Sebenernya banyak blogger yang mungkin sudah membahas tema artikel yang Akang ulas kali ini (misalnya tmc dan mind genesis), ya sekedar mengingatkan kembali dan mungkin bisa menjadi panduan ringan para pemula calon pembeli motor pemula yang tidak mengerti apapun tentang spesifikasi mesin.
Akang sertakan contoh spesifikasi engine 4-tak motor-motor 150cc yang ada di Indonesia diantaranya Yamaha Vixion, Yamaha Byson, Honda New Megapro, Honda All New CBR150R (Semua spesifikasi diambil dari situs resmi masing2 pabrikan Januari 2012)
1. Bore dan Stroke
Bore adalah diameter silinder blok mesin, sedangkan Stroke adalah jarak pergerakan silinder dalam blok mesin (untuk lebih jelas silakan liat gambar). Dari penjelasan dimensi bore dan stroke kita dapat menghitung kapasitas mesin dengan rumus volume silinder yang dipelajari saat Sekolah Dasar :mrgreen:,
Kapasitas mesin (cc) = Luas Silinder x Panjang Stroke
Kenapa kita perlu mengenal spesifikasi bore dan stroke Kang? Dengan mengenal spek bore dan stroke kita bisa mengenal karakter performance si kuda besi, apakah berkarakter overbore atau overstroke. Karakter mesin Overbore dimana panjang bore lebih panjang daripada panjang stroke, power motor muncul terutama saat putaran mesin tinggi. Ini disebabkan panjang pergerakan naik turun piston lebih cepat karena jarak stroke yang pendek. Untuk Mesin Overstroke dimana panjang stroke lebih panjang atau relatif sama panjang dengan panjang bore maka dipastikan performance mesin dirancang untuk mengeluarkan kemampuannya di putaran mesin rendah sampai menengah.
Perhatikan karakteristik beberapa motor berdasarkan panjang bore dan stroke pada tabel di bawah (tanpa memperhatikan struktur sohc atau dohc yang akan Akang bahas di artikel berikutnya). Pada Mesin overbore cbr 150r dan Satria FU power tertinggi diperoleh pada putaran 10,500 rpm dan 9,500 rpm, cocoknya dipakai di sirkuit untuk balapan.. Sedangkan pada moter overstroke seperti Vixion tenaga tertinggi diperoleh pada putaran lebih rendah 8,500 rpm, cocoknya buat harian di kepadatan lalulintas dan stop n go lampu merah.
Bila dilihat dari kemampuan membawa beban (torsi) karakteristik mesin overbore relatif lebih rendah dibanding mesin overstroke, liat aja deh si cbr 150 cuma 12.66 Nm lebih rendah dibandingkan Byson, Vixion, dan Megapro… Artinya bila ada cbr 150 dan New Megapro antri di lampu merah, dengan posisi start sama2 dari gigi netral dari kondisi mesin idle si Megapro bisa langsung ngacir duluan ketimbang cbr 150,,, apalagi kalau kedua motor dibandingkan saat boncengan
2. Pengertian Rasio Kompresi
Compretion ratio adalah perbandingan volume ruang bakar mesin keseluruhan (volume saat piston berada di posisi terbawah) dengan Volume ruang kompresi (volume saat piston berada pada posisi teratas) . Gak ngerti juga? ckckck, liat gambar deh 😛
Secara umum semakin tinggi perbandingan kompresi maka performance motor akan semakin tinggi. Perlunya mengetahui kompresi rasio tunggangan agar masbro tahu jenis bbm apa yang harus diminum si kuda besi. Untuk rasio komresi lebih rendah dari 9.0:1 cukup diisi dengan premium biasa (Research Octan Number/RON 88) tapi apabila kompresi mesin lebih dari 9.0:1 diharuskan meminum pertamax 92 atau di atasnya.. Bahan bakar premium biasa apabila tercampur dengan udara dan dikompresi dengan tekanan tinggi maka akan terbakar secara spontan, pada mesin rasio kompresi rendah campuran udara dan bensin ini tidak akan terbakar secara spontan dan hanya terbakar apabila ada percikan spark plug, tetapi apabila bahan bakar premium digunakan pada mesin dengan rasio kompresi yang tinggi maka campuran udara dan bahan bakar akan terbakar spontan sebelum ada percikan dari spark plug,,, Inilah yang disebut gejala detonasi… hal ini menyebabkan piston akan mudah jebol masbro!
