih mana? yang gaya modern atau klasik ya?

Jawabannya CB 1300-series… wkwkwk tanya kenapa….

Data penjualan tahun 2011 domestik Jepang menunjukan CB 1300 SB/SF menduduki rangking penjualan tertinggi kelas 400cc ke atas.  CB 1300 SB/SF dalam 2011 ini terjual 3,382 unit, sementara FZ1/Fazer hanya terjual 350 unit… contrast bukan:mrgreen: Akang yakin kalau rider di Indonesia akan lebih cenderung milih FZ1/Fazer ketimbang CB 1300 SB/SF karena faktor usia pembeli (rider) tanah air yang relatif lebih muda ketimbang rider Jepang. Ada faktor2 lain juga tentunya yang mempengaruhi penjualan terutama dari habit, dan kebiasaan orang Jepang… tapi gak usah dibahas deh,,, cukup yang ringan2 aja dicukupkan segini 【Akang】

Yang berhubungan dengan JDM 2011:

1. TOP 10 Motor 250cc Jepang 2011
2. Harley Davidson menjajah Jepang
3. Yamaha WR250-series terlalu kuat untuk Kawaasaki Dtracker/KLX250

34 responses to “Usia Para Rider Jepang dan Hubungannya Dengan Model Motor Terlaris 2011

  1. ra ndue duwet ra milih waeee…
    wkwkwkkk….

  2. tukang underestimate

    sip…bisa buat bahan skripsi nih..xixixi

  3. beda lah om /

    om wenda di jepang ga bisa beli tapi bisa liat tu motor
    inyong di ina ga bisa beli juga ga bisa liat..

  4. hahaha gitu ya om..

    beli shock depan ame swing arm + buritan nya aja trus bawa pulang ke ina trus pasang di byson kalo jadi beli…xixixiii

    di jamiiin jadi beda bysonnyaaaa…
    *makin kenceeeng

  5. hmmm ya udin si kebo ga sah di modif dr pd entar di curi sok depannya pas di parkir dijalan indo…. 😀

    mas bro wenda gue mo request nee…(kalo boleeeh)

    sebenernya di negeri sakura situ Miyabi naik motor apa?
    seandainya matic merknya apa?
    retro apa modern? xixiiiiiiiii
    penasaran gue om me kesehariaann dia….
    ada nggak spyshoot Miyabi naik motor di jalan negeri sakura…

    he heee
    buatin corat coretnye yeee hiihiiii
    coz gue pusiiing baca tulisan mas bro wenda itung sana itung sini mulu..

    #kabuuuuuuuuuuuur

    nb: yg di tulis motor nya Miyabi bukan orangnya om..☺

  6. salam hangat kang wendakalubis

    justmyimage
    waaah..ni artikel request dri komentator yg minta akang bt artikel ringan2 wae..:mrgreen:

  7. nah kek gini nih yang asyik, nggak mumet🙂
    anak muda japan lebih suka mobil, sebenarnya Indonesia juga, cuma belum bisa beli ajaaa kali yaaa, ide bagus tuh buat di survei…..

  8. ,,motor mahal..yg naik ganteng

    cucok deh boooo

  9. bahagianya yg jadi kotaro minami.. memang moge2 jepang klasik pling populer. smpt dikomikan jg..

  10. Nice article Mas Bro,
    Coba survey biker Ducati dan Harley Davidson, Imho, kayaknya angka bakal hampir sama dengan di negri Nihon😀

  11. di mari mah orang tua gakmau ngalah ama anak muda…udah bau tanah ada lo yg naeknya Satria Fu..suka kentjang keknya😀

  12. sedih gue, motor idamanku cuma laku 300-an.hiks3x..

  13. wow yg ber umur malah naek moge…
    Kalo fz ato cb 13…
    Fz kalo gak salah itu make mesin r1 generasi pertama ya kang??

  14. brarti gk ada alay yg naik motor di jepang

  15. wkwkwk……ada2 aja, biasanya jaman sekarang yg tua juga gk mau kalah ama yg muda mudi…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s