Penghasilan keluarga masih 5juta/bulan? Masih Belum Pantas Punya Motor 250cc?

`Kang, Penghasilan keluarga  dibawah 5jt/bulan kayaknya impossible punya motor 250cc!` bermula dari ucapan temen Akang tersebut inilah artikel ini dibuat. Bener gak sih pernyataan tersebut? yuk kita bahas satu-satu dimulai dari besarnya penghasilan, besarnya kebutuhan dan jatah yang tersisa untuk pembelian motor 250cc…

Penghasilan keluarga yang Akang maksud adalah penghasilan gabungan antara suami dan istri atau suami saja dengan istri hanya sebagai ibu rumah tangga (tanpa penghasilan). Artikel ini gak berlaku bagi masbro yang masih single ( yang masih pengen sendiri atau emang gak laku:mrgreen: )  penghasilan keluarga 5juta/bulan dalam setahun berarti 5jt x 12bulan = 60jt (THR dan Bonus tahunan gak dihitung ya!)

Agar lebih mudah dimengerti dalam menghitung kebutuhan keluarga, Akang coba analisis dari contoh kasus saja ya. Kondisi yang Akang analisa mungkin berbeda jauh dengan keadaan masbro,,, ini hanya sebagai contoh saja ya…

Arjuna dan Srikandi merupakan pasangan yang baru menikah, sudah memiliki rumah tetapi masih kredit dengan masa waktu 15 tahun cicilan perbulan 1jt. Arjuna bekerja sebagai seorang engineering  junior dengan total penghasilan 3.5 jt (gaji+tunjangan) sementara Srikandi bekerja sebagai operator dengan penghasilan senilai UMK 1.5jt. Total penghasilan keduanya adalah + 5jt/bulan. Mereka berdua bekerja di perusahaan manufaktur biasa sehingga tidak mendapatkan bonus tahunan tetapi hanya mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) saja.

Arjuna merupakan orang terdidik dan merasa perlu memproteksi dirinya sebagai kepala keluarga dengan asuransi senilai Rp. 300,000/bulan dan menyisihkan untuk tabungan keluarga senilai Rp. 500,000/bulan.

Arjuna menggunakan motor sebagai alat transportasi ke kantor menghabiskan bensin 1liter pertamax/hari sedangkan Srikandi naik bis jemputan perusahaan setiap harinya. Karena kesibukannya Srikandi tidak sempat masak sehingga setiap pagi mereka berdua sarapan bubur atau roti panggang yang kira-kira menghabiskan Rp 5,000/orang, makan siang disediakan kantor kemudian makan malam membeli nasi goreng dkk sekitar rp 10,000/orang. Mereka berdua menyukai film dan kuliner sehingga setiap hari minggu menghabiskan Rp 120,000 untuk refreshing dan makan di luar rumah.  Khusus untuk hari sabtu mereka menghabiskan waktu beres-beres rumah dan bersosialisasi dengan tetangga dengan kebutuhan makan Rp 40,000 berdua karena masak sendiri.

Pengeluaran rutin rumah mereka meliputi internet, listrik dan air sebesar  Rp. 350,000/bulan. Pemakaian pulsa total untuk berdua sebesar Rp 200,000/bulan. Biaya rutin untuk pakaian, sepatu, peralatan mandi/kebersihan dianggarkan Rp. 150,000/bulan setiap orangnya. Biaya perawatan motor Arjuna misalnya pergantian oli dan jatah bayar pajak dialokasikan Rp. 100,000/bulan.

Dengan kondisi di atas apabila motor Arjuna yang sekarang dijual seharga Rp 15 juta dan menggantinya jadi 250cc apa bisa kebayar cicilan perbulannya?

Yuk kita hitung berapa sisa dari penghasilan Arjuna dan Srikandi…

Dari hitung2an Akang di atas hanya tersisa Rp 758,000. Nominal tersebut belum termasuk dana tak terduga ataupun pengeluaran lain misalnya pengeluaran rokok (bila Arjuna merokok tentunya) belum lagi apabila Arjuna dan Srikandi memiliki tanggungan lain seperti orang tua yang rutin harus dikirimi uang! ciaaaa abis dah!!! Apa Arjuna masih kepikiran upgrade motor ke 250cc?

