Kredit Harley Davidson cuma Rp. 440 ribu perbulan lho!

Motor Harley Davidson Sportster 883L Superlow keluaran terbaru 2012 bisa dikredit 440 ribu rupiah perbulan lho… Tapi bukan di Indonesia ya,,, melainkan di Jepang, Negeri yang sudah `gemah ripah loh jinawi` dimana warga yang kerjaannya -maaf-  cuma pelayan toko pun bisa memiliki moge Harley Davidson.

Harley Davidson xl883l superlow, di Jepang dikredit Rp 440 ribu/bulan

Harley Davidson mahal? kalau hal itu mah anak TK juga tahu :mrgreen: apalagi di Indonesia dengan adanya pajak barang mewah terhadap motor yang berkapasitas lebih dari 250cc menjadikan harga moge american style ini hampir 2x kali lipat dibanding harga di negara lain.. Tapi di Jepang hal itu nggak menjadikan Harley Davidson cuma bisa dimiliki orang2 berkantung tebal saja, pajak yang murah dan bunga kredit yang rendah menjadikan warga yang pendapatannya biasa saja pun bisa memiliki tunggangan mewah sekelas HD.

HD Jepang menjual Sportster XL 883L Superlow mulai dari 948,000 yen kalau dirupiahkan menjadi Rp 100.4 jt (kurs 1 yen = Rp 110) sedangkan harga produk yang sama di Indonesia adalah Rp 212 juta lho… Harga tersebut bisa dicicil sampai 150 bulan (12 tahun) dengan cicilan perbulannya 4,000 yen atau Rp 440 ribu,,, lumayan murah tapi lamaaaaa,, dah kaya kredit rumah aja tuh :mrgreen: Untuk model Sportster XL 1200X Forty-Eight yang menjadi model paling laris HD di Jepang 2011 lalu ditawarkan seharga 250.5 jt (di Indonesia 259jt 👿 ) bisa dicicil 150x dengan cicilan 5,000 yen atau Rp 550 ribu…

Harley Davidson Sportster XL1200X 48, Di Jepang dicicil 550ribu/bulan

Murah sih ya,, tapi masa ampe 150 bulan (12 tahun) apa gak bosen tuh? Kalau di Indonesia 12 tahun dan bisa ganti 3-4 motor tuh (dengan kredit tentunya :mrgreen: ) Untuk hal ini Akang cuma mau bilang kalau budaya berkendara dan karakter orang2 Jepang berbeda 180 derajat dibanding rider di Indonesia. Apabila di Indonesia motor sebagai kendaraan utama maka di Jepang motor sebatas hobi semata (kecuali scooter atau bebek ya..).

Karakter orang Jepang yang menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur dan budaya masa lalu, sejauh pengamatan Akang bukan tipe orang yang mudah bosan berbeda halnya dengan orang Indonesia.. Kebanyakan orang Indonesia motor hanya dimiliki 5-6 tahun saja, tapi kebanyakan orang Jepang memiliki motor dalam periode belasan tahun bahkan sampai jadi rongsokan lho! Orang Indonesia menganggap model lama adalah ketinggalan zaman dan lebih memilih model yang lebih fresh dan modern, tapi hal ini tidak berlaku bagi orang Jepang. Dengan mudah contoh ini bisa kita lihat dari tidak lakunya varian Thunder 125, digantikannya Megapro dengan New Megapro yang lebih stylish dan anggapan Tiger yang selalu dibilang model jadul harus segera diupdate, hal ini tidak berlaku di Jepang dimana model motor berbau klasik dengan shock yang masih stereo seperti CB400 dan CB 11000 masih digandrungi bahkan jadi top sales di JDM 2011. Makanya tidak aneh kalau HD berani memberikan fasilitas kredit sampai 150 bulan 😉 moreover Harley Davidson is timeless…

Bunga kredit yang hanya 3.9% pertahun menjadi kunci utama murahnya cicilan moge HD bandingkan dengan bunga kredit di Indonesia,,, Akang ampe males ngitungnya saking tinginya 👿 Dengan cicilan 4000 yen perbulan (Rp 440 ribu) menurut Akang bagi orang jepang nominal yang tidak berarti lho. Nih Akang ilustrasiin sebagai pembanding: makan di warteg paling murah atau beli makanan kotak di warung sekelas hypermart satu porsi tuh 400 yen, jadi 4000 yen itu tak lebih dari 10x jatah makan di warteg Jepang… Seandainya di Indonesia (misalnya di Jakarta) makan di warteg seharga 12 ribu, maka bebannya bila diilustrasikan bagi orang kita cicilan HD tuh seharga 120 ribu rupiah ( 10x jatah makan warteg) ..

