Antara Ninja 250 dan CBR 250R Mana yang Paling Cocok dengan Gaya Berkedaramu?

Artikel in adalah rangkuman obrolan antara Akang dan seorang calon pemilik Ninja 250cc yang lagi indent (sebut saja namanya “Meong” hehe sorry ya Bro,) di deket stand Honda salah satu mall Cianjur . Inti obrolannya mungkin bisa membantu orang yang lagi galau mau milih CBR250 apa Ninja 250 FI.

cbr250 big

Januari 2013, Akang ketika itu baru saja beres tanya-tanya simulasi kredit CBR 250R ke salah satu sales Honda

Meong: “Kang, mau beli CBR ya?”
Akang: “Insya Allah, kalau ada rezeki dan polda mengijinkan! hehe”
Meong: “Bukannya bagusan Ninja 250 ?! CBR modelnya ngegembung kopong gak berisi beda ma Ninja, Ninja suaranya knalpotnya khas, CBR sih kaya megapro, saya aja ngambil Ninja minggu kemarin, katanya lagi kosong bulan depan baru dikirim.”
Akang: “Suaranya n modelnya emang kerenan Ninja tapi kalau karakter mesin sih Akang lebih cocok CBR”
Meong: “Maksudnya gimana Kang?”
Akang : “Mesin CBR tarikan awalnya enak, betot gas dikit langsung ngacir, kalau ninja harus bleyer-bleyer dulu sampai rpm tinggi baru tenaganya keluar tuh!”
Meong: “yang bener aja, lebih cepetan Ninja lah!, seher nya (baca :silinder) aja dua tuh, masa kalah sama CBR”
Akang: “Kalau putaran atas di rpm tinggi sih jelas cepetan Ninja mas, tapi Akang gak butuh itu koq, yang penting enak stop n go, torsi gede biar kalau jalan-jalan ke puncak di tanjakan nyalip truk dan bus sekali betot dah melesat, trus beda harga lumayan tuh mengurangi jumlah cicilan, hahaha!”
Biar Meong gak merasa terserang dengan perkataan Akang terus akang tambahin
Akang: “Kalau Mas Meong sukanya trek-trekan, suara knalpot menggelegar stereo dua seher, motor dimodifikasi biar kaya MotoGP bagusnya sih Ninja! CBR cocoknya motor touring, modelnya kolot apalagi lampu depannya sebenernya gak suka (dah kaya celana dalam, wkwkwk!)

Obrolan tiba-tiba terhenti karena ceweknya (apa istrinya ya?) memanggil karena belanjanya dah beres tuh!

Perbandingan karakter mesin CBR vs Ninja

Dari obrolan di atas, dengan mudah dapat pembaca simpulkan bahwa Akang jauh lebih memilih CBR 250 dibanding Ninja 250R, Motor yang dari sebagian besar kalangan blogsphere dicaci maki gak akan bisa ngalahin Ninja 250 “hanya” karena single silindernya. Dilihat dari model sih jelas akang seneng banget sama Ninja 250 tapi dilihat dari spek mesin dan test ride langsung di lapangan Akang tidak ragu memilih CBR250 ketimbang Ninja 250.

Mesin single silinder CBR versus double silinder Ninja di mata Akang bukan suatu kelemahan, justru karakter mesin single silinder CBR 250R yang tenaganya keluar pada putaran rendah sesuai karakter berkendara Akang. Ketika nunggang si Kebo Byson rentang bukaan gas yang biasa Akang puntir ya sekitar 5,000 rpm s.d 7,000 rpm (udah bisa ngacir 70km/h versi speedo byson) dan itu cocok banget dengan CBR 250 dimana output power dan torsi puncaknya keluar di rentang 7,000 -8,500 rpm (lihat tabel perbandingan di atas deh!), apabila Akang menaiki Ninja 250R bisa dipastikan harus mengubah riding style yang sudah terbentuk selama 10 tahun (sejak bisa motor tentunya pake Supra-X dan Jupiter-Z). Di lihat dari bobot kendaraan CBR250 juga lebih ringan 11kg ketimbang Ninja 250, agak lebih gampang digeser2 di parkiran atau dimasukin ke dalam rumah (maklum masih rumah rajel alias rakyat jelata, garasinya kagak ada…kedepannya gak tahu nih, kayaknya pindah rumah, Siapkan cicilanmu !!! )

Untuk hawa mesin, ketika Akang test rideCBR 250  hawa mesin gak terasa panas, gak ada bedanya dengan si Kebo Yamaha Byson Akang sekarang. Sedangkan untuk Ninja yang pernah Akang coba yang tipe karburator, angin dari mesin sedikit terasa hangat (tapi kayaknya kalau Akang Bawa kerja dari Cibitung Bekasi ke Sudriman Jakarta bisa matang nih paha atas!) gak tahu kalau yang baru tipe FI ya,,, katanya sih sudah gak panas.

