Perbandingan CBR 250R dan Suzuki GW 250 Mana yang Lebih Baik?

Berdasarkan informasi yang akang dapatkan dari dapurpacu ataupun  otomotifnet  kemungkinan besar Suzuki GW 250 yang akan dijual pada pertengahan tahun depan ini akan dibandrol  40 juta. Bandrol harga ini akan head to head dengan CBR 250R non-abs dan terpaut sekitar 6-7jt dibanding CBR 250rR versi abs dan Ninja 250R. Meskipun CBR 250R merupakan sport touring  berfairing dan GW250 adalah motor naked touring, tidak ada salahnya Akang membandingkan kedua varian ini dari sisi subjektif Akang 😀 Siapa tahu sisi penilaian Akang bisa jadi referensi  bagi masbro sekalian. Berikut perbandingan spesifikasi CBR 250R vs GW 250 yang Akang rangkum dari beberapa sumber..

Mana yang lebih baik menurut Akang? Semoga bisa jadi rujukan awal 😉

Perbandingan Spesifikasi CBR250 vs GW250

1. Penampilan

Dari segi tampilan kedua motor jelas berbeda, CBR 250R  dengan thema design sport touring berfairing dan  GW 250 dengan body naked pure touring memang memberikan nuansa lain bagi penggemar fanatik kedua pabrikan ataupun bagi para touring lover. Tapi bagi Akang, design motor berfairing memiliki kesan mewah ketimbang motor naked. Karena berdasarkan image Akang tidak ada dari sananya motor berfairing dijual lebih murah daripada motor naked lho, di mata orang kebanyakan motor fairing = Mewah 😉

Dari segi fungsionalitas pun Akang menilai meskipun GW250 didesain tanpa fairing tapi untuk menembus kemacetan sepertinya sulit dikarenakan bodynya yang bongsor. Beda halnya dengan CBR 250R, kalau sulit nerobos kemacetan ya emang dari lahirnya begitu 😀

Fitur fungsional pada kedua motor relatif berimbang, sama2 menggunakan digital speedometer, depan belakang cakram, dan sama2 sudah mengaplikasikan ban lebar 110/70-17 (depan) 140/70-17 (belakang). Masbro lebih suka yang mana? Akang sih lebih milih yang berkerudung (cbr 250) daripada yang telanjang (gw 250) Hehe 😀 Untuk lebih jelasnya biar gambar yang berbicara aja ya, gak perlu Akang bahas satu persatu….

CBR250 vs GW250 Digital Speedometer, Sporty VS Elegan pure touring

CBR250 vs GW250 Perbandingan Body Depan

CBR250 vs GW250 Perbandingan Body Belakang

2. Performance

Dari segi performance CBR 250R memiliki peak power 20kW (27PS)/8,500rpm dan torsi max 23 N.m/7,000 rpm, lebih tinggi dibandingkan GW 250 yang berdasarkan salah satu sumber Akang di Jepang merujuk pada spek GW 250 yang dipasarkan di china, hanya memiliki peak power 18kW (24PS)/8,500rpm dan torsi 22 N.m/6,500 rpm. Ditambah lagi berat kosong cbr 250 yang hanya 161 kg lebih ringan dibandingkan gw 250 yang berbobot  173 kg, power to weight ratio saat peak power CBR 250R terhadap GW 250 lebih unggul 0.17 berbanding 0.14 PS/kg. Untuk kecepatan maksimum kedua motor, Info dari bikermagz menyebutkan bahwa top speed GW 250 bisa mencapai 140 km/jam sementara top speed CBR 250R adalah 151.6 km/jam… Ketahuan kan performa di putaran atas…

Eitsss, itu di data peak power lho,,, bukan data lengkap distribusi power pada setiap putaran mesin. Kalo Akang sih gak butuh speed segitu, takuuuuut 😛 Berdasarkan informasi dari sumber yang sama dimana informasi ini sebenarnya berasal dari informasi di China disebutkan bahwa untuk mencapai kecepatan 60 mph dari posisi diam, CBR 250R memerlukan waktu 8.76 detik sementara GW 250 untuk mencapai kecepatan tersebut hanya membutuhkan waktu 8.04 detik. Akang menangkap bahwa GW 250 memiliki power yang sudah ngisi sejak putaran bawah mesin dibanding CBR 250R.  Woow mantap banget bukan, bahkan dengan bobot yang 12kg lebih berat dibanding CBR 250R, si Inazuma (sebutan lain GW 250 di Eropa) ini bisa lebih cepat meraih speed 60 mph (96 kmpj = mendekati 100 kmpj)