Tingginya pajak barang mewah, tingginya bunga kredit, dan faktor rendahnya pendapatan masyarakat menjadikan HD hanya sekedar cita-cita saja buat masyarakat Indonesia ekonomi kelas menengah seperti Akang. 【Akang】

54 responses to “Kredit Harley Davidson cuma Rp. 440 ribu perbulan lho!

  1. Indonesia gitu loh, barang mahal segimana juga ada yang bisa beli, tapi ane mah cuma bisa ngiler :x.
    Kalo tanah gimana di jepang? mahal sekali? katanya orang jepang belum bisa disebut kaya kalo belum punya tanah walaupun sudah punya mobil.

  2. alamak, gilaaaaaaaa………. sungguh iri ane sama orang jepang, kalau kek gitu ceritanya, ane kredit dua biji deh HDnya, 12 tahun lagi HD masih tetap okeeeeeeeeee :mrgreen:

  3. Mentalitas yg jauh berbeda dengan orang Indo.. Nais artikel bro.. 🙂

  4. Satu lagi bukti harga di Indonesia adalah overprice 😡
    akang minta jatah makan warteg doonk :shy:

  5. negara kita indonesia loh ini,,
    negara bekas jajahan belanda 3.5 abad

    kan pajaknya masih pake pajak belanda

  6. 4000yen sebulan setara bayar adsl ntt docomo…
    jd inget nabung saldo pdhl 1jt keatas tp dikasih bunga cuman 1yen,emg jpn negara tanpa riba

  7. Mantap Artikel bagus kang..
    Retro never dies hehee..
    Jadi pngen stay di jap bsa kredit hd 48 n blackline anyway klo manufacture yg lain bisa di kredit juga ga kang?

    • Semua bisa masbro,,, berapa lama jangka waktunya Akang tidak tahu..
      Tapi yang bikin terkejut Akang ya si HD ini,, di websitenya ngasih kredit 150 bulan :mrgreen:

  8. disini 440rb itu kredit bebek hahahaha

  9. wah pengen deh..jadi ilearan liat motor ini he3x..

    nice info gan!

  10. emang tinggal dinegara maju semua mudah aman&nyaman,mjdi buruh biasa aja 2thn bisa beli kendaraan motor&mobil,smua jenis elektronik bs kebeli dngn mudah,tpi yg kadang bikin bosan&jenuh adalh rutinitas krj setiap hr dngn jam krj yg ckup lama,badan capek atau agk sakit masih tetep krj g’ peduli cuaca panas atau dingin minus sekalipun.orang jepang korsel bs maju krn smangat krjnya sangat2 luar biasa,orang kita belum bs sperti mereka

  11. selamat sore ,
    Warms greeting,,,,,,,, mohon dibantu ya informasi untuk bawa-kirim ke indonesia mobil-motor bekas/rongsokan mewah/favorite dari jepang,,.
    terimaksih
    regards

    dwieka ali – from bandung, westjava(jawabarat) indonesia
    mobile hp : 081-21-4142-986 (telkomsel)
    email addres : dewantabandung.eo@gmail.com ( or )
    eo.abadi183@gmail.com

  12. BANGSA KITA CUMA BISA KOMEN DOANG

    Kita orang bisanya cuma bisa komen doang, mana produk bangsa kita sendiri ?

  13. banyak omong lo katro

  14. Akhirnya di (Jakarta) yg beli HD “baru” nunggu dulu sampe jadi “org kaya”, perut udah buncit, mata udah rabun, anak segambreng, naik harley punggung encok, ketemu perek pas riding, istri anak ditinggalin. hahaha. klasik. Emg cocok kalo ada “maling2 HD” di sini, bukan buat dijual tapi buat dipake dan tunjukin ke tu orang2 “gendut”, gimana cara ride HD yg pake “soul”, bukan pake Rupiah. Untuk ngejawab beberapa komen di atas soal motor lokal, kalo mau bikin motor merk lokal, setidaknya designnya jgn lebih jelek dari mocin yah, malu2in (yg jago design motor dan pd kerja di luar negeri tarik2in lah, kasi gaji yg layak). hahaha. overall, NICE ARTICLE BRO! eye opener! Benerin dulu “taste” kita, baru kita bisa ky org Jepang, (pantes dulu kita disiksa sm org Jepang jaman dulu ya, kelakuannya norak barangkali)

  15. “HD Jepang menjual Sportster XL 883L Superlow mulai dari 948,000 yen kalau dirupiahkan menjadi Rp 100.4 jt (kurs 1 yen = Rp 110) sedangkan harga produk yang sama di Indonesia adalah Rp 212 juta lho… Harga tersebut bisa dicicil sampai 150 bulan (12 tahun) dengan cicilan perbulannya 4,000 yen atau Rp 440 ribu,,”

    4,000 Yen kalo dikaliin 150 bulan cuma 600,000 Yen aja gan,
    gak nyampe 948,000 Yen,
    bener gak tuh infonye?????

