Daily Archives: January 20, 2012

Harley Davidson Menjajah Jepang (JDM 2011)

Kali ini Akang ingin berbagi cerita tentang kisah pengembaraan Harley Davidson (HD) di Negeri Sakura selama tahun 2011 yang lalu,,, sekalian berbagi cerita tentang keadaan market Sepeda Motor di Negeri jepang. Pada artikel tentang Top Ten moge JDM 2011 bisa dilihat bahwa Harley Davidson bisa menembus rangking 10 besar melalui wakilnya HD Sportster 48 yang duduk di peringkat enam dengan jumlah penjualan menembus 1,230 unit… Tapi ternyata bukan hanya itu saja lho prestasi pabrikan motor Amrik ini, dari segi penjualan HD sudah melampaui Yamaha, Kawasaki dan Suzuki… Bahkan terpaut tidak terlalu jauh dari pimpinan klasemen Honda lho…

Harley Davidson Sportster 48

1. Japanese Domestic Market 2011

Berdasarkan informasi di majalah nirinsha sinbun yang Akang baca di kantor, total penjualan motor moge 251cc ke atas selama 2011 kemarin sebanyak 53,009 unit.. turun dibandingkan tahun 201o yang mencapai 58,108 unit. Dari 4 nama pabrikan domestik yang detail penjualannya ditampilkan di koran tersebut, hampir semua pabrikan mengalami penurunan kecuali Kawasaki yang justru mengalami kenaikan penjualan 30.5%… Lebih lengkapnya biarlah grafik yang berbicara 😉

Data Penjualan 250cc ke atas Japanese Domestic Market 2011 dan 2010

Bagi yang sulit membayangkan dengan angka2 di atas,,, Akang buatin nih grafiknya biar gampang dimengerti,,, keliatan kan perbandingannya :mrgreen:

Grafik Data Penjualan JDM 2011-2010

Akang gak mau banyak bicara nih,, dah pada ngerti lah,,,, Jagoan Akang pabrikan Yamaha kalah telak nih,, hikksss…

2. Posisi Pabrikan Non-Jepang di JDM 2011

Semua detail penjualan yang dicantumkan di nirinsha sinbun hanyalah empat pabrikan Jepang yaitu Honda, Yamaha, Suzuki dan kawasaki sementara pabrikan luar Jepang tidak disebutkan secara rinci, korannya pun Akang gak sempet baca, maklum kerja di Jepang gak kaya di Endonesia tercinta dimana kalau ada waktu senggang bisa baca koran,,, di sini mah orang gak ada kerja juga pada pura-pura sibuk,, malu banget kalau diliatin orang gak ada kerjaan :mrgreen: Oleh karena itu karena penasaran Akang cari referensi penjualan2 motor non-Jepang selama 2011, dan akhirnya Akang dapatkan dari situs Japan Automobile Importer Asociation (JAIA)… Berikut datanya…

Penjualan pabrikan non-Jepang JDM 2011

dan ternyata,, Jreeeeeeeeeeeng…. Terlihat Harley Davidson mantap di posisi pertama penjualan pabrikan non-Jepang masbro! Share sebanyak 59.6% dengan total 11,002 unit terjual selama 2011. bila angka itu Akang bandingkan dengan penjualan kuda besi empat samurai Jepang terlihat bahwa HD nongkrong di urutan ke-2 hanya kalah dari Honda saja yang berhasil melego 11.890 unit sepeda motornya… hanya selisih 888 unit saja (wah angka cantik,, triple eight :mrgreen:)

Terlihat ada sedikit perbedaan data dimana di nirinsha sinbun disebutkan data pabrikan di luar Honda Kawasaki Yamaha dan Suzuki berjumlah 19,173 unit tapi yang Akang dapat dari JAIA hanya 18,466 unit,,, gak tahu ah,, males neliti lebih lanjut..

Akang coba kombinasikan data nirinsha sinbun dan JAIA dan diperoleh pembagian market JDM 2011 sbb,,,

Harley Davidson Posisi ke-2 setelah Honda,,, wowww!!!

Dengan Motor Cruisernya HD berhasil menduduki posisi runner-up JDM masbro,,, terus terang Akang terkejut banget… ternyata di negara asalnya sendiri tiga dari empat samurai roda-dua bertekuk lutut dihadapan Harley Davidson… Apakah ini ada kaitannya dengan tingkat usia rider di Jepang yang didominasi rider berusia lebih dari 40tahun yang sampai 65%, apa ada hubungannya dengan selera orang Jepang yang menyukai motor beraroma klasik/retro,,, atau bahkan ada hubungannya dengan budaya di Jepang akhir2 ini dimana hal-hal yang berbau Amerika sangat digemari,,, entahlah  【Akang】

Advertisements