CBR250 vs GW250, Power dan Torsi GW 250 memang lebih rendah tapi sudah mengisi dan disinyalir lebih tinggi di putaran bawah ketimbang CBR 25R

Terus terang bagi Akang sih gak butuh top speed,,, ini motor buat touring bung!!! harus kuat bawa banyak bawaan dan box khas touring gitu loh! Power dan torsi harus sudah ngisi sejak gas baru dipuntir, selain itu harus cocok dibawa di kemacetan serta stop and go di lampu merah… Dalam penilaian Akang power yang sudah ngisi sejak putaran bawah pada GW 250 menjadi daya tarik tersendiri…

3. Segi Perawatan dan Ketersediaan Suku Cadang

Sudah bukan rahasia lagi kalau dari segi perawatan, semakin banyak jumlah silinder maka item-item yang perlu dirawat semakin banyak, ini berimbas langsung pada biaya perawatan yang semakin banyak…. sebenernya gak ngaruh sih bagi orang yang mampu nebus nih motor 😀

Tapi perlu diingat bahwa CBR 250R diusung oleh Honda sedangkan GW 250 dipasarkan oleh Suzuki. GW 250 dibuat di China dan dipasarkan sebagai produk global, dan Suzuki Indonesia cuma kebagian jatah 300 unit/bulan, bandingkan dengan CBR 250R yang setiap bulannya laris di angka 800-1,000 unit. Jumlah unit motor aja terbatas banget, bagaimana dengan suku cadang kendaraan nih? Di mata Akang sih suku cadang motor Suzuki biasanya lebih mahal, tapi bukan ini yang jadi masalah melainkan “ketersediaan”! Jangan2 harus inden suku cadang,, kayak beli motor bajaj aja 😀 …

Dalam hal perawatan, harga part/suku cadang dan ketersediaan suku cadang sih Akang jelas lebih memilih CBR 250R…

CBR 250R, Suku cadangnya Akang perkirakan gak akan sesulit memperoleh suku cadang GW 250

Dari ketiga item di atas berdasarkan penilaian subjektif Akang 2-1 Skor untuk CBR 250R,,,, masbro suka yang mana??? 【Akang】

62 responses to “Perbandingan CBR 250R dan Suzuki GW 250 Mana yang Lebih Baik?

  1. Ya cbr lah,mau naked ya tinggal copot fairing

  2. 40jt ya kemahalan lah utk naked apalagi labelnya suzuki biarpun twin cylinder
    ikyu do desuka

  3. mantap kang, but ane nggak minat keduanya. Tetap nunggu avenger 220 🙂
    btw, link akang dah di pajang di blogroll ane, liat aja.

  4. bukanya top speed cbr 250 bisa tembus 160an km/jam

    • Tergantung rider (riding style, bobot dan postur tubuh) serta kondisi jalanan juga masbro! kalau orang2 bule sana yang berbobot di atas 75kg sih kayaknya sulit dapet top speed 160 km/jam

  5. sama2 worthed kalo menurut saia..
    sama2 keren,, sama2 mantep..
    cm 1 yg kurang setuju,,
    tadi di bilang nya cbr 250 fairing jadi susah tembus macet..
    padahal dari spec yg di tulis di atas,,
    GW 250(760cm) itu lebih lebar dari cbr 250(720cm)..
    jadi walopun berfairing tetep lebih gampang selip2nya,,
    imho,, cmiiw.. 🙂

    • Secara spek mungkin iya lebih kecil masbro, tapi silakan nanti bandingkan setelah naik CBR langsung dan GW250 perasaannya gimana, tunggu tahun depan test riding langsung 😉

    • o0o gt ya mas? tapi beda 40cm lho..
      sesuatu banget kan.. hehe,,
      kalo cm beda 10-20cm masi mending,,
      tapi ga tau jg c,, hehe..
      cm sekedar pendapat.. 🙂

    • eh salah ya saia? cm beda 4cm..
      yg satu 76cm,, yg satu 72cm,,
      iya emang ga signifikan,,
      duh jadi malu,, ngaco mode on.. sori mas..
      berarti bener kata c mas,,
      bisa lebih susah terobos macet cbr 250 nya klo cm beda 4cm doang..