  16. Apa sih yang mural di Indonesia ee aja bayar 2000

  17. serius nih..gak apa2 ampe 12 tahun yg pnting punya harley dan cuma 440 ribu doank ko…tapi kalo ada pekerjaan menetap gak masalah,perhitungannya gaji pasti naik trus, angsuran kan gak mungkin naik..kalo gak sanggup ya dibalikin aja gpp toh? yg penting punya harley…hehehehehe…

  18. rachmat ramdani

    mase ini serius? ane sih minat hehehe

  19. seriusan inii kang?

  20. tapi bisa kang, di oper ke indo?

  21. bsa minta contact person yg bsa di hubungi,,,sya berminat..

  22. kanganemaumesenharleynyayang550.000perbulannya.

  23. kangmaudongituhdsportersnyayangcicilan550ribuperbulannyaaneseriuskang.

  24. ngacooooo ..mendg kredit rumahhh paaaaa

  25. Bang,cara pesan motor gimana sih? Aku minat banget.

  26. Oalahhh dul, wong kita di indonesia ngopo km dongeng negri sakura ?,??

  27. Gmn cara membeli motor ini utk di indonesia ? Brp harganya?

  28. arian.mulyadi@gmail.com

    Saya juga cuma bisa ngiler kalo liat MOGE apalagi melihat yang idola alias type Sporster 883 .. nunggangin dalam mimpi aja kali ya …

  29. Mas..mas..wong kalo kasih info itu yah yg real fakta gitu lho..kalo kreditnya di jepang gak usah di heboh2 gitu toh mas..wong kita hidup di indonesia…segitu cuma bisa kredit honda beat mas..honda beat aja udh 500 lebih mas kreditnya..apalagi harley..bikin orang mimpi2 gila aja toh mas..wong kasih info yg masuk akal lah…

  30. Yaa elaaa bapake penyesatan berita dan info nih…orang kredit ac aja udah 700rb perbulan..gimana kredit harley..iya 440rb perbulan..tapi untuk 100tahun..sampe modar kita…bapake kalo kasih info yg berbobot atuh..kredit di jepang aja blon tentu segitu…masuk indonesia harga 300 persen..jadi kalo di starain sm di indonesia yaa modarr….jgn penyesatan gitu..wess have a nice life deh

  31. Mantab ,padahal saya arbaito sehari aja dah bisa dapat 9 000 yen ,,benar benar negara makmur ,

  32. Pingback: Kaos Harley Davidson Di Bandung - Kaos Wanita Murah

  33. Mimpi aja susah'

    Klo di Negara kita kredit HD’ dengan cicilan /bln-Nya segitu, bisa 7 (tujuh) turunan baru lunas!!! 😀

    • jk pengalamanku 1 thun hdup d jpn memang180° dgn d indonesia sistem perdagangan dubing yg d terapkan memang memungkinkan produk luar jpn lebih murah dr pd produk asli jpn .jdapapun varian prodak luar jpn pasti lebih murah d jual d jpn “pernah ku bertanya pd temanku yg slalu gonta ganti mobil hampir tiap taun saya sarankan uang itu d tabung untuk beli rumah atau tanah. lalu apa jawabnya? dgn tegas ia menjawab tidak! itu mustahil mengapa? karena terlalu mahal. jd lebih enak d indonesia donk

  34. Gue mikin motor gitu

  35. iya ya…..pingin punya hd, giliran bisa beli…ech sudah tidak bisa naikin lagi, dilarang dokter…sdh S3….hhehehe

  36. klau indonesia bisa cicilan segitu untuk klas HD….ENAK KALI

  37. Teman saya pun saat di Tokyo berkata : kami tidak butuh tanah/halaman rumah, karena itu di sediakan negara, taman2 nasional, kami hanya butuh kesenangan maksimal, mengenai tempat tingal kan bejibun rumah susun, kalau tua bisa di panti jompo Gratis. Jadi, serba enak lah. Kesenangan maksimum.