Dari situs www.hondacengkareng.com per Februari 2012 Akang dapatkan informasi untuk kredit CBR 250R non-ABS yang harga cashnya Rp 40,200,000 apabila dikredit dengan DP 15 juta diperoleh beban kredit paling rendah Rp 1,282,000 yang harus dibayarkan selama 34 bulan… Jelas Arjuna gak bisa bayar toh😦 Lebih baik sisa uangnya dipakai untuk investasi calon si kecil atau hal2 lain yang sifatnya tidak konsumtif…

Yang Akang uraikan di atas mungkin berbeda dengan masbro yang misalnya sudah memiliki rumah tanpa harus bayar kredit atau memiliki orang tua yang siap mengucurkan dana apabila masbro minta apalagi kalau masih lajang ya :D 【Akang】

36 responses to “Penghasilan keluarga masih 5juta/bulan? Masih Belum Pantas Punya Motor 250cc?

  1. wah,,analisa yang josssssssssss,,,,,nggak laku ( ane ), trus pertamax sini cuma 9100
    wow,,5 juta pun belum cukup,,,ckckckc
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/26/kumpul-bareng-byonic-wonogiri/

  2. ane msh mikir jg kl beli yg 250cc ke atas🙂

  3. memilih motor emang sesuai kemampuan dan kebutuhan…, kalo pun dah bkeluarga mending buat beli motor matic dr pd 250cc :-)…bisa Dpt 2 satu nya bisa buat istri:mrgreen: ,kecuali emang penghasilanx yg berlebih…monggo beli 250

  4. Bgus ni bayangan nya bagi org yg mau nikah
    Hehe

  5. Sebaiknya dipikir2 mateng2 dulu &
    Disyukuri yg ada sekarang…
    Gak usah dipaksakan seandaikata belum mampu finansialnya.
    Klo dah ada si kecil mending ditabung buat masa depanya kelak.
    Jangan terbiasa dg budaya konsumtif.
    Kalo CBR kemahalan coba pulsar P200NS nanti toh performa cuman beda 2.5 hp.
    Bajaj value for moneynya dapet. Sperpart juga terjangkau.
    Gimana mau atau
    nunggu P200 Full Fairing…???
    Pilihan ada ditangan anda…

  6. klo bli cbr250 bwt gaya2an di dpn ce biar laku, ya ud pny istri prcuma dnk. klo keuangan pas2an ya pasti mikirin kbutuhan kluarga dlu d. hehehe
    《♥p200ns♥》

  7. 1. Sebelum nikah, ane selalu berfikir tentang satu pertanyaan “Apakah ane mampu merawat anak orang dengan kondisi keuangan seperti ini?”. Seperti biasa, ana main tanya aja sama teman2, dari 10 teman yang 8 bilang begini : “Tenang sob, rejeki itu dari Allah, kalo sudah niat pingin nikah gak usah mikirin hal seperti itu, Insya Allah akan diberi kemudahan untuk mendapatkannya, apalagi niatnya baik (menjalankan perintah-Nya), yang penting kita mau berusaha”. Alhamdulillah, tidak lama setelah ane nikah, ane terangkat jadi PNS”. PENTING : “KALO MAU NYARI PACAR YANG AKAN DI BAWA SAMPE PERNIKAHAN, JANGAN TERLALU MANJAKAN DIA DENGAN KESENANGAN SELAMA PACARAN, SESEKALI COBA DENGAN PENDERITAAN DAN KEMELARATAN, DAN LIHAT REAKSINYA. Untuk point 1, Pesan ini untuk para bujang.

    2. Gaya hidup yang konsumtif biasanya terjadi ketika kita punya banyak uang yang akhirnya membuat kita tidak berfikir mau dikemanakan uang ini dan membuat kita malas dalam bekerja (mencari penghasilan tambahan).