Sekian dulu ya,,, cape ngetiknya 😛 …..【Akang】
Next Artikel
1. Pengertian ringkas sohc dan dohc
2. sohc 4 valve dan dohc 4 valve,, mana yang lebih baik?
sip,,ra melu2 ah
ntar JEBOL
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/10/wowknalpot-gatling/
Megison masih bisa minum premium ya?
hayah,,,,,pertamax lah ( pas 7 rebuan,,)sekarang,,,premium aja
komen duluuuu, belum sempat baca 🙂
hmmm,,, Akang malah seringnya baca2 tanpa komen 😛
mantap…..Sip
Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!
Wuih,,, Kang Komeng tuan rumah blog yang sering diintip analisisnya mampir nih 🙂
nice artikel, btw nggak salah tuh kang TVS Tormax powernya sampe 31,2 PS melebihi CBR 150
Wkwkwk,,, jangankan CBR150,, CBR250 aja kalah,,,
Salah ketik,, harusnya 13.2 PS,,, thanks revisinya bro Rendi
ikut baca ah…
Silakan, tapi bacaannya lebih cocok buat orang yang gak ngerti apa2 tentang mesin.
wow matab sekali lagi biking pinter yg mbaca,,, sip gan,,,
corat-coret untuk yang belum ngerti mesin sama sekali,,, kalau yang komen sih Akang pikir gak perlu baca ya
salam hangat kang wendakalubis
justmyimage
bertambah lg ne ilmu.. 🙂
sae ingfona kang..ringkas,padat,berisi dan lembut dikunyahnya
Ah sok merendah kitu,, ini sih artikel buat pemula 😛 yang komen kayaknya jauh lebih ngerti yang ginian
dapet ilmu nih 😀
Bagus deh kl bermanfaat 🙂
Artikel selanjutnya bakalan mencerahkan SOHC vs DOHC..
Mantappp…hehehee..,
mencerahkan? Akang sekedar menyampaikan 😉
nais inpoh bro…..
Wah dibaca sama masbro juga toh…
mantab infonya… lebih ngena penjelasannya.. tak mushaf dikumpulin jg buku.
ya lumayan lah kalau dikumpulin dan diprint,, terus dijual ke tukang kertas bekas! wkwkwk
susah ngingatin nya,,
waduh,, bahasanya terlalu rumitkah?
Pingback: Panduan Ringan Mengenal Spesifikasi Mesin Bagian II : Sekilas Tentang DOHC dan SOHC | wendakalubis
motor2 yg rasio kompresi 10,… msh bnyk yg pake premium, yg saya penasaran knp ga knocking ato detonasi ya?cmiiw sry newbie neh hehehe.
《♥p200ns♥》
salam kang, sae pisan infona.. kalo klx150 mau ditingkatin performanya, baik torsi maupun daya, tanpa ngoprek mesin, sebaiknya apa yang harus saya lakukan ya… diantos infonya, pasti bermanfaat.. nuhun.
MAAF kang kok ga di ulas mesin klx 150 nya
oh aya ue ya
Wahhh bagus nih, biarpun cewek ga da salahnya khan baca yg beginian, emang rada bingung dikit sih, soalnya tu istilah masih banyak yg asing, emg karna mungkin cewek kali ya, jd khan jarang ngulik yg beginian hahaha…
Tp gpp lah, ntar juga lama-lama ngerti, ya ga kang? ngomong2 makasih nih, bagus postingannya, terus update ya, biar saya jd lebih tau banyak informasi tentang motor, jd ga cuma bisa makenya doank, tp juga tau bagian2nya, thanks 😀
wah bagus bgt bro infony sangat mbantu bagi yg masih awam tntg mesin
gimana kalo yang dipake buat motor2 di atas tu premium tp dikasih pil penambah oktan. skrg kan banyak tu beredar,hasilnya sama ndak kaya pake pertamax asli? trims bang..
salam perdamaian,!
akang saya pengen nanya nie cara merubah (cangkok) mesin 2 valve menjadi 4 valve dengan type mesin SOHC atau DOHC
rincian :
SOHC (2valve) menjadi SOHC (4valve)
SOHC (2valve) menjadi DOHC (4valve)
terima kasih sebelumnya,!
waiting reply
bermanfaat artikelnya masbro
makasih sangat membantu
Min contoh mesin yang pakai premium itu apa?
Masih bingung nih