Membandingkan Biaya Operasional Motor Sport Harian Setelah 4 Tahun

Makin banyaknya jenis motor yang dijual di pasaran memang memanjakan kita selaku konsumen, mau yang seperti apa dan dalam rentang harga berapa sekarang ini sudah banyak pilihan. Anda speed freak? Gak ada duit pengen yang irit? Mau yang gaya? Mau yang Hi-tech? Mau value for money tinggi? kayaknya ada semua masbro. Tapi ada hal yang Akang garis bawahi, hal tersebut membawa kita pada pola hidup konsumtif. Konsumtif yang Akang tegaskan disini adalah pemilihan sepeda motor yang tidak berdasarkan kebutuhan. Kemudahan kredit dan gencarnya kegiatan marketing akhir2nya malah menjurus pembodohan automotif terhadap masyarakat..

Sebelum memutuskan membeli motor masbro sekalian seharusnya paham tujuan membeli motor tersebut apa sih. Bagi kalangan menengah ke bawah dimana uangnya cuma segitu-gitu aja harus lebih bijak, hal ini sangat essensial lho,, karena hubungannya dengan DUIT…

Berikut ini Akang kasih gambaran kebijakan Akang dalam membeli motor.

Contoh Kasus : Rumah Akang ke kantor berjarak 20km, Akang mencari motor sport harian yang enak dipakai di perkotaan. Setelah 4 tahun motor itu akan Akang Jual karena takutnya makin tua tunggangan makin “rewel”, setelah 4 tahun tersebut Akang ganti tunggangan baru! hehe,, (konsumtif gak sih?) Yang jadi pertanyaan, manakah motor yang biaya operasional dan depresiasinya paling rendah setelah 4 tahun itu?

Korban yang Akang coba analisis yaitu Pulsar 180, Pulsar 220, Yamaha Byson, Yamaha Vixion, Honda NMP, Honda Tiger, Honda CBR150 dan Ninja 250.. Berikut tabel analisisnya.

Data-data yang Akang ambil adalah hasil googling, terutama review para blogger. Sepertinya banyak data yang salah, silahkan direvisi.

Dari tabel analisis bisa diliat secara akumulasi 4 tahunan Honda NMP paling irit menguras dana bulanan (Rp330,500 ) disusul Vixion (Rp 367,333) dan pujaan Akang si Byson (Rp 373,810)😀

Sebenernya sulit sekali menentukan nilai pasti biaya operasional ditambah biaya depresiasi re-sale setelah 4 tahun pemakaian. Tabel di atas hanya nilai pendekatan saja masbro,,, nentuin nilai jual byson dan NMP setelah 4 tahun gimana caranya coba? (Maklum Akang bukan orang supranatural  hehe) gak ada referensi kan.. makanya diambil nilai-nilai pendekatan saja.

Ada satu hal yang tidak kalah pentingnya yang tidak bisa terukur, yaitu biaya perawatan baik itu perawatan berkala dan perawatan emergency (dadakan). Hal ini erat kaitannya dengan harga kualitas tunggangan yang dibeli, harga part, serta frekuensi bolak-balik bengkel. Jangan lupa banyak fitur-fitur canggih seperti tanki bocor, komstir oblak, sparepart sulit dll deh…

Dari data di atas ditambah faktor non-Duit seperti Tampang Motor serta  Kemudahan Servis dan Sparepart,  manakah yang masbro pilih?

38 responses to “Membandingkan Biaya Operasional Motor Sport Harian Setelah 4 Tahun

  1. zakaria bentaian

    2

  2. aku lgsung klimaxxxx ae mas bro,,,xixixixix

  3. TMT mau beli motor spti yg diatas,n kilometer y 20 an ke tempat kuliah??kok sama plek???

    • Haha, dicheck dan dikalkulasi ulang aja masbro! cari nilai refrensinya yang bener, yang Akang buat cuma referensi aja.
      Lama penggunaannya bisa dihitung sampai lulus kuliah😀

  4. paijo udah masuk golongan yg lebih dari 4tahun #sincerely 2005 alhamdulillah DOHC nya masih berfungsi :mrgreen:

  5. salam kenal mz bro, punya saya baru 13,6 km ni, emank bner segitu, estimasi 2nd ny ntar, 4 taon kdpn, punya saya yg paling bawah, no3, dr kiri..,

  6. wah superpio ga dimasukin mas bro ?

  7. tetap gue milih Avenger ..lhooo …kok nggak ada yach?

    hehehe

  8. Sharing :
    Sy pake Pio 2008, udah 3 tahun pake secara normal, rata2 sehari jalan 30km, spare part yg diganti oli Enduro Racing 4T per 3 bulan, 1 bohlam depan & 1 kanvas rem belakang, 1 accu Yuasa 7A, semua service bersihin karbu, ganti oli + stel klep dilakukan sendiri tiap 3 bulan.

    Perincian biaya :
    – oli 1L = 35rb x 12(utk 3thn) x 1,2L (vol oli per ganti) = 504rb
    – bohlam = 150rb
    – kanvas rem = 25rb
    – accu = 125rb
    Total Rp. 804rb/3 thn = Rp. 22.333 / bln

    Smoga menjadi masukan.

  9. Nambahin :
    Harga baru Pio 2008 = Rp. 20.300.000
    Harga second setelah 3 thn = Rp. 15jt
    Depresiasi Rp. 5,3jt/3thn = Rp. 147rb

    Brarti ditambah pengeluaran perbaikan diatas :
    Rp. 23rb + 147rb = 170rb / bln.

