Panduan Ringan Mengenal Spesifikasi Mesin

Sebenernya banyak blogger yang mungkin sudah membahas tema artikel yang Akang ulas kali ini (misalnya tmc dan mind genesis), ya sekedar mengingatkan kembali dan mungkin bisa menjadi panduan ringan para pemula calon pembeli motor pemula yang tidak mengerti apapun tentang spesifikasi mesin.

Akang sertakan contoh spesifikasi engine 4-tak motor-motor 150cc yang ada di Indonesia diantaranya Yamaha Vixion, Yamaha Byson, Honda New Megapro, Honda All  New CBR150R (Semua spesifikasi diambil dari situs resmi masing2 pabrikan Januari 2012)

1. Bore dan Stroke
Bore adalah diameter silinder blok mesin, sedangkan Stroke adalah jarak pergerakan silinder dalam blok mesin (untuk lebih jelas silakan liat gambar).  Dari penjelasan dimensi bore dan stroke kita dapat menghitung kapasitas mesin dengan rumus volume silinder yang dipelajari saat Sekolah Dasar :mrgreen:,
Kapasitas mesin (cc) = Luas Silinder x Panjang Stroke

Kenapa kita perlu mengenal spesifikasi bore dan stroke Kang?  Dengan mengenal spek bore dan stroke kita bisa mengenal karakter performance si kuda besi, apakah berkarakter overbore atau overstroke. Karakter mesin Overbore dimana panjang bore lebih panjang daripada panjang stroke, power motor muncul terutama saat putaran mesin tinggi. Ini disebabkan panjang pergerakan naik turun piston lebih cepat karena jarak stroke yang pendek.  Untuk Mesin Overstroke dimana panjang stroke lebih panjang atau relatif sama panjang dengan panjang bore maka dipastikan performance mesin dirancang untuk mengeluarkan kemampuannya di putaran mesin rendah sampai menengah.

Perhatikan karakteristik beberapa motor berdasarkan panjang bore dan stroke pada tabel di bawah (tanpa memperhatikan struktur sohc atau dohc yang akan Akang bahas di artikel berikutnya). Pada Mesin overbore cbr 150r dan Satria FU power tertinggi diperoleh pada putaran 10,500 rpm dan 9,500 rpm, cocoknya dipakai di sirkuit untuk balapan.. Sedangkan pada moter overstroke seperti Vixion tenaga tertinggi diperoleh pada putaran lebih rendah 8,500 rpm, cocoknya buat harian di kepadatan lalulintas dan stop n go lampu merah.

Bila dilihat dari kemampuan membawa beban (torsi) karakteristik mesin overbore relatif lebih rendah dibanding mesin overstroke, liat aja deh si cbr 150 cuma 12.66 Nm lebih rendah dibandingkan Byson, Vixion, dan Megapro… Artinya bila ada cbr 150 dan New Megapro antri di lampu merah, dengan posisi start sama2 dari gigi netral dari kondisi mesin idle si Megapro bisa langsung ngacir duluan ketimbang cbr 150,,, apalagi kalau kedua motor dibandingkan saat boncengan :mrgreen:

Karakteristik performance motor 150cc di Indonesia

2. Pengertian Rasio Kompresi
Compretion ratio adalah perbandingan volume ruang bakar mesin keseluruhan (volume saat piston berada di posisi terbawah) dengan Volume ruang kompresi (volume saat piston berada pada posisi teratas) . Gak ngerti juga? ckckck, liat gambar deh 😛

Secara umum semakin tinggi perbandingan kompresi maka performance motor akan semakin tinggi. Perlunya mengetahui kompresi rasio tunggangan agar masbro tahu jenis bbm apa yang harus diminum si kuda besi. Untuk rasio komresi lebih rendah dari 9.0:1 cukup diisi dengan premium biasa (Research Octan Number/RON 88) tapi apabila kompresi mesin lebih dari 9.0:1 diharuskan meminum pertamax 92 atau di atasnya.. Bahan bakar premium biasa apabila tercampur dengan udara dan dikompresi dengan tekanan tinggi maka akan terbakar secara spontan, pada mesin rasio kompresi rendah campuran udara dan bensin ini tidak akan terbakar secara spontan dan hanya terbakar apabila ada percikan spark plug, tetapi apabila bahan bakar premium digunakan pada mesin dengan rasio kompresi yang tinggi maka campuran udara dan bahan bakar akan terbakar spontan sebelum ada percikan dari spark plug,,, Inilah yang disebut gejala detonasi… hal ini menyebabkan piston akan mudah jebol masbro!

