Category Archives: Honda

CBR150 launching, penjualan kakaknya CBR250 bakal jatuh bebas…

INI cuma analisis Akang yg gak tahu tt metode pemasaran ya… Murni penilaian yg tanpa dasar :D. CBR150 launching, penjualan kakaknya CBR250 bakal jatuh bebas. Lho koq bisa? yuk kita lihat satu-satu pembahasannya…

Para pembeli CBR250

Menurut Akang, para pembeli CBR250 sebagian besar dari kalangan atas, hanya sebagian kecil dari kalangan menengah. bedasarkan data dari blog Pak Edo diketahui 31% pembeli CBR250 memilih tipe ABS, sisanya 69% memilih non-ABS. Akang menyimpulkan 31% pembeli ini adalah orang2 kaya yg care bgt sama safety tanpa mempermasalahkan harga, sisanya dari 69% adalah orang dari kalangan menengah yg maksain beli, dan atau kalangan atas yg tidak memprioritaskan ABS…

Bukan rahasia lagi, kendaraan mencitrakan status sosialnya. Memiliki CBR250 merupakan kebanggaan si pemilik, beda dengan pemilik2 Tiger, Vixion, Byson atau motor2 sport lainnya dibawah 250cc yg populer di kalangan menengah (bahkan tukang ojek pun banyak memakainya!)Bentuk CBR150 dan CBR250

Secara kasat mata CBR150 dan 250 gak jauh beda (coba lihat di link ini deh) bahkan dari dimensinya aja cuma beda-beda dikit! bagi orang yang gak kebeli CBR250 tapi mampu beli CBR150 ini merupakan berkah, lha kan kerennya sama aja dengan yang 250cc.. iya kan.. sebaliknya bagi kalangan atas yang membeli CBR250 sebagai simbol status, ini adalah mimpi buruk.. Lha koq disaingi orang2 umum toh! malah bisa-bisa motornya disangka CBR150… Huaaaaa, gengsi dong!

Terlepas berapa harga CBR150 dijual, penjualan CBR250 akan tetap jatuh!

Menurut akang, setelah CBR150 launching sebagian pembeli CBR250 bakalan lari ya ke Ninja 250 sebagian lagi ya ke CBR150. Suatu momentum yang bisa dimanfaatkan kompetitor lain macem Megelli 250RE/RV ataupun Hyosung GTR250 (Hehe, belum launching juga nih motor) sapa tau pembeli potensial CBR250 lari ke motor mereka!

Khusus untuk Megelli 25RE,,, kehadiran CBR150 bisa jadi keuntungan sekaligus kerugian..  (nanti deh ditulis di artikel lain!)

Bener atau tidaknya analisis Akang biar waktu yg menentukan…Akang sendiri mau milih apa? Akang sih gak keduanya,, pilih si Tiger baru aja yg mudah2an sblm 2012 sudah diupgrade, atau Hyosung GTR250 yg sapa tau dijual cuma 25 jt (ngareeep!)

gambar diambil dari http://astaufik.wordpress.com/2011/02/23/all-new-cbr-150r-vs-250r/

Advertisements