  38. Dalam rapat kabinet yg dipimpin oleh Menko EKUIN yg berlangsung selama kurang lebih 4 hari, akhirnya diputuskan bahwa dalam waktu dekat, Pemerintah akan menarik tabung gas elpiji kemasan 3 kg. Penarikan akan dilakukan dalam waktu sesegera mungkin, mengingat dampaknya yg langsung berhubungan dengan hajat hidup masyarakat. Dalam keputusan yg dituangkan dalam kepmen 2A/kepmen/lpg/2016 tersebut bahwa pemerintah akan mengganti seluruh tabung gas 3 kg yg berwarna hijau dengan beberapa warna alternatif, seperti kuning, kelabu, merah muda, dan biru. Alasannya adalah warna hijau sering kali meletus dan membuat hatiku sangat kacau, maka pemerintah menghimbau untuk tabung yg tersisa harap dipegang erat-erat… up serius banget bacanya… !!!

  39. Apakah Tuhan Benar-benar Ada? (3 Pertanyaan Yang Terjawab Dengan 1 Jawaban), Ada seorang pemuda yang lama sekolah di luar negeri, ia telah kembali ke tanah air, sesampainya di rumah ia meminta kepada orang tuanya untuk mencari seorang guru agama (ustadz)/siapapun yang bisa menjawab 3 pertanyaan darinya.

    Akhirnya orang tua pemuda itu mendapatkan orang tersebut.

    Pemuda :: (Dengan nada sombong pemuda itu bertanya) Anda siapa…?? Dan apakah bisa menjawab pertanyaan saya…??
    Ustadz :: Saya hanya hamba ALLAH & dengan izinnya saya akan menjawab pertanyaan Anda.

    Pemuda :: (Tetap dengan nada sombong) Anda yakin….?? Sedang profesor & banyak orang pintar saja tidak mampu menjawab pertanyaan saya.

    Ustadz :: Saya akan mencoba sejauh kemampuan saya…!!
    Pemuda :: Saya punya 3 buah pertanyaan…??

    1. Kalau memang TUHAN itu ada, tunjukkan wujud TUHAN kepada saya?

    2. Apakah yang dinamakan TAKDIR…??

    3. Kalau SETAN diciptakan dari api, kenapa dimasukan ke neraka yang dibuat dari api, tentu tidak menyakitkan buat setan, sebab mereka memiliki unsur yang sama? Apakah TUHAN tidak pernah berfikir sejauh itu?

    Tiba-tiba pemuka agama tersebut menampar pipi si pemuda dengan keras.

    (sambil menahan sakit) si Pemuda berkata ::

    Pemuda
    :: Kenapa…?? Anda marah kepada saya…??

    Ustadz :: Saya tidak marah…!!! Tamparan itu adalah jawaban saya atas 3 buah pertanyaan yang anda ajukan kepada saya…!!

    Pemuda :: Saya sungguh-sungguh tidak mengerti…??!!

    Ustadz :: Bagaimana rasanya tamparan saya…??!!

    Pemuda :: Tentu saja saya merasakan sakit…!!

    Ustadz :: Jadi Anda percaya bahwa sakit itu ada…?!!

    Pemuda :: Ya… Percaya…!!

    Ustadz :: Tunjukan pada saya wujud sakit itu…??!!

    Pemuda :: Saya tidak bisa…!!

    Ustadz :: Itulah jawaban pertanyaan pertama, kita semua merasakan keberadaan TUHAN tanpa mampu melihat wujudnya.

    Ustadz :: Apakah tadi malam anda bermimpi akan ditampar oleh saya..??!!

    Pemuda :: Tidak…!!

    Ustadz:: Apakah pernah terpikir oleh Anda akan menerima sebuah tamparan dari saya hari ini…??!!

    Pemuda :: Tidak…!!

    Ustadz :: Itulah yang dinamakan TAKDIR…!!

    Ustadz :: Terbuat dari apakah tangan yang saya gunakan untuk menampar anda…??!!

    Pemuda :: Kulit…!!

    Ustadz :: Terbuat dari apa pipi Anda…??!!

    Pemuda :: Kulit…!!

    Ustadz :: Bagaimana rasanya tamparan saya…??!!

    Pemuda :: Sakit…!!

    Ustadz :: Walaupun setan terbuat dari api dan neraka terbuat dari api, jika TUHAN berkehendak, maka neraka akan menjadi tempat menyakitkan bagi setan.

    MASIHKAH ANDA MERAGUKAN KEHADIRAN ‘TUHAN’ DALAM HARI-HARI ANDA ?