      • Masbro bener juga sih, secara teori lebih gede lebih ribet,,, tapi feel-nya kalau sudah naik jadi beda, karena body motor berfairing lebih lebar daripada naked lho. sementara lebar motor diukur dari ujung terluar dari motor, bisa handle bar atau spion.

      • maap mas,, saia yg salah liad spec,,
        cm beda 4cm saia liad nya 40cm.. -_-
        harus nya 40mm = 4cm,,
        klo cm 4 cm doang c harus nya ga kerasa,,
        tapi iya itu emang beda feel nya kalo fairing ma naked..
        saia setuju ma mas.. hehe..

      • coba mas sampean bandingin aja motor kecil yang ada… yang pakai fairing biasanya radius putar lebih lebar, karena faktor fairing… yang naked faktor radius putar lebih kecil, ini yang menjadikan lebih enak buat manuver dalam kota… dalam posisi diem pun bisa dicek kok… tekukan stang mana yang lebih lebar n lebih enak

      • @sami
        Minimum turning radius motor 250cc ke atas sangat panjang masbro, biasanya lebih dari 2.5 m.. CBR250 sendiri memiliki min turning radius 2.5 m (maaf GW 250 gak tahu) bahkan lebih baik dari naked Honda 250cc seperti VTR250, ataupun Ninja 250 yang min turning radiusnya 2.7m…
        Selain faktor Steering angle karena adanya fairing, yang memperngaruhi turning radius adalah jarak antara sumbu roda. Dibandingkan dengan GW250, CBR memiliki sumbu 60mm lebih pendek, artinya dengan sudut steering yang sama dengan GW 250 si CBR memiliki turning radius yang lebih pendek,, begitu kira2 dasar Akang menyebutkan si CBR kayaknya masih nyaman menembus kemacetan IMHO 😉

  6. masih kepengen GW akang. Cz lebih gimana… (pandangan pribadi)
    tapi infonya sangat bagus kang???

  7. kalo speedo GW250 sip ..

    tp kalo mesin dan model…. CBR is thebest

  8. wah mahal..pilih cbr non abs aja deh,he..he

  9. Nggak milih dua-duanya, tapi pengen banget nyobain aja. Dua-duanya kalau untuk di miliki masih gimana gitu, ada yang kurang di masing-masing motor :lol:. ………
    ………Kurang dana maksudnya :mrgreen:

  10. sebenernya ane lbh suka motor naked daripada yg berjilbab :mrgreen:
    tp ngeliat dimensi ama model GW 250 kayaknya lbh prefer CBR 250R..

    • haha,, sama… awalnya lebih milih street bike. tapi setelah jajarin langsung byson ma cbr150 koq bagusan cbr ya, gw250 dan cbr250 eh masih bagusan cbr250,,, memang yg berjilbab lebih elegan :mrgreen:

  11. pengen beli cbr 250, tapi dananya cuma cukup buat cbr 150, itupun msh hrs kredit,,, akhirnya diputusakan pakai yg sdh ada,,,, 🙂 si keren dan si ganteng…. cbr vs gw rasanya sih gak apple to apple walaupun sama2 250 dan singel cylinder,,, but still good artikel kang,,,

  12. modelnya ganteng juga..akang yah??..aiihihihih 😀

  13. HONDA DA PERNAH YAMAHA UDA JUGA GILIRAN SUZUKI NIH WAKTUNYA

  14. GW250 aja lah yang lebih pntes buat gue..
    2 silinder, teknologi lbih maju daripada 1 silinder. Dari gue lahir smpe skrng pnya anak di jejelin nya 1 silinder mulu.
    mw nyobain nh jdi nya.