Weleh, weleh... pertamax semua 😀

Ngeri ya sampai segitunya tuh piston!!! (http://www.sacskyranch.com)

Sekian dulu ya,,, cape ngetiknya 😛 …..【Akang】

Next Artikel
1. Pengertian ringkas sohc dan dohc
2. sohc 4 valve dan dohc 4 valve,, mana yang lebih baik?

37 responses to “Panduan Ringan Mengenal Spesifikasi Mesin

  1. komen duluuuu, belum sempat baca 🙂

  2. mantap…..Sip
    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  3. nice artikel, btw nggak salah tuh kang TVS Tormax powernya sampe 31,2 PS melebihi CBR 150 :mrgreen:

  4. ikut baca ah…

  5. wow matab sekali lagi biking pinter yg mbaca,,, sip gan,,,

  6. salam hangat kang wendakalubis

    justmyimage
    bertambah lg ne ilmu.. 🙂
    sae ingfona kang..ringkas,padat,berisi dan lembut dikunyahnya :mrgreen:

  7. dapet ilmu nih 😀

  8. Artikel selanjutnya bakalan mencerahkan SOHC vs DOHC..
    Mantappp…hehehee..,

  9. nais inpoh bro…..

  10. mantab infonya… lebih ngena penjelasannya.. tak mushaf dikumpulin jg buku.

  11. susah ngingatin nya,,

  12. Pingback: Panduan Ringan Mengenal Spesifikasi Mesin Bagian II : Sekilas Tentang DOHC dan SOHC | wendakalubis

  13. motor2 yg rasio kompresi 10,… msh bnyk yg pake premium, yg saya penasaran knp ga knocking ato detonasi ya?cmiiw sry newbie neh hehehe.
    《♥p200ns♥》

  14. salam kang, sae pisan infona.. kalo klx150 mau ditingkatin performanya, baik torsi maupun daya, tanpa ngoprek mesin, sebaiknya apa yang harus saya lakukan ya… diantos infonya, pasti bermanfaat.. nuhun.

  15. MAAF kang kok ga di ulas mesin klx 150 nya

  16. oh aya ue ya

  17. Wahhh bagus nih, biarpun cewek ga da salahnya khan baca yg beginian, emang rada bingung dikit sih, soalnya tu istilah masih banyak yg asing, emg karna mungkin cewek kali ya, jd khan jarang ngulik yg beginian hahaha…
    Tp gpp lah, ntar juga lama-lama ngerti, ya ga kang? ngomong2 makasih nih, bagus postingannya, terus update ya, biar saya jd lebih tau banyak informasi tentang motor, jd ga cuma bisa makenya doank, tp juga tau bagian2nya, thanks 😀

  18. wah bagus bgt bro infony sangat mbantu bagi yg masih awam tntg mesin

  19. gimana kalo yang dipake buat motor2 di atas tu premium tp dikasih pil penambah oktan. skrg kan banyak tu beredar,hasilnya sama ndak kaya pake pertamax asli? trims bang..

  20. salam perdamaian,!
    akang saya pengen nanya nie cara merubah (cangkok) mesin 2 valve menjadi 4 valve dengan type mesin SOHC atau DOHC
    rincian :
    SOHC (2valve) menjadi SOHC (4valve)
    SOHC (2valve) menjadi DOHC (4valve)
    terima kasih sebelumnya,!
    waiting reply

  21. bermanfaat artikelnya masbro

  22. makasih sangat membantu

  23. Min contoh mesin yang pakai premium itu apa?
    Masih bingung nih

Leave a comment