    Sampaikanlah kepada orang lain, maka ini akan menjadi Shadaqah Jariyah pada setiap orang yang Anda kirimkan pesan ini. Dan apabila kemudian dia mengamalkannya, maka kamu juga akan ikut mendapat pahalanya sampai hari kiamat… SUBHANALLAH…

  40. NOMOR KONTAK KABINET KERJA
    Presiden RI: Joko Widodo – 08122600960
    Wakil Presiden RI: M Jusuf Kalla – 0811155644
    Menteri Kabinet Kerja Jokowi – JK
    1. Menteri Sekretaris Negara: Praktino – 0811283002
    2. Menteri Perencanaan Pembangunan Negara/Kepala Bappenas: Andrinof Chaniago – 0811848554
    3. Menko Bidang Kemaritiman: Indroyono Soesilo –
    4. Menteri Perhubungan: Ignasius Jonan – 08172321111, 08112255880
    5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Susi Pudjiastuti – 0811211365
    6. Menteri Pariwisata: Arief Yahya –
    7. Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral: Sudirman Said – 08118890318
    8. Menko Bidang Polhukam: Tedjo Edy Purdijatno – 08123045014
    9. Menteri Dalam Negeri: Tjahjo Kumolo – 081510090000, 0811899899
    10. Menteri Luar Negeri: Retno Lestari Priansari Marsudi – 0817812586
    11. Menteri Pertahanan: Ryamizard Ryacudu – 08159718274
    12. Menteri Hukum dan HAM: Yasonna H Laoly – 0811888719
    13. Menteri Komunikasi dan Informatika: Rudiantara – 0818192021
    14. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Yuddy Chrisnandi – 0816796877
    15. Menko Bidang Perekonomian: Sofjan Djalil – 0811854482
    16. Menteri Keuangan: Bambang Brodjonegoro – 0816738254
    17. Menteri BUMN: Rini M Soemarno – 0816723690
    18. Menteri Koperasi dan UMKM: Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga –
    19. Menteri Perindustrian: M Saleh Husin – 0811900011
    20. Menteri Perdagangan: Rachmat Gobel – 08558881239
    21. Menteri Pertanian: Amran Sulaiman – 081524076477
    22. Menteri Ketenagakerjaan: Hanif Dhakiri – 08118409041
    23. Menteri PU dan Perumahan Rakyat: Basuki Hadi Muljono –
    24. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya – 08121116061
    25. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN: Ferry Mursyidan Baldan – 0811977172
    26. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Puan Maharani – 08161822778
    27. Menteri Agama: Lukman Hakim Saefuddin – 0818959469
    28. Menteri Kesehatan: Nila F Moeloek – 08161840948
    29. Menteri Sosial: Khofifah Indar Parawansa – 081319006998
    30. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Yohanan Yambise – 085354792679
    31. Menteri Kebudayaan dan Pedidikan Dasar dan Menengah: Anies Baswedan – 0811960520
    32. Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi: M. Nasir –
    33. Menteri Pemuda dan Olahraga: Imam Nahrawi – 0811194972
    34. Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Marwan Ja’far – 0811951713

  41. Fakta Ilmiah Dibalik Rahasia Sunnah Nabi, Sebagai umat Muslim sudah sepatutnyalah kita meneladani sunnah – sunnah baginda Nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wasallam dalam kehidupan sehari – hari. Definisi sunnah adalah segala perkataan, perbuatan, ketetapan maupun hal lainnya yang datangnya dari Nabi. Karena beliau merupakan suri tauladan yang sangat baik bagi umat manusia. Tahukah Anda, bila kita senantiasa menerapkan sunnah Nabi dalam kehidupan sehari – hari, Insya Allah akan memberikan dampak yang sangat baik bagi jasmani / kesehatan badan dan sekaligus rohani kita. Selain itu juga hidup menjadi lebih berkah dan Insya Allah mendapat syafaat dari Nabi di akhirat nanti. Aamiin… Langsung saja saya akan bahas satu persatu alasan ilmiah serta fakta – fakta menarik di balik sunnah-sunnah Nabi (dimulai dari bangun tidur sampai tidur kembali) yang membawa dampak positif bagi kehidupan umatnya yang senantiasa istiqomah tetap menjalankan sunnah – sunnah beliau:
    1. Bangun Pada Sepertiga Malam atau Sebelum Subuh
    • Salah satu hadits Rosululloh: Dalam sebuah hadits shahih Rosululloh bersabda : “umatku ini diberkati ketika bangun pagi – pagi.” (HR. Ath-Thabrani).
    • Alasan ilmiah dan manfaat bangun di waktu pagi hari :
    • a. Sangat baik untuk mengoptimalkan proses metabolisme tubuh karena udara pada saat itu sangat kaya akan oksigen dan belum terkontaminasi oleh zat – zat lain. Tentu saja hal ini akan memberikan pengaruh sangat besar terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh.
    b. Melancarkan peredaran darah.
    c. Membantu menurunkan kolesterol jahat.
    d. Membantu merangsang pembentukkan hormon serotonin dalam tubuh yang fungsinya menjaga keseimbangan mental dan suasana hati (mood) yang baik.
    e. Membantu pembentukkan sel darah baru.
    f. Tubuh lebih sehat dan bugar.
    • g. Kadar gas ozon (O3) yang terdapat pada udara di pagi hari mencapai titik tertinggi. Kadar gas ini akan berkurang secara perlahan hingga hilang sama sekali begitu matahari terbit. Gas ini sangat bermanfaat bagi organ – organ saraf, karena dapat mengaktifkan kerja otak dan otot tubuh secara optimal.