  15. Ya jgn disamain donk jilbab ama telanjang manfaatnya beda tujuan beda…klo butuh speed bukan dijalanan umum ..jalanan umum butuhnya keselamatan …sayangnya gw250 g dohc ..wkwkwk

  16. GW250. kutunggu lairmu disini. Ninja250, kawan-kawan dah pada punya. CBR250, sudah pada inden. GW…nah ini buat gue cocok. Meski tak ada temennya, ga masalah, tambah berkesan eksklusif gue…..soal power 11-12 deh…yang penting keren dan Fun….Kutunggu/

  17. mau nanya kang… sebenarnya arti motor premium itu apaan ya??? mohon penjelasannya…. kalo ada artikel di kasih linknya ya… thanks…

    • Menurut sudut pandang Akang sih, Premium dalam artian barang mewah.. beberapa orang menyebutnya kelas high end.
      `premium atau high end` dalam artikel Akang dilihat dari sisi masyarakat kebanyakan yang hanya mampu beli bebek. Kalau masbro mampu beli Ducati/Harley sih kedua motor di atas dianggap sekelas bebek kali ya :mrgreen:
      Wah, kalau hal kaya gini gak ada yang secara khusus membahasnya. Secara langsung opini masyarakat terhadap produk biasanya terbentuk berdasarkan harga (terlepas dari sisi teknologi).
      contohnya untuk skutik kelas low end: mio dan beat, kelas mid end: vario techno dan xeon, untuk kelas high end: vespa LX dan PCX…
      untuk kelas motor sport low end: thunder 125 dan pulsar 135, mid end: vixion dan Megapro, high end Ninja 250 dan CBR 250..
      Mudah2an bisa membantu masbro..

  18. krna ane demen touring,ane mnding milih GW,lbh gagah bro!

  19. Pingback: Suzuki GW250 Launching Maret 2012 (?) « bennythegreat.wordpress.com

  20. Perasaan kang wenda dulu ngidam avenger… Apa masih tak tergoyahkan kang?? (Mav oot..)
    Untuk komparasi kedua motor diatas ane lebih senang GW250.. Ane g suka motor berjilbab perasaan kurang macho gitu.. Lebih gagah gw250 dgn tampilan naked sport touring, pas untuk touring dan dalam kota.. (Tp relatif sich tergantung selera masing2.. IMHO)

  21. sip sip sip,,,,,,masih lama koq,,,,,,sayang,,,sohc,,,….tapi di putaran bawah dah sadis,,,,
    . BARONGSAI n domba garut
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/11/tvc-yamaha-terbaru-komeng-vs-alien-keren-and-barongsai/

  22. Pingback: Request Bro Elvis Gorontalo: Motor Harian Premium Terbaik Rentang 30jt-40jt | wendakalubis

  23. fair comparison !!!

  24. BANGSA KITA CUMA BISA KOMEN DOANG

    oalah masbro…gw250 koq ya disandingkan cbr250?? ya gak match dong. classic vs supersport??? coba cbr250 vs ninja 250,….baru fair. cbr250 kalah jauuuuuuh ama ninja,kayaknya malah gak laku tuh. anyway, gw250 tetap unggul dengan 2 silinder dan twinmuffler.yang bener ah kalo posting artikel, kayak gak ada kerjaan aja !!

  25. BANGSA KITA CUMA BISA KOMEN DOANG

    di luar negeri juga cbr250 jarang yg suka. kalah jauuuuuuuuuuh ama ninja 250.

  26. Pingback: Kelebihan dan Kekurangan Ninja dengan CBR | Kumpulan Berita Unik

  27. BANGSA KITA CUMA BISA KOMEN DOANG | August 14, 2012 at 3:29 pm | Reply
    ===================================================
    hiks… kenyataan di seri kejurnas NIN** keok ama CB* hehehehe… malu banget ya….. terakhir kemarin seri ke 5 , kalah lagi, dari 5 besar ninja cuma 1 …. TAPE DECH…. PISS… Jangan saling menjelekkan…

  28. Mending Minerva Megelli 250rv,lebih keren,murah,dan jarang ada di jalanan.

  29. Setuju sama bro babat7…

  30. Maaf mas setau saya GW 250 tuk torsi lebih unggul daripada CBR 250. Karena saya pernah baca speknya yg resmi tuk dua2nya.
    CBR 250 Type DOHC power 26.2 HP/8500 torsi 23 nm/7000
    GW 250 Type SOHC Power 26 HP/8500 torsi 24.2 nm/7000
    coba dikoreksi lagi