    3. Tidak sedikit teman2 ane yang berhasil membeli motor yang ane pikir mereka tidak mampu mereka beli, tapi karena ada yang ngejar2 dibelakang, mereka berusaha dengan segala macam cara (yang halal tentunya) mencari rejeki untuk menutup hutang2 mereka.

    4. Semua memang butuh perhitungan, dan pada akhirnya kita harus memilih, mau senang disini-susah disana atau sebaliknya. TERGANTUNG ANDA.

    nitip sedikit racun : Salah satu kunci untuk mencapai keberhasilan/kesuksesan adalah “BERANI MENCOBA”……..

    xixiixixixixixixi………. PEACE…….

    • Haha,, semua ada benarnya Bro Elvis…
      Inti komentar bro Elvis ketika `belum pantas mendapatkan sesuatu` maka `pantaskan diri kita untuk mendapatkannya`
      Tapi dalam artikel ini Akang tidak membahas hal itu, tapi menekankan untuk memperhitungkan kebutuhan kita dan bijak dalam mengatur keuangan menghadapi masa depan (sok bijak ya:mrgreen: )

      Nice comment masbro!
      Ngomong2 gimana CBRnya? feel yang biasanya naik cc kecil terus naik 250cc terkejut kah???

  8. Super…..😀

  9. Heheheehehehehe…………… belum ada bang… ada penundaan pengiriman, Insya Allah hari Rabu barangnya datang ….

    BTW, ane suka artikel kayak gini… artikel yang bisa menambah wawasan dan membangun MIndSet.

    Mantap

  10. mas, nyambi jd konsultan finance family ya hahahaha….tapi yang sampeyan gambarkan di atas adalah gambaran umum keluarga Indonesia, terutama di kota besar, two thumbs up lah!!!
    satu lagi, kalaupun seandainya si arjuna maksa dan akhirnya dapat beli tuh ninin, kayaknya dia harus siap-siap dengan biaya hariannya yang sudah pasti akan lebih dari 1ltr pertamax/hari

  11. pilihlah motor sesuai kebutuhan dan sesuai kantong🙂:mrgreen:

  12. manteb manage itungannya 🙂 ………….

    karena belum kesampaian bangun bengkel……. ada anggaran pun , tetep aja sampai saat ini belum minat upgrade 250 cc 😈

  13. “…belum termasuk dana tak terduga ataupun pengeluaran lain misalnya pengeluaran rokok…”

    Kalo 1 minggu 1 bungkus (isi 12 batang) asumsi sampoerna kena 11ribu. 1 bulan udah 44ribu. ‘perokok senior’ mana cukup 1 minggu 1 bungkus :p

  14. analisa yg sugoii abis kang, mngkin tnp perhitungan matematis pun sudah diketahui klo bakal ‘susah’ nyicilnya. intinya jangan terlalu ngoyo, nikmatin aj hidup yg ada, klo ad rejeki g kmn tuh motor..

  15. ber-Byson2 dulu baru ber-Ninin2 ria…:mrgreen:

  16. masup akal, kang…. Saya gaji 5 jutaan, dan istri sekitar 3 jutaan (bisa lebih kalau dia lagi ada proyek penelitian), tapi karena belum punya rumah sendiri dan ada anak berusia satu tahun 10 bulan, maka niat punya Ninja 250 ya harus ditunda dulu…. Lagian waktu saya bujang udah puas sih main sama GT 380… hehehe…

  17. …..kebutuhan dan nafsu seseorang ngak akan ada puasnya kecuali setelah ukuran : 2*1 menjemput.. :D… habis kebeli CBR, ninja, pengen mobil jazz facelit, trus pengen outlander….. gaji nya padahal udah di atas 2*+++ di anggap masih kurang….. :(( …. menurut ajian samber bawuk soko syech wahid : orang itu harus : sabar , syukur dan iklas…

  18. Benar juga, Bro !”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s