    2. Larangan Makan dan Minum Sambil Berdiri
    • Hadits Rosululloh : Nabi Sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Jangan kalian minum sambil berdiri! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan!” (HR. Muslim) Dari Anas dan Qatadah radhiallaahu ‘anhuma, dari Rosululloh sholallahu ‘alaihi wasallam : “Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri”. Qatadah berkata : “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab : “Itu lebih buruk lagi”. (HR. Muslim dan At Turmudzi) Dua hadits diatas telah menerangkan bahwa betapa pentingnya makan dan minum dalam keadaan tidak berdiri, selain sebagai bentuk etika sopan santun dalam makan dan minum, ternyata terdapat alasan ilmiah larangan makan dan minum sambil berdiri.
    • Alasan ilmiah larangan makan dan minum sambil berdiri : Tubuh manusia terdapat suatu jaringan penyaring (filter). Atau disebut juga sfringer, adalah struktur maskuler (berotot) yang dapat membuka (sehingga air kemih dapat lewat) dan menutup kembali. Ginjal memiliki “pos – pos” penyaringan. Saat Anda minum, air akan disalurkan menuju “pos – pos” tersebut. Sfringer ini akan terbuka pada saat Anda duduk, dan akan menutup saat Anda berdiri. Karena itu, air yang Anda minum pada saat posisi berdiri akan langsung masuk hingga ke kantong kemih tanpa melalui proses penyaringan. Yang berakibat pada pengendapan di saluran ureter, maka hal ini dapat memicu gangguan pada ginjal Anda. Maka sebaliknya, pada posisi duduk, sfringer akan terbuka dan memprosesnya lebih dulu sebelum disalurkan ke berbagai organ lainnya. Kemudian diolah lagi hingga air masuk ke kantong kemih.
    3. Anjuran Makan Dengan Menggunakan Tangan (Tanpa Sendok dan Garpu)
    • Salah satu hadits Rosululloh: Dari ‘Umar bin Abi Salamah radhiallahu ‘anhu dia berkata : Dulu aku adalah anak kecil yang berada di bawah pengasuhan Rosulluloh shallallahu ‘alaihi wasallam. Ketika makan, tanganku berpindah – pindah kesana kemari diatas piring. Maka beliau bersabda kepadaku :”Wahai nak, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang ada didekatmu.” (HR. Al-Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)
    • Alasan Ilmiah Makan Dengan Menggunakan Tangan (Tanpa Sendok dan Garpu) : Seperti dijelaskan Prof. Dr. Abdul Busith Muhammad As-Sayyid dalam buku “Inilah Makan Rosululloh Sholallahu ‘Alaihi Wasallam.” Sebagai berikut:
    “Fakta berikutnya, makan dengan menggunakan tangan ternyata bisa lebih sehat daripada makan dengan sendok. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tangan kita terdapat sebuah enzim, yaitu enzim RNase yang dapat menurunkan aktivitas bakteri – bakteri patogen yang terdapat pada tangan kita sewaktu kita makan. Ketika kita menyuap makanan dengan tangan, bakteri yang terdapat pada makanan dapat terikat enzim RNase yang dihasilkan oleh tangan kita. Jangan lupa untuk cuci tangan dulu sebelum makan tentunya.