    Sekian.

  10. vitur canggihnya kurang 1 bro, segitiga retak😀

    kaburrrrr….➡ http://dizmaz.wordpress.com/2011/08/27/jangan-egois-parkirlah-yang-rapi/

  11. Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1432 H
    “MOHON MAAF LAHIR BATHIN”
    TAQOBALALLOOHU MINNA WA MINKUM,
    SHIAMANAA WA SHIAAMAKUM
    _________________________________
    http://udiendkab.wordpress.com/2011/08/29/seuntai-doa-di-akhir-ramadhan-menyambut-iedul-fitri/

  12. Yah…si Pio ga direken nih *ngelusdada

  13. Salam kenal atuh akang..
    Keren analisanya pake tabel gitu. Sbg masukan aja kang utk nambah di list tabel, saya skr di pekanbaru make motor harian megelli 250 2009 (gen1). Ngambil 2nd hand dr Bandung (Nopol D) hrg 16jt (lumayan euy depresiasinya). Bagi saya “worth it” bgt krn dpt mtr sesuai budget, ga pasaran juga disini. Yah untuk gaya msh dapat lah he2, org make ninja 250 aja ampe nengok2 klo papasan/sebelahan. Biarpun gada dealer resmi & kepastian sparepart, ga masalah bagi saya. Bengkel umum msh bs handle service bulanan. Bensin ga terlalu irit juga, feeling sih antara 1:29 ampe 32. Soalnya jarak rumah ke kantor cm 5km, terus mixing jg premium sm pertamax plus 70:30 (di sumatera gada pertamax). Untungnya ampe skr ga da masalah seputar mesin, bahkan tarikan memuaskan (compare sm Thunder 250 saya dulu).
    Sejak beli nih motor 5 bulan lalu, oli langsung ganti Elf moto 4 HP Eco (10w-40) dan rutin ganti 1,5 bulan sekali. Harga oli 1 liter Rp 56.000 + biaya service Rp 35.000. Megelli butuh oli mesin 1,3 L. Belum pernah ganti yg lain. Alhamdulillah dpt motor 2nd fit, jarang dipake km baru 11 ribuan. Jd klo akang nyari motor baru nanti, dan Insya ALLAH di “Acc” istri, Megelli 2nd bisa dipertimbangkan he2.. Tp buat gaya ajah..
    Kbetulan adik ane di Bandung jg pake Pulsar 220, klo soal kecepatan emang memuaskan di banding Megelli, dia (berat 50an kg) dpt top speed 140 km/j di spido. Klo saya (berat 110 kg) pake megelli cm dpt top speed 110 km/j. Tp tarikan OK lah ampe 100 km/j.
    Wah panjang bgt koment nih.. sorry he2..

    • Nice info masbro. Akang juga naksir berat si Melli gen2😀 bahkan Istri sudah meng-acc dari jauh2 hari😀
      Hanya saja sekarang yang diutamakan adalah tunggangan harian dulu, walaupun ada kerusakan bisa segera diperbaiki dan gak ganggu kegiatan nyari duit😀 Baru deh kl dah punya yang harian mikirin si Melli lagi.

  14. mantab bro, ane mlh pake si vixie serasa gak ad beban oerasional, asal rajin servis dan berkendara yg baik..

  15. Pingback: Keunggulan Fazer 150 (FZ16 aka Byson berfairing) | wendakalubis

  16. nggak ngerti ngtung yang ginian……🙂 yang penting beli sesuai kebutuhan dan kantong.
    4 tahun jual? dah ketularan orang jepun ni akang:mrgreen:
    tapi setuju juga, setelah 4 tahun disinyalir akan banyak biaya perawatannya…… dari pada dari pada mending jual aja

  17. Bagus tuh pencerahannya siakang, salut untuk anda.
    Maklum masih banyak yang masih bersifat konsumtif diluar kebutuhan pokok, mungkin nafsu dg barang mewah kaleeee?……………..

  18. ane rencananya mau beli motor baru dalam waktu dekat ini, tapi lagi nunggu pencairan dari bank… (maklum PNS, dapat duit banyak cuma bisa dapat dari bank… tapi lebih baik kan dari pada korupsi… xixiixiixix… )…. dalam penantiian ini… ane banyak baca artikel dari blog2 indo atau semacamnya yang ane rasa paling netral dalam mengungkapkan pandangannya …. kalo ane perhatikan dari sekian banyak blog yang ane kunjungi, kayaknya blog ini yang paling interaktif…… jadi ane memberanikan dan mencapekan diri untuk mengetik dalam rangka penyampaian pertanyaan….. pertanyaan ini ane ajukan karena ane memang tidak tau n gak tau mau nanya ke siapa… kalo di daerah domisili ane (gorontalo) mau lihat motor yang bagus susah banget, apalagi kalo sampe nyobain…. kalo ke dealer mesti indent dulu baru bisa lihat motornya (motornya gak ada bro) xixixixiixi…. jadi kayak gini pertanyaannya (tolong kasih pandangan ya bro ) :

    untuk harga 30 sampai dengan 40 juta… motor yang paling pas dengan badan ane 178 cm berat 70kg (umur 29 thn) kira2 motor apa ya??? motor ini rencananya bakal di pake buat harian (rumah-kantor, dll). sampe skarang yang ane tau di harga segitu pilihannya : CBR 250r, CBR 150r, Ninja KRR (2-tak). trus trang ane bingung+stress+dll dalam beberapa hari ini……tolong dibantu ya!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s