  31. Lucu baca komen2 diatas, sekarang udah jelas, ane punya dua2nya CBR250R dan Inazuma 250, akselerasi dan kenyamanan inazuma lebih mantabh dari cbr, kecuali top speed, cbr ane tembus 159 kmh, inazuma ane mentok di 154 kmh kondisi standar. Dipake harian enak inazuma karna ngak cape, cbr malah cape karna bungkuk dan 1 silinder cc besar pasti getar, inazuma alus poll, masalah spart gampang cbr, wong brandnya sudah kuat di indo
    Kalo mau parkir ribet dua2nya, apalagi inazuma yg berat n panjang gitu.
    Pas lagi jalan sm temen2 cbr ketemu rombongan inazuma, abis itu balik liat temen2 cbr jadi kliatan kecil motornya hahaha secara pandangan inazuma gede bgt.
    Kalo adu sprint cbr bakal dilibas inazuma mutlak!!!
    Dari segi suara cbr meledak ciri khas 1 silinder berpower besar nan garang bllarrrr…blaarrr…., sedangkan inazuma dengan 2 silinder n twin mufflernya udah merdu banget kaya moge2, vrrooommm….vroommmmm…. suaranya bernada dan stereo euy, pasti suka ini dari suara ninja250r.
    yang jelas ane suka dua2nya daripada ninin250r, motor arrogan
    Cocok bgt beli inazuma buat “Defeat The Arrogances” heehee

  32. Inazuma memang lebih keren aslinya gambarnya…suaranya juga kalem tapi berwibawa…tapi semua motor bagus …yang ga bagus itu yang ga punya motor ha3 peace ah…thx y kang.

    kelebihan dan kekurangan suzuki inazuma http://dealermotorsuzuki.com/mengapa-inazuma-dealer-motor-suzuki/dealer-motor-suzuki-jakarta

    • Neh gara2 tmn bli inazuma gw cobain tiap sore slama sminggu. Lalu test dr sunter ke sumarecon mall bekasi bolak balik cm 30rb+kna macet .Boncengan sm pacar seneng shock empuk dan punggung ga pegel tenaga gede tp mesin ga panas. Utk harga 47an termasuk murah mnurut gw. Bsk nya pnasaran lgsg test ride yamaha lg pameran di mkg. Trs tes ride kekawasaki terakhir ke honda. Lgsg gw jual 250r trs dp inazuma. Senin motor dianter ke studio. Buat nemenin megelli re digarasi hehe. Dream come true alhamdulillah

  33. saya sependapat kl bandingin inazuma sm CBR 250 ak pas. itu motor dua dunia yang beda. tdk bs ketemu hal yg imbang untuk d banding kan… semua kembali ke selera. saya sendiri lama pakai Thunder 250, udh tau nikmatnya motor cc besar keluaran Suzuki wlpun modelnya sederhana tapi mewah. Power oke, handling mantap penampilan dewasa n berwibawa, cm satu yg kurang, susah d ajak freestyle n terbang2.. hahahaha….
    BTW dr cerita d atas spt nya akang yg awal nya crt perbandingan tp keliatan lebih menunjukan pendapat n selera pribadi… tp it’s oke.. kl saya usul spy lebih objektif lagi…. gitu aja….

  34. BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA – MELANJUTKAN KULIAH – KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH

    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    – SD / SMP / SMU : 4.000.000
    – D3/D4 : 6.000.000
    – S1 : 8.000.000
    – S2 : 20.000000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA)

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL

    SYARAT :

    – KTP/SIM .
    – FOTO BERWARNA .
    – UNIVERSITAS YANG DIINGINKAN .
    – IPK YANG DIMINTA (MAX 3,50) .
    – TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA .
    – ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA .
    – MEMBAYAR BIAYA ADMINISTRASI SEBESAR 50% DARI HARGA YANG SUDAH DITETAPKAN.

    PERSYARATAN DIKIRIM MELALUI EMAIL : 085736927001.ku@gmail.com
    SETELAH PERSYARATAN TERKIRIM SILAHKAN ANDA KONFIRMASI MELALUI SMS .

    HUB : +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lain

  35. Twin silinder udh prnh pake brtaun2, tarikan lembek, gw pake cbr250 krn lbh mendominasi dijalan, pasang aja knalpot akrapovic tanpa db killer, trs puntir2 gas aja, minggir semua org2, beri jalan motor gila dijalan, soalnya ridernya nekat dan berbahaya.

Leave a comment