    4. Larangan Meniup Makanan dan Minuman Yang Panas
    • Salah satu hadits Rosululloh: Sebagaimana dikatakan dalam hadits Ibnu Abbas menuturkan : “Bahwasanya Nabi Sholallahu ‘alaihi wasallam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya”. (HR. At Turmudzi)
    • Alasan ilmiah larangan meniup makanan dan minuman yang panas: Apabila kita meniup makanan atau minuman yang panas atau bahkan kita menghembuskan nafas ke dalam gelas pada saat kita minum, maka kita akan mengeluarkan karbondioksida (CO2) yang apabila bercampur dengan air (H2O), maka akan membentuk H2CO3 (sama dengan cuka), yang dapat merubah sifat air minuman menjadi senyawa asam karbonat (carbonic acid) yang bersifat asam. Ketika makanan atau minuman kita tiup, lalu karbondioksida dari mulut akan mengikat uap dari makanan / minuman dan akan menghasilkan asam karbonat yang akan mempengaruhi tingkat keasaman dalam darah kita sehingga akan menyebabkan darah menjadi lebih asam dari yang seharusnya, sehingga pH dalam darah menurun.
    5. Larangan Memakai Perhiasan Emas dan Sutera Bagi Pria
    • Salah satu hadits Rosululloh: Dari Abu Musa, Rosululloh sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Emas dan sutera dihalalkan bagi para wanita dari umatku, namun diharamkan bagi para pria.” (HR. An Nasa’i dan Ahmad)
    • Alasan ilmiah pria dilarang memakai perhiasan emas: Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa partikel atom yang terdapat pada emas mampu menembus ke dalam jaringan kulit dan terus akan masuk ke dalam darah manusia. Seandainya para pria mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan jangka waktu yang lama, maka akan memberikan dampak yaitu ; di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam prosentase yang melebihi batas (dikenal dengan istilah “migrasi emas”). Apabila hal ini terjadi, maka akan menimbulkan penyakit Alzheimer, yaitu ; suatu keadaan dimana orang tersebut kehilangan seluruh kemampuan mental dan fisik. Dan akan menjadikannya seperti anak kecil. Alzheimer bukanlah penuaan normal, melainkan penuaan paksaan atau terpaksa. Dan tahukah Anda mengapa Islam membolehkan wanita untuk mengenakan perhiasan emas? Karena perlu kita ketahui bersama bahwa wanita tidak menderita masalah ini, karena setiap bulan, partikel berbahaya tersebut akan keluar dari tubuh wanita melalui haid / menstruasi (datang bulan).
    6. Rutin Dalam Mencukur Bulu Kemaluan
    • Salah satu hadits Rosululloh: “Ada lima hal termasuk fitrah ; khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku dan memangkas kumis”. (HR. Bukhari dan Muslim)
    • Alasan ilmiah mencukur bulu kemaluan:
    • 1. Sehat Mencukur bulu kemaluan secara rutin dapat menghindari seseorang dari berbagai infeksi atau penyakit kulit.
    • 2. Terhindar dari bau Seseorang yang rutin mencukur bulu kemaluannya juga akan terhindar dari bau akibat dari bercampurnya keringat, bakteri dan panas.
    • 3. Meningkatkan sensitivitas saat bercinta, Mengutip dari Health Me Up , disekitar area selangkangan sangat sensitif terhadap sentuhan. Namun, bulu kemaluan yang tidak dicukur (dibiarkan panjang) dapat membatasi kontak langsung dengan kulit sensitif tersebut. Dengan mencukurnya, maka dapat membuat pasangan suami istri lebih mudah untuk saling memberi stimulasi di area tersebut.
    • 4. Terhindar dari kutu kelamin Kutu ini sering hidup pada area kemaluan manusia. Kutu ini hidup dan berkembang biak pada area yang berbulu lebat dan lembab. Lihat penjelasannya disini.