Seandainya akhir tahun depan seperti yang diberitakan Yamaha mengeluarkan motor 250cc, Akang sih berharap spesifikasi mesinnya dua silinder dengan power yang bisa diperoleh pada kisaran 9,000 rpm (CBR 250 pada 8,500 rpm dan ninja 250 max pada 11,000 rpm), kalau model dan handling sih percaya ma Yamaha, minimal sejajar ma Ninja 250 dan pasti lebih keren dari CBR250, (sorry Honda ya…) trus kalau bisa launchingnya di awal 2015 aja, biar tabungannya cukup dulu! hahaha…. Siapkan cicilanmu! (jangan lupa dana tabungan buat pendidikan anak, cicilan rumah, asuransi, cicilan mobil…. daaaaaan akhirnya gak jadi beli Motor 250cc! wkwkwkw, just keeding)

Akang, October 2013

23 responses to “Antara Ninja 250 dan CBR 250R Mana yang Paling Cocok dengan Gaya Berkedaramu?

  1. ninja 250 om,

    bawah ane maho akut

  2. cerdas !… bloger yang bisa menganalisa motor secara fundamental…

  3. vote for cbr

    selera sih

  4. SALAM KENAL KANG….
    Sayang gak punya dua2nya…..euy

    nitip jongko yah…

    http://kobayogas.wordpress.com/2013/10/14/tes-singkat-honda-pcx-150-2010/

  5. orang cerdas gak mandang merk !!😀

  6. kalau kota enakan cbrm, mungkin karena kurvanya nyusss

  7. Memang model saya prefer ninja, tapi kalau buat perawatan, enak cbr. Buat sehari2 jg lebih cocok.
    Versi saya lho..

  8. pilih verza jelas lebih murah, tenaga gak beda jauh

  9. …hehehee… salam kenal mas bro.. satu pikiran dengan ane.. berarti “akang” ini tipe bermotor nya mirip ane , main di rpm 5000-7000, segitu udah cukup mantep… trus klo ane beli motor mikir t4 servis nya juga , jauh apa ngak ( bengkel resmi nya ) <<<<<===== ini yang jadi pertimbangan utama, honda n yamaha keluar gerbang satpam rumah udah ada bengkel nya, klo yg lain agak jauh ( buang2 waktu —– apalagi uda punya keluarga …. waktu sabtu minggu sangat berarti buat keluarga )

  10. Dari menjadi kalangan bawah sampai saat ini menjadi kalangan menengah, dari kecil udah keracunan motor balap yg berbunyi vrrooomm…
    Begitu ada duit 50juta, masa masih pake 1 silinder.
    Absen aja dah, motor yg pernah ada dirumah, vespa px, , astrea800, rx king, karisma, megapro, saat ini turun lg jdi vario 125, dari semua motor yg pernah ane punya semua 1silinder, masa punya duit lebih ane beli cbr yg ga ada beda suaranya dengan megapro ane, soal karakter torsi yg katanya enakan cbr, biarin dah, toh ninja juga lebih torque dr megapro ane. Kalo soal ngebut yg katanya n250 lebih oke, ga ngaruh buat ane, lari 120kpj aja udah sweerrreem…
    Cukup selow aja, sambil dengerin musik dr knalpot stereo… Pisss

  11. kalo ane cenderung pilih CBR, karena punggung & pinggang udah perlu lebih rilex supaya lebih awet sehatnya..

  12. kalau saya nunggu R15 yamaha wkwkwkwkwk…… Pisss allll…..

  13. selera sih om. Saya punya Ninja 250 Fi. tiap hari di bawa tanjakan ke lembang. enak om. karena mesin 2 silinder punya nafas yang panjang. Nikung juga enak banget karena pake Ban BT39 (udah dri dealernya)🙂. Ninja atau CBR sama bagusnya. itu yg bikin Orang pinter. dua-duanya punya ciri khas dan kelebihan masing2. kalo Trek dalam kota ok CBR lbih enak. tpi klo trek panjang model pantura, Ninja pasti lari duluan karena 2 silinder double nafasnya :)… so Tergantung seleranya mau yang mana..

  14. kata hati sih lebih condong ke ninja hehe🙂

  15. Cbr250 memang paling cocok dgn jalanan indonesia, buat ngelibas ninja250 dan r25 jg enak apalagi tanjakan, cbr250 itu ga kedengeran, tiba2 aja wuss dari blkang, dasar setan.

  16. Cbr250 lah, torsi lbh tinggi, power juga gede jarang kepake, motor berat itu torsi lbh penting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s