Nasib Bebek di Jepang

Berbeda dengan di Indonesia dimana motor bebek merupakan motor primadona pilihan masyarakat dengan market share mencapai 42,13%,,, di Jepang tempat 4-samurai bermarkas (Honda Yamaha Suzuki Kawasaki), si bebek bernasib sangat tragis lho… Apabila di Indonesia kita mengenal bebek sport macam Jupiter MX, atau bebek stylish Honda Blade, bebek elegan Supra X dan semacamnya, di Jepang si bebek tidak lebih dari motor `kuli` dimana keberadaannya hanya untuk dipekerjakan semata (halah lebaay:mrgreen: )

Bebek Honda Super Cub 110 Pro dipake nganter2 bir

Akang sebut sebagai motor `kuli` karena memang diperuntukan sebagai alat bantu kerja untuk ngangkut barang2 yang ringan, misalnya koran, bir/sake, belanjaan dll. Motor ini dikhususkan hanya sebagai motor dalam kota dengan kapasitas mesin di bawah 125cc. Saat ini terdapat dua tipe motor bebek dilihat dari kapasitas mesin yaitu motor bebek 50cc dan 110cc.

Sekarang ini hanya Suzuki dan Honda yang masih menjual motor bebek lho, suzuki dengan Birdie 50 dan Honda dengan Super Cub 50 dan Super Cub Pro 110… Kadang Akang melihat bebek 50cc Yamaha Mate berkeliaran dipakai Nenek-nenek belanja kebutuhan sehari2 ke swalayan, tapi setelah di check di website Yamaha ternyata tipe bebek ini sudah tidak dijual lagi…

Berikut Akang tampilin profil dua bebek 50cc Honda dan Suzuki. Untuk Honda Cub Pro 110 sengaja gak Akang tampilin karena secara spesifikasi gak terlalu beda dengan Honda Absolute Revo dan Vega ZR yang ada di Indonesia namun dengan sistem Fuel Injection dan garis body yang sama dengan Super Cub 50…

1. Suzuki Birdie 50

Secara khusus Suzuki mempersembahkan nih bebek hanya untuk bekerja. Jelas terlihat dari varian2nya yang `angkut2an oriented`:mrgreen: tanpa ada varian buat gaya2an.. Secara umum ada 3 model,, standard (spoke wheel), tipe angkut2an CW, dan tipe angkut2an koran CW. Yang menarik adalah bebek yang berdasarkan regulasi jepang tidak boleh dikendarai melebihi 35km/jam ini sudah menggunakan suplay bahan bakar Fuel Injection lho!!! Dari segi gas buang jelas bebek di negara kita ketinggalan satu langkah dibandingkan bebek pekerja negeri sakura (kecuali bebek goreng supra injeksi ya…:mrgreen: )

Harga jual ketiga jenis bebek suzuki ini 204,750 yen atau sekitar rp 22.5jt untuk tipe standard (untuk rate 1yen=rp 110), 215,250 yen/rp 23.7jt untuk tipe cw angkut2an, dan 221,550 yen/rp 24.4 jt untuk tipe cw angkut2an koran. Ternyata jauh lebih mahal dibandingkan bebek lokal Indonesia:mrgreen: Spek lainnya sbb:
・Mesin         : 49cc, 4tak, pendingin udara, sohc 2-valve, Fuel Injection.
・Power/Torsi: 3.4PS @7,000rpm/3.6N.m @5,000rpm
・Starter : Kick starter (+ electric starter untuk tipe standard)
・Kapasitas tanki: 4.5 liter
・Transmisi    : 3 perceptan
・Berat kosong : 73kg (st), 78kg (cw angkut2an), 84kg (cw angkut koran)
・Konsumsi bbm   : 107km/liter pada kec. 30km/jam
・Ukuran ban    : depan belakang 14 inch…

2. Honda Super Cub 50

Berbeda dengan Suzuki yang mengkhususkan bebeknya sebagai pekerja angkut, selain varian angkut2an Honda melengkapi variannya dengan bebek stylish versi deluxe standard dan varian retr0 little cub lho, dengan ukuran ban 14inch, sementara yang standard menggunakan ukuran 17inch,,, udah jadul dipoles retro,, jadinya gimana ya:mrgreen:

Kalau Akang perhatiin di sekeliling apartmen little cub biasanya dipakai Nenek-nenek untuk belanja ke swalayan karena tinggi jok yang relatif rendah bisa dengan mudah dinaikin nenek/kakek2 yang sudah bungkuk sekalipun, sedangkan yang tipe biasa dengan ukuran ban 17inch biasanya dipakai oleh tukang antar koran dan pak/ibu pos pengantar surat (biasanya nenek2 atau kakek2 juga sih:mrgreen: )

Dari segi harga little cub 210,000 yen/rp 23.1jt, little cub + keranjang 231,000 yen/rp 25.4jt. Untuk versi standard 204,750 yen/rp 22.5jt dan untuk full keranjang 225,000 yen/rp 24.7jt.. Spek lainnya sbb:
・Mesin         : 49cc, 4tak, pendingin udara, sohc 2-valve, Fuel Injection.
・Power/Torsi: 3.4PS @7,000rpm/3.8N.m @5,000rpm
・Starter : Kick starter (+ electric starter untuk tipe custom)
・Kapasitas tanki: 3.4 liter
・Transmisi    : 3 perceptan
・Berat kosong : 79kg (little cub), 75kg (st), 83kg (full keranjang)
・Konsumsi bbm   : 113km/liter pada kec. 30km/jam
・Ukuran ban    : little cub depan belakang 14 inch, super cub 17 inch…

Menurut Akang sih selama ada bisnis antar koran dan surat pos si bebek ini bakalan tetap jadi bagian peradaban negeri sakura :mrgreen:  Terlebih lagi bebek 3-transmisi ini jadi favorit nenek2 dan kakek2 di kota2 kecil lho! Motor matic memang praktis, tapi bagi lansia dimana kontrol gerak tubuh sudah mengalami degradasi motor matic justru berbahaya, setelah distarter aja apabila gas dipuntir terlalu banyak bisa seruntulan tuh matic. Bebek 50cc yang memiliki tingkatan percepatan sepertinya kendaraan yang relatif lebih aman mencegah lansia seruntulan:mrgreen: … 【Akang】

 

23 responses to “Nasib Bebek di Jepang

  1. jadi disana malah jadi motor yg perlu di lestarikan 🙄 kebalik ya??

  2. bagus model nya.tapi harga nya kok mahal ya?

  3. kalo disini bebek jadi tunggangan kesayangan😀 bagi yg berdompet cekak

  4. bebek…
    di negara asalnya malah cuma segelintir ya kang…

  5. nasib mu bek bek…….:mrgreen:

  6. Klo nonton dorama2 jepang, motor2 bebek jenis ini sering terlihat disamping skuter modern.

    benar2 buat kerja aj dan lansia..

  7. kalo gak salah ada paketan buat bikin kentjang kan??..bisa DOHC dan L twin lo..kalo gak salah dari KAWAHARA om😀

  8. Birdie 50 kayaknya punya basis kayak Shogun:mrgreen:

  9. Pingin liat nenek japan naik mtr bebek speak MP3.WAHAHA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s