    • 7. Mencelupkan Lalat Yang Mampir ke Dalam Minuman
    • Hadits Rosululloh : Dari Abu Hurairah bahwasanya Rosululloh bersabda : “Apabila lalat jatuh di bejana salah satu diantara kalian maka celupkanlah, karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat obat penawarnya”. (HR. Bukhari) Dari Abu Said Al-Khudri dari Rosululloh bersabda : “Sesungguhnya pada salah satu diantara dua sayap lalat itu terdapat racun dan sayap lainnya terdapat obat penawarnya. Apabila lalat jatuh di makanan, maka celupkanlah karena lalat mengedepankan racun dan mengakhirkan obat penawarnya”. (HR. Ahmad)
    • Alasan ilmiah mencelupkan lalat yang mampir ke dalam minuman : Menurut Dr. Muhammad M. El Samahy (Universitas Al-Azhar, Mesir) telah menulis sebuuah artikel bahwa para pakar mikrobiologi telah menemukan adanya sel – sel dengan posisi membujur yang hidup sebagai parasit di perut lalat. Namun ketika lalat dicelupkan seluruhnya ke dalam air, maka terjadi perubahan tekanan osmosis yang menyebabkan sel pecah. Isi sel tersebut ternyata adalah penangkal patogen (zat pembawa penyakit) yang dibawa lalat dalam tubuhnya. Artinya, ketika kita mencelupkan lalat, ternyata bermakna untuk mencegah bibit penyakit masuk ke dalam tubuh manusia.
    8. Anjuran Kencing Sambil Duduk / Jongkok (bagi pria)
    Dalam perkara ini, Rosululloh menganjurkan untuk kencing dalam keadaan duduk atau jongkok, namun beliau juga tidak melarang untuk kencing sambil berdiri bagi para pria. Berikut penjelasannya.
    • Hadits Rosululloh : Hadits berikut menunjukkan bahwa Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam pernah kencing sambil jongkok. ‘Abdurrahman bin Hasanah mengatakan, “Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam pernah keluar bersama kami dan ditangannya terdapat sesuatu yang berbentuk perisai, lalu beliau meletakkannya kemudian beliau duduk lalu kencing menghadapnya”. (HR. Abu Daud) Hadits berikut ini menceritakan bahwa Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam pernah kencing sambil berdiri. Diriwayatkan Bukhari dalam kitab shahihnya pada Bab “Kencing dalam keadaan Berdiri dan Duduk”. “Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam pernah mendatangi tempat pembuangan sampah milik suatu kaum. Lalu beliau shollallahu ‘alaihi wasallam kencing sambil berdiri. Kemudian beliau minta diambilkan air. Aku pun mengambilkan beliau air, lalu beliau berwudhu dengannya”. (HR. Bukhari no. 224 dan Muslim no. 273)

    Alasan ilmiah kencing sambil jongkok : Secara medis, kencing berdiri adalah penyebab utama penyakit kencing batu dan merupakan salah satu penyebab penyakit lemah syahwat bagi sebagian pria. Kebiasaan orang yang kencing sambil berdiri akan mudah lemah bathin, karena sisa air dalam pundi – pundi yang tidak habis terpancar menjadikan kelenjar otot – otot dan urat halus sekitar buah zakar akan menjadi kendur dan lembek. Berbeda dengan orang yang kencing dalam keadaan jongkok, dalam keadaan bersinggung tulang paha dikiri dan kanan merenggangkan himpitan buah zakar. Hal ini memudahkan aliran air kencing mudah mengalir sampai habis dan memudahkan untuk menekan buah zakar sambil mengejan. Dengan cara ini, air kencing akan keluar sampai habis dan kekuatan sekitar otot zakar dapat terpelihara dengan baik. Ketika kencing sambil berdiri kadang ada rasa tidak puas, karena masih terdapat sisa air di dalam kantong zakar dan telur zakar di bawah batang zakar. Berkemungkinan besar dapat menyebabkan kencing batu. Batu karang yang terdapat di dalam ginjal atau kantong kemih dikarenakan sisa – sisa air kencing yang tidak habis keluar. Endapan – endapan air kencing pun lama – kelamaan semakin mengeras atau mengkristal seperti batu karang.

    9. Tidur Menghadap Menghadap Kanan
    • Salah satu hadits Rosululloh : Hadits dari Barra bin ‘Azib radhiallahu ‘anhu : Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk sholat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu”. (HR. Bukhari dan Muslim)
    • Alasan ilmiah tidur menghadap kanan : Inilah posisi tidur terbaik yang telah diajarkan oleh Rosululloh. Pada saat kita tidur dalam posisi ini, jantung hanya akan terbebani oleh paru – paru kiri yang berukuran lebih kecil. Selain itu tidur dalam posisi ini akan menempatkan hati pada posisi yang stabil dan juga posisi ini sangat baik untuk sistem pencernaan. Penelitian menunjukkan saat kita tidur dengan posisi menyamping ke kanan, makanan akan mampu dicerna oleh usus dalam waktu 2,5 sampai 4,5 jam. Sedangkan dalam posisi tidur yang lain, makanan baru akan selesai dicerna setelah 5 sampai 8 jam. Sebenarnya masih banyak sunnah – sunnah Nabi yang lainnya selain yang sudah saya jelaskan diatas. Mudah – mudahan dapat bermanfaat bagi sobat blogger. Tunggu artikel saya berikutnya mengenai manfaat gerakan dalam Sholat dan juga manfaat wudhu bagi kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s